TRIMESTER 3
10 Januari 2019

5 Hal yang Membuat Persalinan Semakin Menyakitkan

Rasa takut akan membuat tubuh menjadi sangat tegang sehingga menimbulkan rasa sakit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Kehamilan memang momen yang indah, sedangkan kelahiran Si Kecil adalah saat yang tentunya tak sabar dinantikan setiap ibu yang tengah hamil.

Sayangnya, banyaknya kisah-kisah soal sakitnya persalinan membuat banyak ibu hamil yang semakin takut menjelang persalinan.

Tak hanya itu, berikut adalah lima hal yang dapat membuat persalinan menjadi lebih menyakitkan, jadi sebaiknya hindarilah hal-hal berikut:

Berbaring Telentang

Saat rahim Moms berkontraksi, sebaiknya berupaya lah untuk mendorong tubuh untuk tetap dalam posisi tegak dan condong ke depan untuk memastikan tubuh bekerja dengan gravitasi dan tidak melawannya.

Dalam keadaan seperti ini kebanyakan perempuan memilih untuk berbaring dengan telentang.

Posisi ini rupanya malah akan membuat posisi bayi tertarik kembali, selain itu tidak bagus untuk suplai darah lho, Moms.

Merasa Takut

Merasa takut menjelang persalinan adalah hal yang wajar, tapi perasaan khawatir tersebut akan membuat tubuh Moms menjadi sangat tegang dan kencang, sehingga menimbulkan lebih banyak rasa sakit.

Usahakan untuk tetap rileks dan katakan pada diri sendiri bahwa ini adalah proses alami yang harus siap untuk Moms hadapi.

Percayai tubuh Moms untuk tetap mampu bekerja, dan ingat setiap kontraksi adalah langkah yang lebih dekat untuk bertemu dengan Si Kecil.

Baca Juga: Lakukan 3 Gerakan Ini di Rumah Agar Proses Persalinan Berjalan Lancar

Lingkungan yang Penuh Tekanan

Ternyata lingkungan Moms dapat membuat kekacauan dengan menimbulkan rasa stres, yang berarti Moms akan cenderung tegang dan gelisah.

Dari teman dan keluarga sebaiknya sebisa mungkin membuat Moms menjadi lebih tenang, tidak membuat kegaduhan meski itu adalah bentuk dukungan.

Dehidrasi

Simpan banyak cairan dalam tubuh, karena mengalami dehidrasi dapat menyebabkan masalah dalam persalinan karena rahim Moms tidak kontak secara efisien.

Bahkan, setiap fungsi tubuh membutuhkan jumlah air yang cukup untuk bekerja dengan lancar.

Baca Juga: Inilah Sederet Keuntungan Melahirkan dengan Metode Gentle Birth

Tidak Didampingi Doula

Doula kelahiran merupakan sosok yang akan sangat membantu menjelang persalinan.

Di sebagian besar rumah sakit, seorang bidan mungkin memilih untuk meminta bantuan doula untuk mencari dukungan tambahan, emosional atau fisik, selama kehamilan dan kelahiran Moms.

Doula dapat mempersingkat waktu kerja dengan rata-rata dua jam, mengurangi kebutuhan C-section sebesar 50 persen dan menurunkan kebutuhan Moms akan pereda rasa sakit.

Beberapa hal di atas mungkin terlihat sederhana saja, tapi rupanya bila Moms melakukannya dengan benar akan sangat membantu untuk proses persalinan, lho.

(MDP)

Artikel Terkait