PASCA MELAHIRKAN
13 Desember 2019

Cuka Apel, Amankah Dikonsumsi Busui?

Jangan sembarang minum ya, Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sebagai seorang Ibu menyusui, Moms tentu perlu ekstra memperhatikan dan menjaga pola makan, mengingat apa pun yang Moms makan akan diteruskan ke bayi melalui ASI.

Namun, ada kalanya Moms mungkin ingin mengonsumsi sesuatu seperti cuka apel, baik untuk diet atau pun untuk alasan kesehatan lainnya. Tetapi, apakah mengonsumsi cuka apel untuk busui aman?

Tidak Ada Larangan Konsumsi Cuka Apel untuk Busui

cuka apel untuk busui

Foto: momlovesbest.com

Menurut The Asian Parent Singapura, tidak ada larangan untuk mengonsumsi cuka apel saat menyusui. Namun, disarankan untuk tetap memantau reaksi yang mungkin ditunjukkan oleh bayi setelah Moms mengonsumsinya. Pasalnya, beberapa bayi cenderung sensitif terhadap keasaman cuka.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Cuka Apel untuk Anak Yuk, Moms!

Apa Saja Manfaat Konsumsi Cuka Apel untuk Busui?

cuka apel untuk busui

Foto: independent.co.uk

Ketika dikonsumsi saat menyusui, ada beberapa manfaat cuka apel yang mungkin bisa Moms dapatkan, yaitu:

1. Cuka apel membantu menurunkan risiko diabetes pada busui

Konsumsi cuka apel saat menyusui dipercaya dapat menurunkan risiko diabetes karena kemampuannya untuk mengatur gula darah. “Namun, jika Moms seorang penderita diabetes, Moms harus tahu bahwa cuka apel dapat menurunkan kadar gula darah, jadi perhatikan dan pantau kondisi gula darah Moms jika ingin mengonsumsinya,” kata Dr. Christine Traxler, M.D., OB/ GYN, seperti dikutip dari Kids Simplified.

Selain itu, Dr. Taxler juga menyarankan agar Moms selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan cuka apel untuk segala hal yang berhubungan dengan diabetes, terutama jika sedang mengonsumsi obat diabetes.

Baca Juga: 6 Manfaat Cuka Apel bagi Ibu Hamil

2. Obat Alami untuk Gejala Flu dan Pilek pada Busui

Dalam laman San Diego Breastfeeding Center (SDBFC), mencampurkan 1 sendok cuka apel dengan setengah gelas air untuk berkumur dapat membantu untuk menghilangkan racun dan bakteri dalam mulut. Oleh karena itu, cuka apel dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan sakit tenggorokkan serta gejala flu dan pilek lainnya.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan Busui

Percobaan klinis yang diterbitkan dalam Journal of Functional Food menunjukkan bahwa cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan. Para peneliti berpendapat bahwa cuka apel mempengaruhi berat badan dengan cara menurunkan nafsu makan seseorang. Akan tetapi, cara ini tentunya harus tetap diimbangi dengan olahraga agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cara Membuat DIY Cuka Apel untuk Membasuh Rambut

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan dalam Mengonsumsi Cuka Apel saat Menyusui?

cuka apel untuk busui

Foto: prepareforchange.net

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu Moms perhatikan jika ingin mengonsumsi cuka apel saat menyusui:

1. Encerkan atau campurkan dengan air mineral

“Cuka apel sangat asam, jadi hindari meminumnya secara langsung atau dalam jumlah banyak,” jelas Maria Zamarripa, MS, RD., seperti dikutip dari She Knows. “Sebaliknya, selalu encerkan sebelum mengonsumsinya.”

Zamarripa merekomendasikan setidaknya segelas air untuk mengencerkan satu sendok makan cuka apel untuk busui. Jika rasanya masih terlalu kuat, Moms dapat mencoba untuk mencampurkannya dengan bahan-bahan sehat lainnya seperti jus lemon, madu, cabai dan jahe.

Baca Juga: 4 Manfaat Cuka Apel Bagi Pencernaan

2. Pilih cuka apel yang dipasteurisasi

Dikutip dari FirstCry Parenting, proses pasteurisasi dapat membunuh semua bakteeri berbahaya yang menyebabkan gangguan pencernaan dan penyakit pada bayi ketika ditularkan melalui ASI, termasuk ketika Moms mengonsumsi cuka apel.

3. Konsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan

Situs parenting.firstcry.com juga menyarankan konsumsi cuka apel untuk busui sebaiknya tidak melampaui satu sendok makan per hari. Karena terlalu banyak mengonsumsi cuka apel dapat menyebabkan kadar kalium yang rendah dan menurunkan kepadatan mineral dalam tubuh. Jika memungkinkan, hindari mengonsumsinya setiap hari.

Jadi, mengonsumsi cuka apel saat menyusui aman, selama Moms memperhatikan hal-hal penting di atas dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Apakah Moms ingin mencoba mengonsumsinya?

RGW

Artikel Terkait