KESEHATAN
29 Agustus 2019

7 Cara Alami Mengobati Bisul dengan Cepat

Bahan-bahannya tersedia di dapur Moms lho
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kehadiran bisul seringkali bikin tidak percaya diri. Sebab, infeksi kulit akibat bakteri tersebut tidak hanya menimbulkan warna merah pada kulit, benjolan yang berisi nanah di bagian bawah kulit tersebut sering menyakitkan dan tumbuh semakin besar.

Apalagi bisul cenderung muncul di wajah, leher, bahu, ketiak, dan pantat. Jadi sangat mengganggu ya Moms?

Anggota keluarga ada yang mengalami bisul? Penanganannya tidak bisa asal dipencet Moms. Hal tersebut justru dapat menginfeksi area terdekat atau mendorong infeksi lebih dalam ke kulit dan menyebabkan lebih banyak bisul.

Namun, Moms tidak perlu khawatir, Debra Rose Wilson PhD, MSN, RN, IBCLC, AHN-BC, CHT, seorang ahli pengobatan herbal dan praktisi holistik dari Walden University memaparkan ada cara alami untuk mengobati bisul yang bisa dilakukan di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup sederhana.

Apa saja cara alami untuk mengobati bisul? Yuk cari tahu di bawah ini Moms!

Baca Juga: 6 Langkah Mengobati Bisul Pada Balita, Jangan Dipencet, Ya!

1. Kompres dengan Air Hangat

warm compress - makeupalley.jpg

Cara paling mudah untuk mengatasi bisul adalah dengan kompres menggunakan air hangat. Rendam handuk bersih ke dalam air panas, kemudian kompres pada area bisul sekitar 20 menit. Lakukan langkah tersebut tiga atau empat kali dalam sehari, sampai bisul hilang.

"Kehangatan dapat meningkatkan sirkulasi atau tekanan di pori-pori yang terinfeksi sehingga perlahan-lahan nanah akan keluar ke permukaan kulit," terang Debra Rose Wilson.

2. Tea Tree Oil (Minyak Melaleuca)

tea tree oil - facty.com.jpg

Tea Tree Oil atau minyak Melaleuca memiliki warna kekuningan yang bersumber dari daun tanaman Melaleuca alternifolia yang berasal dari Australia. Minyak tersebut memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang dapat membantu mengobati infeksi bakteri penyebab bisul.

Caranya, bisa langsung dioleskan ke area bisul. Selain itu, bisa juga dengan mencampurkan lima tetes lima tetes tea tree oil dengan satu sendok teh minyak zaitun. Kemudian, dengan bantuan kapas oleskan ke area bisul dua atau tiga kali dalam sehari.

3. Bubuk Kunyit

tumeric - facty.com.jpg

Bubuk kunyit memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu menghilangkan dan menyembuhkan bisul dengan cepat. Moms bisa memilih, bisa dikonsumsi atau dioleskan pada area bisul.

Untuk dikonsumsi, rebus satu sendok teh bubuk ke dalam air kemudian diminum tiga kali sehari. Sedangkan untuk dioleskan, campur bubuk kunyit dengan air atau jahe sehingga bertekstur pasta, kemudian oleskan dua kali sehari.

Baca Juga: Berenang Saat Bisul, Bolehkah?

4. Garam Epsom

images (6).jpg

Garam Epsom tidak hanya efektif digunakan untuk relaksasi. Garam ini juga bemanfaat untuk kesehatan, termasuk mengobati bisul. Garam Epsom dapat membantu mengeringkan nanah, dengan demikian bisul mengering.

Larutkan garam Epsom dalam air hangat, kemudian kompreskan ke area bisul. Lakukan langkah tersebut selama 20 menit , setidaknya tiga kali sehari sampai bisul hilang.

5. Castor Oil (Minyak Jarak)

castor oil - facty.com.jpg

Minyak jarak mengandung senyawa asam risinoleat, yang merupakan anti-inflamasi alami. Dikombinasikan dengan sifat antibakteri yang kuat, menjadikan castor oil efektif untuk mengobati bisul secara alami.

Caranya cukup oleskan sedikit minyak jarak ke area bisul tiga kali sehari sampai bisul hilang.

6. Neem Oil (Minyak Mimba)

images (7).jpg

Minyak Mimba juga dikenal sebagai lilac India, memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antimikroba yang membantu mengobati infeksi kulit, temasuk bisul. Untuk mengobati bisul dengan minyak mimba, cukup oleskan minyak langsung ke bisul tiga hingga empat kali sehari.

Pastikan mencuci tangan sebelum dan sesudah pengaplikasian minyak tersebut.

Baca Juga: Ketahui 7 Gejala Bisul yang Perlu Diwaspadai Ini

7. Bawang

bawang - facty.com.jpg

Bawang yang memiliki sifat antimikroba membuatnya menjadi pengobatan alami yang efektif. Ketika dicincang, bawang melepaskan senyawa yang bersifat antiseptik, menambah efisiensinya sebagai obat rumahan untuk pengobatan bisul.

Bisa pula menggunakan bawang putih. Caranya, bawang diiris tebal kemudian dibungkus kain kasa dan diletakkan di atas bisul atau luka selama 1 jam sekali atau dua kali sehari.

Nah, bagaimama Moms mudah bukan? Bahkan, beberapa di antara bahan-bahan tersebut tersedia di dapur. Selamat mencoba!

(SWN)

Artikel Terkait