KESEHATAN
24 Juni 2019

Coba Rajin Konsumsi, Ternyata Begini Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Ketahui manfaatnya yang tak terduga bagi ibu hamil.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Madu adalah jenis pangan yang manis, sehat, dan bergizi. Semua orang tua atau muda telah mendapat manfaat dari madu. Lantas bagaimana dengan ibu hamil? Apakah ada manfaat madu untuk ibu hamil?

Jika Mom sedang hamil atau berencana hamil dalam waktu dekat, kemungkinan besar, Moms mungkin sudah banyak mendengar tentang peraturan dan batasan tentang apa yang bisa dimakan wanita selama kehamilan. Tentu saja mungkin Moms mendengar adanya larangan untuk mengkonsumsi madu.

Jadi, apakah madu aman dikonsumsi saat hamil?

“Madu aman untuk dikonsumsi asalkan sudah dipasteurisasi atau diolah. Serta pastikan madu yang dikonsumsi sudah mendapatkan izin dari otoritas pemerintahan setempat,” ujar Rebecca Malachi, ahli nutrisi kehamilan bersertifikat.

Salah satu penyebab kekhawatiran tentang madu mentah adalah dapat menyebabkan botulisme. Hal ini dapat membuat Moms yang sedang hamil terpapar oleh bakteri yang menyerang sistem pencernaan. Maka dari itu, bayi di bawah satu tahun memang sebaiknya tak diberi madu.

Baca Juga: 4 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Anak

Sistem pencernaan yang belum matang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Sementara, sistem pencernaan pada orang dewasa telah mengandung bakteri yang mencegah toksin botulinum, dan memang jarang wanita hamil mendapatkan kolonisasi botulisme. Meski begitu, Moms tetap harus memastikan madu yang dikonsumsi memang aman dan sudah mendapatkan izin edar.

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui.

Coba Rajin Konsumsi, Ternyata Begini Manfaat Madu untuk Ibu Hamil 01.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Nah, Moms nyatanya bisa mendapatkan berbagai manfaat jika mengkonsumsi madu saat hamil. Maka, penting bagi Moms untuk mengetahui manfaat madu untuk ibu hamil. Menu madu bisa menjadi hal sehat yang dilakukan di pagi hari.

Madu bermanfaat dalam beberapa hal selama kehamilan karena kaya akan gula seperti fruktosa dan glukosa, selain nutrisi. Madu yang penuh nutrisi ini dapat meningkatkan sistem kekebalan. Madu memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang membuat Moms jadi tak mudah sakit.

Ingat bahwa saat hamil ada banyak perubahan tubuh yang Moms alami sehingga sangat mungkin Moms menjadi mudah sakit. Maka, madu juga akan membantu Moms untuk mempercepat luka baik berat dan ringan serta mengatasi masalah pencernaan seperti mulas dan menetralkan asam lambung.

Baca Juga: 11 Cara Mengenali Ciri Madu Asli atau Palsu

Madu juga ternyata bisa meredakan insomnia. Tindakan hipnosis Madu membantu mengatasi insomnia. Minum susu yang dicampur dengan sendok madu sebelum tidur membantu Moms menjadi tidur nyenyak. Masalah tidur ini sangat sering dialami ibu hamil. Maka, Moms harus cari cara untuk membuat waktu tidur menjadi lebih baik.

Konsumsi madu saat hamil juga dapat meredakan pilek dan batuk. Sifat antivirus dari madu menghambat aktivitas virus dalam tubuh mencegah pilek. Madu adalah cara mengurangi batuk yang efektif. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung atau menentang penggunaannya untuk melawan batuk. Tetapi madu sudah dipercaya sejak lama untuk mengatasi hal ini.

Moms juga bisa meredakan sakit tenggorokan dengan madu. Sifat anti-inflamasi dari madu menenangkan iritasi tenggorokan. Tambahkan madu ke teh jahe atau lemon, dan menyesapnya hangat untuk meredakan sakit tenggorokan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi madu secara teratur menurunkan pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori, yang bertanggung jawab untuk menyebabkan bisul. Wah, ternyata tak hanya menjaga kesehatan dari dalam tubuh saja.

Madu juga berkaitan dengan urusan rambut sebab dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala. Sifat antibakteri dari madu tidak hanya meredakan sakit tenggorokan, tetapi bekerja secara efektif untuk menghilangkan ketombe dan kulit kepala yang gatal. Rebus sedikit madu dengan air hangat dan oleskan ke kulit kepala untuk mengobati kondisi rambut tersebut.

Baca Juga: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Apakah Moms termasuk yang mengalami manfaat madu untuk ibu hamil?

(GSA)

Artikel Terkait