2-3 TAHUN
19 Agustus 2019

Fakta Seputar Minyak Ikan untuk Anak yang Harus Moms Tahu

Minyak ikan merupakan sumber asam lemak omega-3.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Semua anak membutuhkan vitamin, mineral, dan nutrisi lain agar sehat dan tumbuh secara normal.

Dan seperti halnya vitamin D, zat besi, dan kalsium, anak-anak membutuhkan asam lemak omega-3, termasuk asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), yang bisa mereka dapatkan dari minyak ikan.

Minyak ikan banyak didapat dari jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon, trout, dan herring.

Jika anak tidak makan ikan jenis ini, mereka mungkin membutuhkan sumber asam lemak omega-3 lain, termasuk makanan lain yang ditambah dengan minyak ikan, multivitamin dengan DHA dan EPA, atau suplemen minyak ikan lainnya.

Tapi, kenapa minyak ikan populer? Banyak orangtua meyakini bahwa minyak ikan dapat membantu meningkatkan perkembangan otak. Selain itu, minyak ikan juga diketahui dapat membantu anak dengan ADHD, asma, radang sendi, irama jantung abnormal, dan bahkan membantu mencegah beberapa jenis kanker.

Nah, sebelum Moms memberikan asupan minyak ikan untuk anak, inilah beberapa hal yang perlu Moms ketahui seputar minyak ikan dan manfaatnya untuk si kecil, seperti dilansir dari www.verywellfamily.com.

Sumber Minyak Ikan

Fakta Seputar Minyak Ikan untuk Anak yang Harus Moms Tahu 1.jpg

Foto: pixabay.com

Selain suplemen minyak ikan, Moms sebenarnya bisa mendapatkan minyak ikan murni sekaligus asam lemak omega-3 dari beberapa makanan, termasuk:

  • Ikan berlemak, termasuk ikan herring, trout, mackerel, salmon, dan sarden yang memiliki kadar DHA dan EPA tertinggi. Ikan lain termasuk pollock, scallop, kerang, udang, ikan lele, dan tuna semuanya memiliki kadar DHA dan EPA yang lebih rendah daripada ikan berlemak.
  • Biji rami, kacang kenari, kacang kedelai, tahu, minyak kanola - dalam bentuk asam alfa-linolenat (ALA).

Sebagian besar merek susu formula, yang sekarang diperkaya dengan DHA dan ARA untuk membuatnya mirip seperti ASI, yang memiliki kandungan asam lemak omega-3

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Ikuti 4 Cara Membuang Sisa Minyak Goreng yang Benar

Dosis Minyak Ikan

Fakta Seputar Minyak Ikan untuk Anak yang Harus Moms Tahu 2.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Dosis minyak ikan yang biasa untuk anak-anak, jika mereka mendapatkannya benar-benar dari mengonsumsi ikan, adalah dua porsi ikan berlemak seminggu.

Saat menyajikan ikan untuk anak-anak, orangtua harus mengingat semua peringatan tentang kandungan merkuri pada ikan. Yang aman adalah tuna kaleng, salmon, pollock, dan ikan lele.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Ikan Sarden untuk Kesehatan Tubuh

Suplementasi Minyak Ikan

Fakta Seputar Minyak Ikan untuk Anak yang Harus Moms Tahu 3.jpg

Foto: pixabay.com

Alih-alih memberi si kecil makanan yang mengandung minyak ikan alami, banyak orangtua memilih memberikan suplemen minyak ikan untuk anak.

Meskipun dosis normal minyak ikan yang disarankan tidak dianggap berbahaya, memberikan suplemen minyak ikan pada si kecil dipandang masih belum terlalu diperlukan menurut banyak penelitian.

Perlu diingat bahwa jumlah asam lemak omega-3 dalam suplemen minyak ikan ini bisa sangat bervariasi.

Beberapa ada yang hanya memiliki sangat sedikit DHA di dalamnya, seringkali hanya 100 mcg atau 0,1 mg per dosis.

Sedangkan suplemen lainnya memiliki 50 mg DHA ditambah 10 mg EPA.

Periksa label untuk memastikan Moms mendapatkan jumlah DHA yang diharapkan.

Baca Juga: Cari Tahu Yuk, Kegunaan Minyak Ikan selama Kehamilan

Manfaat yang Akan Didapat

Fakta Seputar Minyak Ikan untuk Anak yang Harus Moms Tahu 4.jpg

Foto: todaysparent.com

Dilansir dari www.nhs.uk, berbagai penelitian menunjukkan kemungkinan manfaat omega-3 pada minyak ikan untuk anak.

Selain mendukung kemampuan kognitif, termasuk koordinasi mata dan tangan, kemampuan fokus dan sosial, omega-3 juga dapat menekan risiko asma, serta membantu anak dengan ADHD.

Nah, Moms, setelah mendapat gambaran utuh mengenai minyak ikan dan manfaatnya untuk anak, pastikan Moms memilih makanan sumber minyak ikan alami terbaik untuk si kecil, atau memilih suplemen minyak ikan yang paling sesuai dengan kebutuhan si kecil.

(VAN)

Artikel Terkait