PROGRAM HAMIL
12 Mei 2019

Sering Bikin Ibu Hamil Ngidam, Sebaiknya Hindari 4 Makanan Ini

Tak boleh semua makanan dimakan ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Ibu hamil ngidam? Pastinya sudah biasa ya mendengar bahwa Moms yang sedang hamil ngidam. Ada banyak makanan yang kerap kali membuat makanan ngidam. Namun, Moms perlu mengingat bahwa tak semua makanan ngidam bisa dipenuhi.

Ingat bahwa Moms yang sedang hamil harus sangat selektif memiliki menu makanan. Tak hanya baik untuk Moms melainkan bergizi untuk janin dalam kandungan.

Moms juga harus belajar soal bagaimana cara memilih bahan makanan, cara pembuatan, dan cara penyimpanan makanan.

Sekitar 50 sampai 90 persen ibu hamil di Amerika akan memiliki berbagai jenis kombinasi makanan saat kehamilan, menurut Frontiers in Psychology.

Moms juga harus memahami bahwa saat hamil hormon akan mengalami banyak perubahan sehingga membuat segala kebiasaan lama berubah drastis. Jangan kaget untuk memakan semua makanan dan minuman yang ditemui.

Moms wajib menahan diri dan mau memilih apa yang akan dikonsumsi terlebih dengan alasan ibu hamil ngidam. Berikut deretan makanan yang bikin ngidam dan sebaiknya dihindari.

Baca Juga: Aura Kasih Ngidam Memegang Ular, 5 Artis Indonesia Ini juga Tidak Kalah Aneh Ngidamnya!

1. Cokelat

candy chocolate sweet 6345

Moms wajib menjauhi makanan ini. Bukan karena dilarang dan berbahaya untuk bayi melainkan efek manis yang akan membuat Moms ketagihan.

Berbahayanya ketika Moms sudah makan cokelat, Moms akan semakin ingin makan makanan yang manis-manis.

Makanan yang dilarang justru semakin menjadi menantang untuk Moms yang sedang hamil dan ngidam.

Lalu bagaimana agar ibu hamil menahan ngidam cokelat? Moms cukup dengan cara mengoleskan selai cokelat ke buah yang akan disantap.

Hal itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dan kemauan Moms. Atau Moms bisa mencari buah manis untuk menahan keinginan makanan manis.

Baca Juga: Mengapa Ibu Hamil Sering Ngidam Aneh?

2. Makanan Pedas

bunch capsicum cayenne 325054ss

Makanan dengan rasa pedas banyak disukai orang dan memiliki banyak kegunaan untuk tubuh. Salah satu manfaat yang paling bisa dirasakan adalah membuat badan berkeringat.

Moms saat hamil sangat menginginkan berkeringat karena sulit bergerak dengan perut yang besar.

“Ibu hamil membutuhkan rasa pedas ketika merasa kekebalan tubuhnya melemah,” ujar Kristen N. Burris seorang akupunkturis berlisensi.

Moms bisa memulainya dengan sedikit bumbu pada makanan. Namun, jangan sampai berlebihan karena bisa menimbulkan masalah pencernaan.

3. Es Krim

blur chocolate close up 1352245

Rasa manis dan dingin akan membuat Moms menjadi orang yang tidak produktif saat hamil. Bahaya bagi bayi juga akan mengalami diabetes jika Moms terus menerus mengkonsumsi gula berlebihan.

Mulai sekarang Moms bisa mengganti es krim dengan yoghurt yang rendah lemak dan lebih sehat untuk tubuh.

Baca Juga: 10 Cemilan Sehat dan Enak Untuk Ibu Hamil

4. Permen

assortment bright candy 1043519

Banyak mitos mengatakan apabila Moms menginginkan permen saat hamil artinya Moms akan punya anak dengan jenis kelamin perempuan.

Moms bisa membaca banyak mitos tentang anak yang dikandung, tetapi percayalah bahwa pemikiran yang logis menjadi lebih penting.

Permen mengandung gula yang sangat banyak dan tak jarang permen yang hanya mengandung gula dan perasa buatan.

Moms dengan tingkat konsumsi permen yang berlebihan ini banyak ditemui dan berimbas pada kondisi kandungan. Hal ini menjadi salah satu diagnosis bagi dokter untuk mengecek tanda diabetes gestasional pada anak.

Lebih baik Moms mengonsumsi banyak buah dan sayuran sebagai pengganti permen. Bisa juga minum jus buah agar lebih segar. Kalau Moms sempat ngidam makanan apa?

(GSA)

Artikel Terkait