PERNIKAHAN & SEKS
11 Juni 2020

5 Cara Ampuh Meningkatkan Level Testosteron Pria

Pola hidup punya pengaruh yang besar!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Intan Aprilia

Hormon testosteron begitu penting perannya dalam hidup pria. Namun, seiring bertambahnya usia, secara alami level testosteron akan turun dengan sendirinya.

Testosteron tak hanya berperan dalam kehidupan seks pria, tapi juga mengurangi risiko penyakit tertentu, kesehatan reproduksi, dan lainnya.

Cara Ampuh Meningkatkan Testosteron

Kekurangan hormon testosteron berdampak pada fungsi seksual, seperti susah ereksi, kurang subur, dan turunnya keinginan bercinta. Berikut adalah cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan testosteron.

1. Olahraga Teratur dan Latihan Beban

5 Cara yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Level Testosteron Pria 1.jpg

Foto: freepik.com

Olahraga memang menjadi banyak solusi masalah kesehatan, termasuk rendahnya level testosteron.

Penelitian menunjukkan orang-orang yang berolahraga teratur memiliki level testosteron yang lebih tinggi.

Latihan menggunakan beban adalah jenis olahraga yang baik untuk mendorong level testosteron, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Minum kafein dan creatine monohydrate sebagai suplemen sebelum olahraga juga dapat membantu meningkatkan level testosteron.

Baca Juga: 6 Makanan untuk Meningkatkan Testosteron pada Pria

2. Konsumsi Makanan Peningkat Testosteron

5 Cara yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Level Testosteron Pria 2.jpg

Foto: freepik.com

Makanan yang Dads konsumsi juga berdampak besar pada testosteron dan hormon lainnya, lho.

Mengonsumsi cukup protein dapat menjaga level dan membantu pembakaran lemak, yang berhubungan dengan testosteron.

Karbohidrat juga berperan dalam membantu mengoptimalkan level testosteron saat latihan beban.

Tidak melulu dibuang, lemak baik juga dibutuhkan tubuh karena bermanfaat untuk kesehatan dan testosteron.

Selain protein, lemak, dan karbohidrat, jangan lupakan bumbu yang biasanya hadir dalam makanan seperti bawang putih dan jahe.

3. Kurangi Stres dan Level Kortisol

5 Cara yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Level Testosteron Pria 3.jpg

Foto: freepik.com

Hampir setiap penelitian selalu menggarisbawahi bahaya dari stres jangka panjang, yakni memicu hormon kortisol.

Meningkatnya hormon kortisol secara tidak alami dapat membuat level testosteron menurun cepat.

Kedua hormon ini bekerja layaknya jungkat-jungkit, ketika salah satu naik, maka yang lainnya turun.

Stres dan tingginya kortisol dapat diakibatkan dari makanan, kenaikan berat badan, dan penumpukan lemak jahat di sekitar organ penting tubuh.

Untuk kesehatan dan level hormon yang optimal jangka panjang, Dads harus belajar mengelola stres.

Faktor lain yang membantu menekan level kortisol adalah makanan yang sehat, tidur cukup, olahraga rutin, dan gaya hidup yang seimbang.

Baca Juga: Benarkah Mengonsumsi Suplemen Testosteron Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria?

4. Konsumsi Vitamin dan Suplemen Lainnya

5 Cara yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Level Testosteron Pria 4.jpg

Foto: freepik.com

Suplemen zat besi dan vitamin B meningkatkan kualitas sperma sebanyak 74%, lho.

Zat besi juga terbukti meningkatkan level testosteron pada atlet.

Studi lain menyarankan Vitamin A, C, dan E yang berperan dalam hormon seksual dan testosteron, walau penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Dari semua vitamin dan mineral yang tersedia, penelitian dari Department of Internal Medicine menunjukkan Vitamin D dan zat besi adalah yang paling direkomendasikan untuk meningkatkan testosteron.

Agar peningkatan testosteron optimal dan Dads bisa mendapat manfaat vitamin D lainnya, usahakan untuk terkena sinar matahari yang rutin dan meminum suplemen Vitamin D3 dengan dosis 3000 IU.

5. Tidur Cukup

5 Cara yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Level Testosteron Pria 5.jpg

Foto: freepik.com

University of Chicago meneliti 10 pria sehat pada kisaran umur 24 tahun untuk menghabiskan 1 minggu dengan tidur 8 jam semalam di rumah, kemudian dilanjutkan dengan menginap 11 malam di laboratorium.

Mereka tidur 10 jam untuk 3 malam, kemudian hanya 5 jam untuk 8 malam.

Dokter memeriksa darah mereka setiap 15 hingga 30 menit selama malam terakhir saat mereka tidur selama 10 jam, begitu juga saat mereka tidur 5 jam.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa setelah seminggu tidur hanya 5 jam, level testosteron turun hingga 15%. Sebagai pembanding, secara normal level testosteron hanya turun 1-2% per tahun.

Maka, penelitian ini menyarankan untuk tidur selama 7 hingga 10 jam demi menjaga kesehatan jangka panjang dan meningkatkan testosteron.

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Secara Alami dan Sehat

Usia yang bertambah tidak dapat dicegah, Dads. Namun, dengan menerapkan gaya hidup sehat, turunnya testosteron dapat diperlambat dan terjaga.

Lagipula, secara umum cara-cara ini tidak hanya meningkatkan testosteron, tetapi juga meningkatkan kualitas kesehatan secara keseluruhan.

Artikel Terkait