PROGRAM HAMIL
24 Mei 2019

Ingin Hamil? Cek Segudang Manfaat Zat Besi untuk Kesuburan Wanita Ini

Perlukah minum suplemen zat besi?
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Cara paling mendasar untuk menjaga kesehatan tubuh maupun kesehatan reproduksi adalah dengan menjalankan pola makan bergizi tinggi dan mempraktikkan pola hidup sehat.

“Pelihara kesehatan tubuh dengan mengonsumsi banyak sayur, buah-buahan, gandum utuh, protein tanpa lemak, dan lemak baik,” kata Lizzy Wick, ahli nutrisi dari New Jersey, dalam situs web Healthline.

Berbagai makanan yang disebutkan Wick tersebut mengandung nutrisi penting, termasuk zat besi yang memiliki berbagai peranan dalam metabolisme tubuh.

Salah satu fungsi utama zat besi adalah membentuk hemoglobin dalam sel darah merah yang akan mengikat dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Manfaat Zat Besi untuk Kesuburan Wanita

Ingin Hamil Cek Segudang Manfaat Zat Besi untuk Kesuburan Wanita Ini 3.jpg

Selain itu, manfaat zat besi ternyata juga berpengaruh terhadap kesuburan. Sejumlah riset menemukan bahwa perempuan yang kekurangan zat besi berisiko mengalami anovulasi, yaitu kondisi tidak terjadinya ovulasi (tubuh tidak memproduksi atau melepaskan sel telur).

Karena tidak ada sel telur, maka kehamilan tidak bisa terjadi.

Tammy Lakatos Shames dan Lyssie Lakatos, ahli diet dari New York City mengatakan, perempuan umumnya paham bahwa mencukupi kebutuhan zat besi harian sangatlah penting untuk menghindari anemia dan mendukung kehamilan yang sehat.

Baca Juga: 10 Makanan Berserat Tinggi untuk Program Hamil

Tetapi, kebanyakan dari mereka tidak tahu bahwa manfaat zat besi harian sebelum konsepsi juga sama pentingnya.

“Kadar zat besi yang rendah sebelum konsepsi dapat menyebabkan jarang atau tidak terjadinya ovulasi. Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan zat besi harian sejak sebelum hamil dapat membantu menghindarkan Moms dari masalah ovulasi, serta mencegah timbulnya anemia saat Moms hamil nanti,” terang Shames dan Lakatos.

Berdasarkan panduan dari National Institutes of Health, perempuan dewasa membutuhkan zat besi sebanyak 18 miligram per hari, 27 miligram per hari saat dia hamil, dan 9 gram per hari saat ia menyusui. Nah, tak diragukan lagi, kan, Moms, manfaat zat besi untuk kesuburan?

Baca Juga: 4 Jenis Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Menjalani Program Hamil

Apa Saja Makanan Penuh Manfaat Zat Besi?

Ingin Hamil Cek Segudang Manfaat Zat Besi untuk Kesuburan Wanita Ini 2.jpg

Jenis makanan yang kaya akan zat besi antara lain:

  • Daging merah tanpa lemak
  • Kacang-kacangan
  • Hati ayam dan sapi
  • Bayam
  • Brokoli
  • Tahu
  • Salmon
  • Udang

Menurut Wick, selain menyantap makanan yang kaya akan zat besi, Moms juga dapat mencukupi kebutuhan zat besi untuk kesuburan dengan mengonsumsi multivitamin prakehamilan yang biasanya juga mengandung zat besi.

Namun, jangan langsung membelinya sendiri tanpa berkonsultasi dengan dokter. Wick menegaskan pentingnya menemui dokter dulu agar dapat diketahui apakah Moms memang perlu mengonsumsi suplemen khusus zat besi.

Baca Juga: 10 Kesalahan Yang Umum Terjadi Saat Program Hamil

Faktanya, tidak semua perempuan, termasuk yang sedang menjalani program hamil, perlu minum suplemen zat besi. Bila Moms memang perlu mengonsumsinya, dokter akan memberikan panduan dosis yang tepat sesuai kondisi Moms.

(AN)

Artikel Terkait