KEHAMILAN
8 Juli 2020

3 Gejala Diabetes saat Hamil, Waspada!

Sering haus dan mudah lelah jadi gejala diabetes saat hamil lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ibu hamil berpotensi menderita diabetes. Hormon kehamilan menjadi salah satu penyebab tubuh tidak memproduksi cukup insulin untuk mengontrol kadar glukosa (gula) dalam darah pada masa kehamilan.

Kondisi ini umumnya berlangsung hanya selama kehamilan. Setelah melahirkan, produksi insulin kembali normal. Dikutip dari American Pregnancy Association, setidaknya 2-5 persen ibu hamil mengalami diabetes gestasional. Sebanyak 7-9 persen ibu hamil punya faktor risiko mengalami diabetes gestasional.

Pemeriksaan untuk diabetes gestasional umumnya dilakukan pada usia kandungan 24 dan 28 minggu. Tidak mengherankan jika mereka yang memiliki diabetes gestasional di pertengahan kehamilan.

Sebagian besar dari mereka pun terkejut dengan kabar itu karena mereka merasakan hal yang sama seperti yang mereka selalu rasakan yaitu sehat dan normal.

Diabetes jenis ini biasanya muncul pada Moms yang belum pernah menderita diabetes sebelumnya dan biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Gejala Diabetes saat Hamil

Karena jarang diketahui, Moms pun perlu berhati-hati secara memerhatikan secara seksama kehamilan yang tengah ditempuh. Nah, berikut ini gejalaibu hamil yang terkena diabetes yang perlu Moms ketahui.

1. Merasa haus

Ibu Hamil Merasa Kehausan

Sering merasa haus ternyata gejala diabetes saat hamil lho. Moms mungkin ingin minum lebih banyak dari biasanya. Moms akan merasa haus bahkan ketika belum sesuatu yang asin, berjalan di hari yang panas, atau melakukan sesuatu yang lain sehingga membuat Moms menginginkan segelas air ekstra.

Baca Juga: 3 Fakta tentang Diabetes Gestasional, Bumil Wajib Tahu!

2. Lelah

Ibu hamil kelelahan

Mudah lelah adalah hal yang wajah untuk ibu hamil. Tapi, mudah lelah juga jadi gejala diabetes saat hamil lho Moms.

Jika Moms merasa lelah berlebihan, bahkan di pagi hari, tanyakan pada dokter apakah Moms berisiko diabetes gestasional.

3. Mulut Kering

Ibu hamil kehausan

Seiring dengan meningkatnya rasa haus kemungkinan Moms akan mengalami mulut kering. Moms mungkin ingin minum lebih banyak air untuk menghilangkan rasa kering itu. Keduanya bisa menjadi gejala diabetes gestasional.

Baca Juga: Jenis Kelamin Bayi Ternyata Berpengaruh pada Gestasional Diabetes Ibu

Hal yang Perlu Dilakukan ketika Mengalami Diabetes saat Hamil

Sementara itu, dilansir dari Canadian Journal of Diabetes, bila Moms telah didiagnosis menderita diabetes gestasional selama kehamilan, ada beberapa hal yang perlu Moms lakukan, antara lain:

  • Menyusui sesegera mungkin setelah melahirkan dan minimal 4 bulan. Hal ini dilakukan untuk mencegah hipoglikemia pada Si Kecil yang baru lahir, obesitas di masa kecil, serta diabetes untuk Moms dan Si kecil.
  • Kurangi berat badan Moms dengan menggunakan target indeks massa tubuh normal guna mengurangi risiko diabetes gestasional pada kehamilan berikutnya.
  • Lakukan skrining untuk diabetes setelah kehamilan Moms dengan rentan waktu 6 minggu hingga 6 bulan setelah melahirkan, merencanakan kehamilan lain, dan setiap tiga tahun tergantung pada factor risiko Moms.

Baca Juga: Waspada Diabetes Sebabkan Sulit Hamil!

Terakhir, Moms harus mengingat untuk mengelola kadar glukosa, memprioritaskan nutrisi serta olahraga yang tepat, serta tetap terhubung dengan tim dokter. Mengelola diabetes secara medis adalah kunci bagi kesehatan Mom serta keberhasilan kehamilan di masa depan.

Artikel Terkait