COVID-19
22 Oktober 2020

Terapkan 6 Kebiasaan Sehat Anak Selama Pandemi Ini, Usir Jauh Penyakit!

Anak harus tetap sehat dan aktif
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Di pandemi yang masih belum menentu ini, anak-anak akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, Moms harus lebih membiasakan keluarga untuk hidup lebih sehat.

"Sistem kekebalan tubuh anak semakin lama akan semakin prima dan semakin matang," kata Dr. Wendy Sue Swanson, seorang dokter anak dan penulis Seattle Mama Doc Blog Rumah Sakit Seattle.

Umumnya yang sering menyerang adalah penyakit flu dan batuk. Makanya, Moms harus bantu anak agar tetap bisa sehat dalam keadaan apapun.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak agar Tetap Cemerlang

Berdasarkan jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, anak-anak di bawah dua tahun memiliki sekitar enam infeksi per tahun, orang dewasa 2 hingga 3 dan lebih tua sekitar satu per tahun.

Jika Si Kecil sakit, banyak hal yang tidak akan bisa anak lakukan. Kasihan, kan, Moms?

Cara Menjaga Kesehatan Anak dan Keluarga

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa para orang tua coba untuk membantu menjaga anak-anak mereka tetap sehat dan tidak mudah tertular penyakit.

1. Ajak Anak untuk Berolahraga

menjaga kesehatan anak

Foto: Orami Photo Stock

Cara menjaga kesehatan anak yang pertama adalah dengan mengajak mereka berolahraga.

“Kurangnya aktivitas fisik merupakan penyebab utama obesitas dan penyakit pada masa kanak-kanak,” kata Jean Moorjani, dokter anak di Rumah Sakit Anak Arnold Palmer di Orlando, Florida.

Makanya, untuk menjaga kesehatan anak, sebaiknya Moms ajak Si Kecil untuk berolahraga di luar rumah, setidaknya satu kali sehari, saat cuaca mendukung.

Baca Juga: 5 Cara Agar Anak Suka Olahraga dan Mencetak Prestasi

2. Mencuci Tangan dengan Bersih

menjaga kesehatan anak

Foto: Orami Photo Stock

Mencuci tangan dengan bersih juga jadi cara menjaga kesehatan anak dan keluarga yang paling ampuh,

Karena anak-anak sering menyentuh mulut dan wajah mereka, orang tua harus memastikan tangan anak-anak dicuci dengan sabun dan air untuk menghilangkan kuman sebelum makan, setelah menggunakan kamar mandi, dan ketika mereka masuk ke dalam rumah setelah bermain.

Moms bisa bekali anak dengan hand sanitizer yang dapat digunakan untuk waktu-waktu yang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan.

Dengan mengajari anak kebiasaan ini, kita sudah membantu anak untuk menjaga kesehatannya dengan baik.

3. Tidur yang Cukup

menjaga kesehatan anak

Foto: Orami Photo Stock

Cara menjaga kesehatan anak yang selanjutnya selama pandemi adalah memastikan mereka tidur cukup. Mendapatkan tidur yang cukup juga menjadi salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Anak-anak membutuhkan antara 9 dan 14 jam tidur sehari tergantung pada usia mereka. Kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko sakit pada Si Kecil.

Baca Juga: Pentingnya Waktu Tidur yang Cukup Bagi Balita

4. Makan Makanan Sehat

menjaga kesehatan anak

Foto: Orami Photo Stock

Moms perlu menyediakan makanan yang memiliki banyak buah dan sayuran berwarna untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak-anak.

Cari makanan yang kaya vitamin C dan vitamin D, dan hindari makanan yang mengandung banyak zat tambahan, pengawet, dan gula.

5. Hindarkan Anak dari Stres

menjaga kesehatan anak

Foto: Orami Photo Stock

Jaga agar anak tidak stres. Hormon stres yang meningkat dapat menyebabkan penurunan kekebalan tubuh.

Berikan anak-anak banyak waktu istirahat dan melakukan permainan yang disukainya untuk membantu menurunkan tingkat stres anak dan menjaga Si Kecil terlindungi dari sakit.

Baca Juga: Ternyata Bayi Bisa Stres Juga Lho

6. Beri Anak Susu dengan Gizi Lengkap

Foto: orami.co.id

Cara menjaga kesehatan anak yang selanjutnya adalah memberikan susu Nutrilon. Nutrilon terbukti secara klinis membantu memperkuat daya tahan tubuh si Kecil berkat kandungan FOS: GOS 1:9 yang dipatenkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Nutrilon juga mengandung Omega yang lebih tinggi untuk mendukung kemampuan berpikir. Jangan khawatir akan kandungan gulanya, Moms. Sebab, Nutrilon mengandung nol persen gula sukrosa tambahan sehingga baik menjaga tumbuh kembang anak.

Itu dia Moms beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga anak tetap sehat di masa pandemi ini. Yuk, berikan gizi terbaik untuk Si Kecil.

(ADV)

Artikel Terkait