KEHAMILAN
22 Januari 2020

4 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil, Catat ya Moms!

Bisa membantu mengatasi morning sickness lho
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, rasanya bukan hal yang baru bahwa menjaga nutrisi saat kehamilan sangat dibutuhkan. Perkembangan janin di dalam kandungan tidak terlepas dari setiap makanan atau minuman yang Moms konsumsi.

Selain itu, mengonsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi seimbang dapat membuat kesehatan Moms menjadi prima saat menjalani kehamilan.

Nyatanya, ada banyak buah-buahan yang bisa Moms konsumsi saat hamil, salah satunya adalah semangka. Ya, buah yang memiliki kadar air cukup tinggi ternyata menyimpan nilai gizi yang baik untuk ibu hamil.

Selain buahnya, biji semangka juga ternyata punya kandungan nutrisi lho Moms. Menurut International Journal of Nutrition and Food Sciences, biji semangka mengandung sumber protein, zat besi, seng, dan kalsium yang baik serta aman dikonsumsi saat hamil.

Namun, pastikan jumlah yang Moms konsumsi tidak terlalu banyak.

Baca Juga: 10 Manfaat Makan Semangka Saat Hamil, Bisa Atasi Mual Lho!

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

Semangka untuk ibu hamil ternyata punya banyak manfaat. Semangka mampu menunjang kesehatan dan perkembangan janin selama kehamilan lho Moms.

Selain itu, masih banyak segudang manfaat semangka untuk ibu hamil. Lengkapnya, simak ulasan berikut ini, ya!

1. Melindungi dari Kanker dan Penyakit Kardiovaskular

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil-1.jpg

foto: momjunction

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang pertama adalah melindungi dari kanker dan penyakit kardiovaskular. Ada banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk menghidangkan semangka sebagai menu sehari-hari.

Moms bisa memakan potongan buahnya secara langsung, menjadikannya smoothie atau memasukkannya menjadi di dalam sajian salad.

Rasanya yang manis dan segar tentunya membuat Moms menyukainya.

Semangka kaya likopen, antioksidan yang melindungi terhadap kanker dan penyakit kardiovaskular. Sebuah studi di International Journal of Gynecology and Obstetrics menyebutkan ibu hamil yang mengonsumsi likopen setiap hari dapat mengurangi preeklampsia hingga 50 persen.

2. Mengandung Banyak Nutrisi untuk Janin

manfaat konsumsi semangka selama hamil hero banner magz (1510x849)

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mengandung banyak nutrisi untuk janin. Studi yang sama juga menyebutkan bahwa semangka mengandung vitamin A, C, dan B6, serta potasium dan magnesium.

Faktanya, nutrisi-nutrisi ini penting untuk perkembangan penglihatan, otak, sistem saraf, dan kekebalan tubuh janin di dalam kandungan.

Nah, untuk kesehatan Moms, kalium mampu mengatur keseimbangan air dalam darah dan jaringan tubuh.

Baca Juga: Benarkah Makan Semangka Bisa Cepat Hamil?

3. Mencegah Dehidrasi

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil-3.jpg

foto: momjunction

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mencegah dehidrasi. Semangka yang mengandung kadar air juga membuat Moms jauh dari dehidrasi.

Nah, perlu Moms ketahui bahwa dehidrasi selama kehamilan bisa berbahaya bagi ibu dan janin, seperti cairan ketuban yang rendah, terjadi kontraksi palsu, hingga parahnya bisa terjadi cacat lahir.

Mengonsumsi semangka selama kehamilan membantu tubuh Moms tetap terhidrasi dengan baik.

4. Mengatasi Morning Sickness

Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil-2.jpg

foto: parenting.firstcry

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mengatasi morning sickness. Banyak yang beranggapan bahwa mengonsumsi semangka pada trimester awal kehamilan bisa membantu atasi morning sickness. Benarkah demikian?

“Kandungan air di dalam sebuah semangka bisa mencapai 92 persen dan gula alami di dalamnya membantu mengurangi mual dan muntah. Selain itu, mineral yang dikandungnya dapat membantu mencegah kram otot,” ujar Steven Pratt, M.D, penulis SuperFoods Rx.

Nah, salah satu gejala dari morning sickness adalah mual dan muntah. Jadi, bisa dikatakan bahwa semangka membantu Moms untuk melewati masa-masa morning sickness dengan baik.

Sebagai varian lain, Moms bisa membuat jus semangka yang dicampurkan dengan jeruk nipis atau lemon untuk meningkatkan rasa.

Baca Juga: Makan Semangka Dicampur Minuman Bersoda, Berbahayakah?

Nah, itulah beberap manfaat semangka untuk ibu hamil. Namun, sebaiknya hindari makan semangka di malam hari atau sebelum tidur karena dapat susah dicerna karena metabolisme tubuh melambat di malam hari.

Makan semangka dengan kadar air tinggi di malam hari juga bisa menyebabkan frekuensi buang air kecil meningkat.

Jadi, tetap temukan manfaat semangka untuk kesehatan bayi dan Moms dengan memerhatikan aturan penting dalam mengonsumsinya, ya!

Artikel Terkait