PARENTING
28 September 2019

Deretan Manfaat Jika Ayah Rutin Mengusap Perut Ibu Hamil

Para suami wajib tahu manfaatnya!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kehamilan tidak hanya dijalankan oleh Moms saja tetapi pasangan juga. Ada satu hal yang sama-sama dimiliki oleh kebanyakan wanita hamil yakni mereka tidak dapat melepaskan tangan dari perut yang di dalamnya ada janin yang sedang tumbuh.

Untuk beberapa calon Ibu, terus-menerus menyentuh, menepuk, menggosok dan memegang perut mereka bisa menenangkan. Bagi yang lain, ini adalah cara untuk merasa dekat dengan bayi di dalam. Tak hanya, Moms saja. Pasangan juga harus melakukannya!

Saat hamil, Moms tahu bahwa mengusap perut saat hamil akan membuat Moms merasa baik apa pun alasannya. Tak hanya itu, ada banyak deretan manfaat mengusap perut Ibu hamil. Bahkan manfaat ini juga berdampak baik untuk tumbuh kembang janin.

Baca Juga: Mengapa Ibu Hamil Sering Ngidam Aneh?

Studi dan Penelitian Sudah Dilakukan

ibu hamil

Foto: Romper

Pada 2015, para peneliti di Universitas Dundee di Skotlandia memeriksa 23 wanita hamil pada trimester kedua dan ketiga saat mereka melakukan tiga kegiatan yakni berbicara, membelai perut mereka dan berbaring diam dengan tangan di samping.

Dengan menggunakan sonogram dan melacak pergerakan bayi di dalam rahim, para peneliti tidak hanya menemukan bahwa bayi bergerak paling banyak selama aktivitas menyentuh, tetapi juga bahwa mereka merespons sentuhan pada keadaan kehamilan yang jauh lebih awal daripada yang sebelumnya telah didokumentasikan.

Berdasarkan penelitian ini, studi baru memeriksa 28 wanita hamil pada trimester kedua dan ketiga untuk melihat apakah bayi menanggapi sentuhan perut Ibu mereka dan apakah tanggapan mereka berbeda ketika disentuh oleh Ibu mereka, ayah mereka, dan orang asing secara acak.

Hasilnya janin pada trimester kedua dan ketiga menunjukkan perbedaan yang mengejutkan ketika mereka mengalami sentuhan akrab oleh Ibu serta Ayah dengan yang tidak menyentuh sama sekali.

Janin yang sering disentuh akhirnya pada trimester ketiga merespons lebih banyak sentuhan akrab daripada tidak disentuh. Cakupan studi ini memang kecil, tetapi menurut para peneliti hasil studi ini menunjukkan bahwa bayi menjadi lebih nyaman dengan dan responsif terhadap orang-orang di sekitarnya.

Nicole Letourneau, seorang professor di Faculties of Nursing and Medicine University of Calgary mengatakan masih ada banyak hal baik yang bisa Moms dan pasangan dapatkan ketika sering mengusap perut Ibu hamil. “Banyak studi yang menunjukkan ada hubungannya dengan kecerdasan emosi dan tumbuh kembang janin,” tambahnya.

Baca Juga: Kiat Mengurangi Gatal Perut Ibu Hamil

Apa yang Harus Dilakukan?

ibu hamil

Foto: Parents

Maka, penting bagi Moms untuk melakukan stimulasi hebat. Semakin Moms dan pasangan berinteraksi dengan janin dalam kandungan melalui menyanyi, berbicara, dan sentuhan, maka semakin dekat Moms dengan janin dalam kandungan.

Janin yang bereaksi terhadap sentuhan Moms adalah cara yang ampuh untuk menjalin ikatan dengannya, terutama selama bulan-bulan kehamilan yang panjang ketika Moms sangat ingin bertemu dengan Si Kecil.

Tidak pernah terlalu dini untuk mulai menunjukkan cinta dan kasih sayang. Moms bisa membuat rutinitas misalnya saat pagi hari untuk mengusap dan ngobrol dengan janin dalam kandungan.

Pasangan juga bisa dilibatkan dengan memberikan ritual seperti saat mau pamit berangkat kerja. Janin akan memahami ritual tersebut sehingga tahu siklus yang sedang dijalani. Nah begitu tahu manfaat mengusap perut ibu hamil, apakah Moms kerap melakukannya?

(GSA/IRN)

Artikel Terkait