DI ATAS 5 TAHUN
8 Juli 2020

Moms, Ketahui Dampak Anak Dibesarkan Oleh Kakek Dan Nenek

Pertimbangkan berbagai dampak ini sebelum menitipkan anak untuk dibesarkan kakek nenek
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sering tidak disadari, dampak anak dibesarkan oleh kakek nenek ternyata memberikan pengaruh besar pada berbagai aspek kehidupan penting Si Kecil, orang tua, juga kakek dan nenek sendiri.

Fenomena orang tua yang mempercayakan pengasuhan anak pada kakek nenek memang semakin sering ditemui karena berbagai alasan, seperti kedua orang tua bekerja di luar kota atau kondisi finansial yang kurang memadai untuk menyediakan day care atau pengasuh saat orang tua bekerja.

Dampak Anak Dibesarkan oleh Kakek dan Nenek

Yuk Moms, simak dulu berbagai dampak yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan menitipkan Si Kecil untuk dibesarkan oleh kakek dan nenek.

1. Masalah Perilaku

Moms, Ketahui Dampak Anak Dibesarkan Oleh Kakek Dan Nenek 1.jpg

Foto: Texaslegal.com

Banyak studi ilmiah, termasuk yang dilansir oleh National Institutes of Health, menemukan kalau anak yang dibesarkan oleh kakek nenek menunjukkan kecenderungan masalah perilaku yang lebih besar ketimbang anak yang dibesarkan oleh kedua orang tua.

Kesamaan masalah perilaku yang paling sering ditemui adalah anak mudah marah dan merasa cemas berlebihan saat menghadapi perubahan. Hal tersebut diduga terjadi karena kebingungan akibat perbedaan pola asuh, gaya hidup, dan cara komunikasi saat bersama kakek nenek dan saat sedang bersama orang tua.

Baca Juga: Ketahui 5 Efek Negatif Bila Anak Dibesarkan Oleh Orang Tua Narsistik

2. Masalah Emosional dan Psikologis

Moms, Ketahui Dampak Anak Dibesarkan Oleh Kakek Dan Nenek 2.jpg

Foto: Ft.com

Kecenderungan lebih tinggi mengalami gangguan emosional dan psikologis juga menjadi dampak anak dibesarkan oleh kakek nenek yang sering terjadi. Beberapa kondisi yang umum ditemui pada anak adalah kecemasan, depresi, serta reactive attachment disorder atau kesulitan anak untuk dekat secara emosional dengan orang yang mengasuhnya.

Di sisi lain, penelitian yang dilansir International Journal of Sociology and Social Policy menemukan kalau kakek nenek yang membesarkan cucu mengalami penurunan kesejahteraan sosial emosional akibat kurangnya dukungan lingkungan, terganggunya rencana pensiun, juga keterbatasan fisik dan finansial.   

Baca Juga: Membangun Hubungan Istimewa Anak dan Kakek Nenek

3. Masalah di Sekolah

Moms, Ketahui Dampak Anak Dibesarkan Oleh Kakek Dan Nenek 3.jpg

Foto: Geriatricnursing.com

Meski selalu memberikan dukungan untuk pencapaian akademis anak, kakek nenek yang membesarkan anak tidak jarang menemui kendala dalam mendampingi Si Kecil mengerjakan PR dan belajar di rumah.

Selain itu, masalah psikologis dan masalah perilaku yang dialami anak juga bisa terbawa ke lingkungan sekolah sehingga suasana belajar maupun hubungan dengan teman dan guru jadi kurang baik.

Baca Juga: Perilaku Anak Berubah Setelah Liburan di Tempat Kakek Nenek, Apa yang Harus Dilakukan?

Berbagai dampak anak dibesarkan oleh kakek nenek sebenarnya bisa dicegah dengan komunikasi yang baik dengan orang tua, terutama dalam memberikan dukungan finansial serta menyamakan pola asuh dalam membesarkan Si Kecil.

Menurut Moms, adakah hal lain yang perlu jadi pertimbangan sebelum mempercayakan pengasuhan anak kepada kakek dan nenek?

Artikel Terkait