KESEHATAN
27 September 2019

Gejala, Cara Mengobati, dan Pantangan Apabila Kaki atau Tangan Keseleo

Terkilir alias keseleo, adalah jenis cedera ligamen yang diakibatkan oleh robeknya serat-serat ligamen.
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Ligamen adalah pita kuat dan elastis yang menghubungkan tulang dengan tulang. Tugasnya menahan persendian agar tetap di tempatnya. Ligamen dapat sobek sebagian, atau bisa sepenuhnya terkoyak. Berbeda dengan terkilir, keseleo adalah cedera yang diakibatkan oleh peregangan otot yang melebihi kapasitas normal.

“Pada umumnya, keseleo dan terkilir paling sering terjadi pada pergelangan kaki dan lutut. Ligamen yang bermasalah seringnya akan membengkak dengan cepat dan terasa menyakitkan,” ungkap Bradley Lamm, ahli bedah kaki dan pergelangan kaki dari American College of Foot & Ankle Surgeons

Baca Juga: RICE, Cara Benar Mengobati Keseleo

Tanda dan Gejala Keseleo

Unknown-1.jpeg

Foto: afacc.com

Saat pergelangan kaki terasa sakit, coba lihat tanda-tanda berikut ini. Kalau beberapa ciri ditemukan, kaki Moms sepertinya keseleo!

  • Rasa sakit atau nyeri berdenyut
  • Pembengkakan
  • Area yang bermasalah terasa lunak dan hangat
  • Memar
  • Untuk kebanyakan cedera terkilir dan keseleo ringan, Anda bisa memulai pengobatan mandiri di rumah.

Baca Juga: Jangan Diurut Saat Anak Baru Keseleo!

Mengatasi Kaki Keseleo

Lindungi

tak butuh sepatu hak tinggi

Lindungi area tubuh yang keseleo untuk mencegah cedera lanjutan dengan menggunakan penyangga. Atau, dalam kasus pergelangan kaki yang keseleo atau terkilir, pakai sepatu yang bisa meninggikan dan mendukung kaki Anda.

Istirahatkan

mata kaki2.jpg

Hentikan aktivitas yang menyebabkan cedera tersebut. Istirahatkan anggota tubuh yang bermasalah. Jangan tempatkan beban berat pada area yang terkilir selama 48 jam.

Pada kasus keseleo pergelangan kaki, Anda masih bisa melatih otot-otot lain. Misalnya, menggunakan sepeda listrik yang memfokuskan latihan pada lengan, Anda bisa melatih kedua tangan Anda dan kaki yang sehat, sambil mengistirahatkan kaki yang cedera.

Untuk kemudahan mobilitas sehari-hari, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menggunakan kruk.

Kompres es

Benarkah Es Bisa Meredakan Keseleo? Simak Penjelasannya di Sini!.jpg

Aplikasikan kompres dingin (Anda bisa mendapatkannya di apotek) atau bongkahan es batu yang dibalut plastik atau kain bersih tepat di atas area yang membengkak selama 20-30 menit setiap 2-3 jam sekali.

Hal ini akan membantu membatasi perkembangan bengkak setelah cedera.

Jika Anda menggunakan kompres es batu, jangan terlalu lama meninggalkan kompres di area cedera untuk mencegah kerusakan jaringan.

Perban khusus keseleo

pertolongan pertama saat cedera hero banner magz (1510x849)

Perban daerah yang terkilir untuk membatasi pembengkakan dan terlalu banyak pergerakan yang dapat menyebabkan kerusakan lanjutan. Anda dapat menggunakan perban elastis sederhana atau jenis perban yang terbuat dari neoprene. Semua ini bisa Anda dapatkan di apotek terdekat.

Sangga

penyebab-kaki-hitam.jpeg

Jika kaki atau tangan Anda yang keseleo, sangga kaki yang bermasalah tersebut untuk meninggikan posisinya di atas jantung selama 48 jam pertama.

Obat pereda nyeri

Obat .jpg

Obat pereda nyeri Non-steroidal anti-inflammatory (NSAID), seperti asam mefenamat, ibuprofen, parasetamol, atau panadol untuk meredakan nyeri dan peradangan, Namun demikian, obat-obatan ini memiliki beberapa efek samping, seperti meningkatkan risiko perdarahan dan ulkus. Obat-obatan ini harus digunakan dengan bijaksana. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga: Perhatikan Cara Menyembukan Keseleo yang Membengkak

Hindari Hal Ini Apabila Keseleo

jogging

Dua hari pertama setelah cedera, Anda diharuskan untuk menghindari empat hal di bawah ini:

  • Panas, misalnya berendam air panas, sauna, atau koyo panas
  • Alkohol, mengonsumsi alkohol akan meningkatkan perdarahan dan pembengkakan, sekaligus memperlambat proses pemulihan
  • Berlari, atau jenis olahraga lain yang bisa memperparah cedera serta akan meningkatkan risiko perdarahan dan pembengkakan

Nah, itulah hal yang harus kita perhatikan apabila kaki atau tangan kita keseleo. Selalu telaten dalam merawatnya, ya, Moms.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait