2-3 TAHUN
26 Januari 2020

Efektif, Begini Cara Mengatasi Kutu Rambut pada Anak

Obat dengan resep lebih ampun mengobati
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Centers for Disease Control and Prevention (CDC), memperkirakan bahwa 6 juta hingga 12 juta anak-anak, yang sebagian besar berusia usia 3 hingga 12 tahun terinfeksi kutu dari tahun ke tahun.

Serangga parasit bersayap ini hanya hidup di kepala manusia dan sangat menular. Kutu rambut ini bisa menular ketika kepala anak-anak melakukan kontak dekat, biasanya melalui tindakan seperti berpelukan, berjongkok di sekitar video game, bermain olahraga, atau saling menata rambut, dengan seseorang yang terinfeksi kutu rambut.

Baca Juga: Simak 2 Penyebab Utama Munculnya Kutu Rambut di Kepala Berikut Ini

Tanda-tanda kutu rambut pada anak mungkin termasuk perasaan geli pada rambut, muncul luka di kepala karena garukan, dan sulit tidur, karena kutu kepala paling aktif saat berada dalam gelap.

Rasa gatal kebanyakan berasal dari alergi manusia hingga air liur kutu saat mereka memakan darah di kepala.

Cara Mengatasi Kutu Rambut pada Anak

Ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk membantu mengatasi kutu rambut pada anak. Simak penjelasannya di bawah ini ya Moms.

1. Obat dengan Resep Dokter

kutu rambut pada anak

Foto: moxieservices.com

Mengutip dari laman American Academy of Dermatology, jika perawatan untuk kutu rambut yang bisa dibeli tanpa resep tidak berhasil, CDC merekomendasikan agar Moms segera melakukan pemeriksaan medis.

Perawatan resep yang sangat efektif yang diterapkan pada kulit kepala pasti akan tersedia. Food and Drug Administration (FDA) telah menyetujui perawatan resep untuk anak-anak sejak usia 6 bulan.

Mengatasi kutu rambut dengan resep akan bekerja dengan baik karena mengandung bahan aktif yang berbeda dari sampo dan krim non-resep.

Baca Juga: Cara Mencegah dan Mengatasi Gigitan Kutu Kasur pada Balita

2. Berkonsultasi dengan Dokter

kutu rambut pada anak

Foto: moxieservices.com

CDC merekomendasikan para orang tua agar membawa buah hatinya berkonsultasi dengan dokter kesehatan untuk mengatasi masalah kutu rambut pada anak.

Mengunjungi dokter kulit bersertifikat dapat membantu karena dokter ini memang berspesialisasi dalam mendiagnosis dan merawat kondisi yang memengaruhi kulit dan rambut. Keahlian mereka akan membantu Moms mendapatkan diagnosis yang akurat.

Baca Juga: Apa yang Ingin Diberitahu Tubuh Lewat Ketombe di Kulit Kepala?

Kutu merupakan makhluk yang kecil dan cepat, sehingga sulit dilihat. Kadang-kadang orang tua, bahkan dokter pun bisa salah mengira kondisi medis lain untuk kutu rambut. Alergi atau kulit yang teriritasi dapat menyebabkan gatal, benjolan merah dan serpihan di kulit kepala anak.

Jika anak menderita kutu rambut, dokter kulit dapat mengetahuinya. Seorang dokter kulit juga dapat merekomendasikan perawatan yang efektif untuk anak, termasuk diantaranya perawatan resep.

Artikel Terkait