3-12 BULAN
19 Oktober 2019

4 Cara Tepat Merawat Kulit Bayi

Tidak boleh sembarang, begini cara yang paling tepat untuk merawat kulit bayi, ya, Moms!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, mempunyai seorang bayi tentunya menjadi anugerah terindah yang dimiliki. Rasanya Moms pasti setuju, setiap ibu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya sejak dini.

Memberikan ASI sebagai makanan utama bayi selama 6 bulan pertama kehidupannya menjadi salah satu bukti ibu yang menyayangi anaknya.

Tidak hanya itu, ternyata bayi juga harus dirawat kulitnya dengan baik. Kulit bayi masih sensitif dan rentan terkena alergi, maka perawatan yang Moms lakukan harus tepat.

Menurut Dr. Bincy Varghese, dermatologis asal India mengungkapkan setiap bayi memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda. Perawatan utama bayi dilihat dari cara memandikannya.

Sebagian besar bayi yang lahir di rumah sakit akan dimandikan oleh para staf perawat. Namun sepulangnya dari rumah sakit, sudah menjadi kewajiban orang tua untuk menjaga kesehatan kulit bayi.

“Bayi cukup mandi tiga kali seminggu dan pastikan menggunakan air hangat saat memandikannya. Suhu terbaik bisa diukur dengan tangan Moms. Gunakan pembersih yang tidak mengandung pewangi dan setelah mandi bisa gunakan pelembap yang mengandung anti alergi,” ujar Dr. Bincy.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Ruam Kulit pada Bayi? Ini Jawabannya

4 Cara Tepat Merawat Kulit Bayi-1.jpg

Melakukan perawatan kulit bayi memang perlu berhati-hati, untuk itu saat Moms ingin mengangkat bayi keluar dari bak mandi maka perhatikan hal ini.

Letakkan satu tangan di lehernya untuk menopang kepala dan menopang pantatnya dengan jari-jari Moms di sekitar paha.

Lalu, pakaikan handuk pada seluruh tubuh bayi termasuk juga kepalanya. Setelahnya, Moms baru bisa menggunakan pelembap untuk mencegah kulit bayi menjadi kering.

Mengenai produk perawatan bayi yang Moms pakai, menurut Dr. Bincy, sebenarnya tidak melulu harus berpatok pada produk yang organik atau alami.

“Sebagai orang tua, Moms pasti ingin membatasi paparan kulit anak terhadap bahan kimia. Namun ternyata, produk organik atau alami belum tentu lebih aman atau lebih baik. Faktanya, banyak reaksi alergi dari kulit bayi yang disebabkan produk alami tersebut. Terpenting adalah menentukan produk yang cocok untuk kulit bayi,” lanjut Dr. Bincy.

Baca Juga: Bayi Rewel Karena Kulit Gatal? Ini 6 Cara Mengatasinya!

Perawatan Kulit Bayi

4 Cara Tepat Merawat Kulit Bayi-2.jpg

Selain cara memandikan bayi yang harus tepat, ada beberapa hal juga yang sebaiknya Moms perhatikan dalam perawatan kulit bayi, yaitu di antaranya:

1. Pakai Popok yang Bersih

Cegah ruam popok dengan memastikan bayi memakai popok yang bersih dan kering. Periksa popok sesering mungkin, cuci area popok dengan pembersih ringan bebas pewangi.

Moms bisa menggunakan kain bersih yang lembut untuk membersihkannya. Tidak lupa, segera ganti popok saat basah atau kotor.

2. Jangan Pakai Bahan yang Ketat

Pakaian yang bayi pakai sebaiknya berbahan kain katun yang longgar dan tidak ketat. Hal ini untuk mencegah munculnya biang keringat pada bayi.

Terutama apabila bayi berada pada ruangan di suhu yang hangat atau di luar ruangan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tisu Basah Anti Bakteri untuk Menjaga Kebersihan Kulit Bayi

3. Pijat Bayi

Nyatanya, memijat kulit bayi adalah hal yang penting untuk dilakukan untuk merawat kulit bayi. Pijatan juga menjadi cara menyampaikan kasih sayang orang tua pada bayi.

Tidak ada teknik khusus, Moms cukup baringkan bayi di atas selimut atau kain yang lembut dan berada di ruangan yang hangat.

Pijat bagian dada dan perut bayi dengan lembut dan coba untuk melakukan kontak mata dan berbicara pada bayi. Moms bisa menggunakan baby oil yang lembut.

4. Hindari Memakai Bedak

Saat bayi berusia di bawah 1 tahun, sebaiknya hindari memakai bedak yang memiliki partikel halus karena berisiko dihirup oleh bayi. Cukup gunakan pelembap bayi yang tidak mengandung pewangi.

Itulah cara-cara yang bisa Moms lakukan untuk perawatan kulit bayi. Jika terjadi masalah kulit pada bayi, segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat, ya, Moms. Jaga kulit Si Kecil karena kulit mereka masih sangat sensitif.

(DG)

Artikel Terkait