SELEBRITI
12 November 2019

Claudia Santoso Menang The Voice Germany 2019, Ini 4 Faktanya!

Claudia Santoso berhasil mengalahkan 4 orang pesaing lainnya di babak final

Sumber: Andrḗ Kowalski

Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Indonesia boleh berbangga, sebab salah satu anak negerinya berhasil keluar sebagai pemenang The Voice of Germany 2019, pada babak final yang berlangsung pada 10 November 2019 kemarin.

Dilansir dari laman BBC Indonesia, Claudia Emmanuela Santoso, berhasil mengalahkan pesaing lainnya, yaitu Erwin Kintop, Lucas Rieger, Fidi Steinback, serta Freschta Akbarzada.

Pada babak final ini, dara yang akrab disapa Audi ini membawakan lagu I Have Nothing yang dipopulerkan oleh mendiang penyanyi Whitney Houston. Selain itu, ia juga berduet dengan penyanyi Freya Ridings, menyanyikan lagu Castles.

Baca Juga: Mengajak Bayi Bernyanyi Ternyata Bermanfaat!

Kemenangannya ini bukan tanpa perjuangan yang panjang. Sosoknya mulai terlihat saat tampil di layar kaca pada 12 September lalu, dibabak blind audition.

Saat itu, Claudia Santoso membawakan lagu dari film The Greatest Snowman berjudul Never Enough. Suaranya yang indah berhasil menarik perhatian semua juri, untuk memutar kursi dan melihat penampilannya.

Untuk mengenal Claudia Santoso lebih dekat, yuk kita lihat fakta-faktanya di bawah ini Moms.

1. Gadis Asal Cirebon

pemenang the voice germany 2019

Foto: instagram.com/audi_emmanuela

Banyak yang tahu jika Claudia Santoso memang berasal dari Indonesia. Namun tahukah Moms, bahwa dirinya berasal dari Cirebon, Jawa Barat?

Audi merupakan anak pertama dari pasangan suami istri Indra Gunawan Santoso dan Christin Gunawan.

Dilansir dari laman Kompas, bakat menyanyi dari Audi memang sudah terlihat sejak ia kecil. Makanya, Audi pun bersekolah musik sejak usia 4 tahun. Bahkan ia juga mengambil kelas musik hingga di luar kota. Ia mengikuti kursus musik hingga 11 atau 12 tahun lamanya.

Sejak itu, pemenang The Voice of Germany 2019 tersebut terus mengikuti berbagai audisi baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun pihak swasta.

Baca Juga: 4 Manfaat Fingerplay (Bernyanyi Sambil Menggerakkan Jari) Bagi Balita

2. Melanjutkan Pendidikan di Jerman

pemenang the voice germany 2019

Foto: instagram.com/audi_emmanuela

Dara berusia 19 tahun ini melanjutkan pendidikannya di Jerman, setelah lulus dari SMA BPK Penabur Cirebon tahun 2017.

Dirinya pernah mengikuti penyetaraan di Studien Kolleg dan sekarang diterima di Ludwig Maximilian University of Munich (LMU) di Munich, Bavaria, Germany. Kuliah di Jerman memang sudah menjadi cita-cita Audi sejak lama.

Bahkan sejak di SMA, ia sudah memantapkan dirinya untuk kuliah di Jerman dengan mengikuti kursus di Goethe – Institute Indonesia di Bandung untuk belajar bahasa asing, diantarkan oleh sang ibu.

3. Banyak Mendapat Penghargaan

pemenang the voice germany 2019

Foto: instagram.com/audi_emmanuela

Dilansir dari laman Kompas, Claudia Santoso memang telah meraih sejumlah penghargaan musik dari tingkat sekolah, tingkat Kota Cirebon, tingkat Provinsi Jawa Barat, hingga tingkat Nasional.

Baca Juga: Menebak Kepribadian Bisa Lewat Selera Musik, Lho

Bahkan menurut Yohannes Subagyo, guru musik Audi, anak didiknya tersebut memiliki kualitas bernyanyi yang sangat luar biasa dan tekun berlatih. Maka tidak heran jika Audi keluar sebagai pemenang The Voice of Germany 2019.

4. Pernah Dikritik oleh Saipul Jamil

pemenang the voice germany 2019

Foto: instagram.com/audi_emmanuela

Memiliki suara yang bagus tidak serta merta membuat Audi menuai pujian. Dirinya juga pernah dikritik oleh Saipul Jamil saat mengikuti ajang pencarian bakat Mamamia pada tahun 2014.

Ketika mengikuti audisi, Audi membawakan Mencintaimu Sampai Mati dari Utopia. Namun penampilannya dikritik kaku oleh Saipul Jamil.

Tetap berjuang, kini Claudia Santoso berhasil membuktikan bakatnya dengan menjadi pemenang The Voice of Germany 2019. Selamat ya, Claudia!

Artikel Terkait