RUPA-RUPA
6 Desember 2018

Grow Happy Parenting untuk Inspirasi Kebahagiaan Keluarga Indonesia

Nestle Lactogrow menggelar workshop bagi para orang tua di Indonesia
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -
hero lacta

Seringkali tidak semua orang tua tahu apa yang membuat anaknya merasa bahagia. Dan tidak setiap orang tua juga tahu bagaimana cara membesarkan anak dengan bahagia.

Berangkat dari kepedulian tersebut, Nestle Lactagrow kembali menghadirkan kampanye ‘Grow Happy’ yang bertujuan untuk merayakan kebahagiaan dan membantu orang tua menciptakan lingkungan yang dapat membuat anak merasa bahagia.

Di awal tahun ini, Nestle Lactagrow kembali melakukan sebuah studi mengenai kebahagiaan anak untuk mencari informasi pentingnya kebahagiaan anak, faktor apa saja yang membuat anak tumbuh bahagia serta hal apa saja yang harus dilakukan orang tua untuk mendukung anak tumbuh bahagia.

Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari hasil pemaparan studi Child Happiness yang diumumkan sejak Juli lalu di Jakarta. Studi yang melibatkan responden 370 orang tua dengan anak usia 2-5 tahun tersebut menemukan bahwa anak merasa bahagia saat bermain bersama orang tua.

Bahkan, lebih bahagia dibanding saat bermain dengan adik atau kakaknya. Namun, sayangnya dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa lebih dari 50 persen orang tua merasa belum cukup hadir dan terlibat dalam kegiatan bersama Si Kecil.

Terutama karena sebagian orang tua masih menganggap ciri-ciri fisik adalah indikator utama untuk menilai kebahagiaan anak. Misalnya, anak terlihat ceria dan aktif bergerak. Padahal, menurut Myers & Diener (2018), kebahagiaan anak bukanlah kegembiraan sesaat saja, namun lebih kepada rasa nyaman, aman, dan dapat diterima dengan baik di lingkungan sosialnya.  

“Agar Si Kecil tumbuh bahagia, dibutuhkan keselarasan antara nutrisi, stimulasi, dan keterlibatan orang tua dalam membangun dan memupuk kondisi grow happy. Dengan tantangan orang tua yang semakin besar saat ini, Nestle Lactogrow berupaya membantu orang tua lewat workshop Grow Happy Parenting untuk berbagi kiat dan informasi. Tak cuma mengenai pola asuh, tapi juga tips soal memberikan nutrisi seimbang dan lengkap untuk tumbuh bahagia yang dapat diterapkan dengan mudah,” ujar Gusti Kattani Maulani selaku Brand Manager Nestle Lactogrow.

Dan dalam workshop yang digelar pada 5 Desember lalu, sejumlah pakar dihadirkan untuk memberi edukasi lebih komprehensif tentang memaknai kebahagiaan anak sebagai bagian dari kebahagiaan keluarga seutuhnya.

Tips Agar dapat Membesarkan Anak yang Bahagia

Psikolog Elizabeth Santosa, MPsi, Psi, SFP, ACC mengatakan, agar anak bahagia tentu orangtuanya harus fokus dan merasa bahagia saat sedang bersama anak.

Ia mengatakan sangat mudah melihat orang yang selalu bahagia. Antara lain memiliki emosi positif (mudah tertawa, merasa damai, tidak curiga, dan sebagainya) dan juga memiliki tingkat kepuasan hidup yang baik untuk pemenuhan dirinya sendiri.

Dan kebahagiaan ini juga bisa dipengaruhi faktor internal yang ada dalam tubuh kita yaitu hormon. Antara lain hormon dopamin, oksitosin, dan serotonin.

Sedangkan pada anak, tentu ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua agar dapat membesarkan anak yang tumbuh bahagia.

Seperti memberikan makanan bergizi dan tepat waktu, mendukung kompetensi anak, mencukupi waktu tidur anak, memberikan cinta tanpa sayarat kepada anak. Dan jangan lupa, menjadi orang tua yang bahagia sehingga bisa menularkan kebahagiaannya kepada pasangan dan anak.

Itu sebabnya jika asupan nutrisi tidak seimbang maka dapat mempengaruhi tumbuh kembang dan kebahagiaan anak.

Seperti yang diungkapkan Dokter Spesialis Anak Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), “Sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui dan mengerti nutrisi seimbang. Termasuk susu dengan kandunga ngizi untuk lengkapi asupan nutrisi bagi buah hati.”

Menurutnya, anak yang mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang akan memiliki saluran pencernaan yang sehat.

Artinya, ususnya dapat menyerap nutrisi dengan baik. Dan dengan begitu anak akan punya selera makan yang baik dan dapat menunjang tumbuh kembangnya dengan optimal.

Dr. Ariani menambahkan, “Untuk membentuk saluran cerna yang sehat, kita harus menjaga keseimbangan mikrobiota usus.”

Bagaimana caranya?

  1. Konsumsi makanan bernutrisi lengkap dan bervariasi
  2. Konsumsi makanan yang mengandung probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan
  3. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga secara teratur

Dan dalam workshop Grow Happy Parenting tersebut, di kesempatan yang sama Nestle pun turut memperkenalkan tampilan kemasan baru Lactogrow yang kian diperkaya kandungan DHA, kalsium, minyak ikan serta Lactobacillus reuteri yang bermanfaat untuk tumbuh kembang.

"Melalui rangkaian workshop ini, kami berharap dapat membantu orang tua menemukan formulasi tumbuh bahagia untuk anak-anaknya melalui gabungan pemberian nutrisi yang baik, stimulasi dan keterlibatan mereka dalam beraktivitas dengan anak. Kami percaya bahwa pilihan orang tua merupakan kunci dalam tumbuh kembang anak-anak mereka di masa depan," ujar Lani.

(ARH)

Artikel Terkait