NEWBORN
20 Agustus 2018

Menyusui Sambil Tidur, Ini 5 Hal yang Harus Diketahui

Bisa semakin mempererat bonding Moms dan Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Bagi Moms yang masih menyusui, tidur dengan tenang di tengah malam menjadi hal yang mewah. Tiap tiga jam, Si Kecil pasti merengek minta menyusu. Jika sudah begitu, Moms harus terbangun dan menyusui Si Kecil. Setelahnya, Moms harus pelan-pelan menidurkan kembali Si Kecil di tempat tidurnya.

Pagi harinya, Moms harus kembali terbangun untuk menyiapkan segala kebutuhan Si Kecil dan mengurus rumah. Melelahkan ya Moms? Breastsleeping bisa jadi solusi tepat untuk Moms. Seperti namanya breastsleeping merupakan kegiatan menyusui sambil tidur. Seperti apa ya breastsleeping?

Fakta-fakta Menyusui Sambil Tidur

shutterstock 127717733

1. Mempererat bonding antara Moms dan Si Kecil

Tidur bersama Si Kecil akan semakin mempererat bonding antara Moms dan Si Kecil. Si Kecil juga akan merasa aman karena Moms ada di dekatnya.

2. Moms lebih punya banyak waktu untuk istirahat

Tengah malam akan menjadi waktu yang sangat melelahkan untuk Moms yang masih menyusui. Si Kecil hampir selalu kelaparan di tengah malam, sehingga berkali-kali terbangun minta disusui.

Moms bisanya terpaksa bangun, duduk menyusui sampai Si Kecil tertidur, baru lah Moms bisa kembali tidur.

Dengan breastsleeping, Moms tidak perlu melakukan hal itu. Saat ia lapar, Moms hanya perlu menyusui sambil berbaring di sebelah Si Kecil sambil kembali tidur. Waktu istirahat pun akan lebih banyak.

Baca Juga: Bolehkah Menyusui Bayi Sambil Tiduran? Ini 5 Dampak Negatifnya

3. Si Kecil bisa tidur lebih nyenyak

Secara psikologis, jika berada di dekat Moms, Si Kecil akan lebih tenang. Tidur pun akan lebih nyenyak. Kualitas tidur anak juga akan meningkat. Sehingga saat bangun di pagi hari, kondisinya akan sangat baik.

4. Perkembangan otak Si Kecil lebih maksimal

Dengan kualitas tidur yang baik, perkembangan otak anak pun akan lebih baik. Sebuah studi membuktikan bahwa perkembangan otak bayi akan lebih cepat jika kualitas tidurnya baik. Kualitas tidur bayi yang baik akan terjadi jika bayi tidak tidur sendiri. Breastsleeping ini bisa jadi solusinya Moms.

Baca Juga: 5 Momen Lucu yang Dilakukan Bayi Saat Menyusui 

5. Berisiko membuat Si Kecil tersedak

Menyusu dalam kondisi tertidur saat tidak ada pengawasan dari Moms berisiko membuat Si Kecil tersedak tanpa diketahui. Tapi kemungkinan ini sangat kecil. Setelah kenyang, Si Kecil bisanya berhenti menghisap dan lepas dengan sendirinya.

Nah, pilihan untuk melakukan breastsleeping ada di tangan Moms. Tertarik melakukannya?

(AND)

Artikel Terkait