3-5 TAHUN
21 Juni 2019

Hamish & Raisa Tidak Terang-terangan Menunjukkan Foto Zalina, Ini 4 Alasan Bijak Tidak Posting Foto Anak di Medsos

Foto yang sudah diposting, tidak bisa ditarik kembali

Sumber: instagram.com/raisa6690

Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Sebagian selebriti tidak sungkan membagikan foto-foto anak di medsos, apalagi Si Kecil yang baru saja dilahirkan. Mungkin saking bahagianya dengan kehadiran si buah hati, mereka pun ingin membagikan kebahagiaan ini kepada para pengikutnya di Instagram.

Namun beda dengan Hamish dan Raisa. Pasangan ini enggan memperlihatkan wajah sang anak di media sosial keduanya. Mereka memang kerap kali membagikan foto Si Kecil di akun Instagram, namun foto tersebut tidak memperlihatkan secara jelas wajah Zalina, anak Hamish dan Raisa.

Berbagai cara mereka lakukan, misalnya memposting sebuah foto yang memperlihatkan Zalina berada dalam pelukan sang ayah, foto Zalina saat dibawa jalan-jalan dengan mobil, hingga foto ketika Zalina memakai hijab.

Semua foto tidak secara terang-terangan menunjukkan wajah Zalina. Ada yang diambil dari samping, saar Zalina membelakangi kamera, dan berbagai angle lainnya.

Mengapa Hamish dan Raisa tidak ingin foto anaknya menjadi konsumsi publik? Berikut alasan bijak tidak memperlihatkan foto anak di medsos.

Baca Juga: Sebelum Posting Foto Anak di Media Sosial, Perhatikan Hal Ini!

1. Si Kecil Juga Punya Privasi

foto anak di medsos, foto anak, posting foto anak

Bukan hanya orang tua yang memiliki hak privasi, anak kecil juga lho. Mengunggah foto anak di medsos, sama saja dengan menelanjangi anak dari hak privasinya.

Benar, anak kecil juga memiliki hak privasi, hanya saja mereka belum mengerti betapa penting menjaga privasinya dari publik.

Sehingga wajar jika mereka tidak bisa menolak keinginan orang tua untuk membagikan foto atau informasi mengenai dirinya secara online.

Alhasil publik menjadi tahu informasi yang seharusnya tidak mereka ketahui. Jika di antaranya ada yang memiliki niat jahat, hal ini bisa berbahaya, Moms.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengizinkan Anak Memiliki Akun Media Sosial

2. Berpotensi Dijadikan Bahan Bullying

foto anak di medsos, foto anak, posting foto anak

Selain ingin membagikan foto anak di medsos karena merasa lucu, Moms juga perlu mempertimbangkan bagaimana reaksi orang lain ketika kita memposting foto si buah hati di media sosial. Bukan tidak mungkin jika foto tersebut akan dijadikan sebagai bahan becandaan, pelecehan, atau bahkan bullying.

Potensi bullying tidak hanya datang dari orang-orang yang kita kenal, namun juga dari orang yang tidak kita kenal. Jika sampai hal ini terjadi, apakah pernah terpikirkan oleh Moms apa yang akan terjadi jika kelak Si Kecil melihatnya?

3. Mempengaruhi Masa Depan Anak

pullups_potty_talk_how_tto_talk_to_your_kid_about_potty_training.jpg

Akan sulit bagi kita untuk mengontrol sebuah informasi yang sudah tersebar secara online. Kita tidak bisa mencegah setiap orang untuk tidak mengambil foto tersebut karena kita tidak mungkin menjangkaunya.

Meskipun kita sudah menghapusnya dari akun pribadi, sayangnya foto tersebut sudah terekam dalam internet dan server media sosial tersebut.

“Faktanya adalah data yang telah dibagikan oleh orang tua dapat dibuka oleh algoritma pencarian Google untuk tahun-tahun mendatang,” ujar Stacey Steinberg, associate director untuk Pusat Anak-Anak dan Keluarga di Universitas Florida Levin College of Law.

Baca Juga: 5 Foto Anak yang Tidak Boleh Diupload di Sosial Media dan Alasannya

4. Berpotensi Mengundang Kejahatan

foto anak di medsos, foto anak, posting foto anak

Orang tua yang memposting foto anak di medsos, terkadang muncul di website atau forum tertentu, bahkan berpotensi masuk dalam pornografi anak.

Menurut Australian Children’s eSafety Commissioner, satu situs menawarkan setidaknya 45 juta gambar, setengahnya adalah foto anak-anak yang diambil dari akun media sosial, termasuk foto kegiatan keluarga sehari-hari, tetapi disertai dengan komentar yang tidak pantas.

Itulah beberapa bahaya yang mengintai jika Moms memposting foto anak di medsos. Penting untuk kita menjaga privasi anak demi masa depannya kelak. Jangan hanya karena ego, kita menutup mata akan semua hal yang mungkin bisa terjadi. Tetap waspada ya Moms!

Artikel Terkait