BAYI
2 Juli 2020

6 Cara Mengatasi Anoreksia pada Bayi, Yuk Coba!

Atur jadwal makan bisa bantu mengatasi anoreksia pada bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh sera
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Dalam beberapa tahun terakhir, tekanan untuk menjadi langsing dengan perut kencang itu sangat besar. Banyak dari kita sampai mulai melakukan diet apapun demi menurunkan berat badan.

Padahal, tidak sedikit dari kita yang masih gemar mengonsumsi makanan tidak sehat, sekalipun ingin kurus. Akibatnya, anoreksia muncul sebagai salah satu gangguan makan yang paling umum.

Ternyata anoreksi tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Anak-anak, bahkan bayi pun bisa mengalami anoreksia lho Moms.

Baca Juga: Ternyata Anoreksia Bisa Terjadi pada Bayi, Waspada ya Moms!

Anoreksia pada Bayi

Ini Cara Menangani Anoreksia Pada Bayi

Foto: freepik.com

Menurut Direktur Psikiater Program Kesehatan Mental Bayi dan Balita dari Children's National Dr. Irene Chatoor, anoreksia infantil adalah kelainan makan yang terjadi selama tahap awal setelah kelahiran, hingga periode usia kisaran tiga tahun.

Dikutip dari jurnal bertajuk Infantile Anorexia Nervosa: A Developmental Disorder or Separation and Individuation, Si Kecil akan menolak untuk menerima makanan. Jika dibiarkan, gangguan makan ini akan menetap dan mempengaruhi kelangsungan hidup bayi Anda.

Cara Mengatasi Anoreksia pada Bayi

Namun, Moms jangan khawatir. Jika Si Kecil menunjukkan tanda-tanda mengalami anorexia infantil, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengatasinya. Apa saja cara mengatasi anoreksia pada bayi? Berikut ulasannya!

1. Ubah Jadwal Makan Si Kecil

Ini Cara Menangani Anoreksia Pada Bayi

Foto: unsplash.com

Cara menangani anoreksia pada bayi yang pertama adalah dengan menetapkan jadwal makan teratur. Cobalah memberinya makan untuk jangka waktu yang lebih pendek sepanjang hari.

Baca Juga: 3 Tips Atasi Anak yang Melakukan GTM (Gerakan Tutup Mulut)

2. Bermain dengan Si Kecil

Ini Cara Menangani Anoreksia Pada Bayi

Foto: pexels.com

Ketika Moms sedang memberinya makan, cobalah bermain dengan Si Kecil. Jika dia menikmatinya, biarkan Si Kecil makan dengan berantakan.

Ini bisa jadi salah satu cara menangani anoreksia pada bayi karena hal itu akan menenangkannya, dan dia bisa makan dengan baik.

3. Makan Bersama di Meja 

Ini Cara Menangani Anoreksia Pada Bayi

Foto: strong4life.com

Biasakan Si Kecil makan bersama di meja makan. Makan di meja bersama keluarga memberi mereka model yang baik tentang cara makan. Biarkan bayi makan dengan sendok sendiri juga bisa menjadi cara menangani anoreksia pada bayi.

4. Terapkan Metode Time-out saat Makan

Ini Cara Menangani Anoreksia Pada Bayi

Foto: parents.com

Menggunakan metode time-out jika Si Kecil ingin meninggalkan meja sebelum semua orang selesai makan. Metode ini mengajarkan mereka untuk menenangkan diri, sehingga membuatnya lebih mudah untuk tenang dalam semua situasi yang bersemangat.

Si Kecil akan belajar menenangkan dirinya saat makan dan tidur.

Baca Juga: Anak Belum Tumbuh Gigi tapi Sudah GTM, Apa Penyebabnya?

5. Pantau Asupan Makanan Anda 

Ini Cara Menangani Anoreksia Pada Bayi

Cara menangani anoreksia pada bayi bisa melalui pantauan apa yang Moms makan. Jika Moms masih menyusui. Coba dan perhatikan apakah bayi Anda menolak untuk makan pada hari-hari tertentu, ketika Anda mengkonsumsi sesuatu yang berbeda atau jenis makanan tertentu.

Jika iya, coba ganti dengan makanan lainnya dan lihat reaksi Si Kecil. 

6. Alihkan Perhatian saat Si Kecil Sakit 

Ini Cara Menangani Anoreksia Pada Bayi

Foto: freepik.com

Jika Si kecil sedang sakit dan itu memengaruhi pola makannya, cobalah mengalihkan perhatiannya saat ia menyusu. Ini bisa membantu mengurangi rasa sakitnya dan menenangkannya saat dia menyusu.

Terkadang, infeksi yang mendasarinya dapat memengaruhi kebiasaan makan bayi. Dalam skenario seperti itu, cari bantuan medis segera dan ikuti instruksi dokter untuk membantu malaikat kecil Moms sembuh.

Itulah beberapa cara untuk menangani anoreksi pada bayi. Semoga nafsu makan Si Kecil bisa segera kembali ya Moms!

Artikel Terkait