RUPA-RUPA
9 Juli 2019

Ingin Merasakan Sensasi Memasak Pakai Claypot? Coba Yuk

Selain lebih sehat, ada beberapa manfaat lain yang dimiliki claypot
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pernahkah Moms mencicipi masakan khas India seperti Handi Biryani atau Handi Chicken? Pernahkah Anda berpikir apa yang membuat hidangan ini memiliki aroma dan rasa yang nikmat? Ya, itu adalah hasil dari memasak menggunakan claypot. Dia juga mampu menjaga suhu makanan bertahan lebih lama.

Ada beberapa jenis claypot yang beredar di pasaran, namun lebih baik jika Moms membeli claypot tanpa glasir. Claypot dari kaca misalnya, mengandung bahan kimia berbahaya yang mengeluarkan racun saat dipanaskan atau selama proses memasak.

Jika akan menggunakan claypot untuk memasak langsung di atas api, pilihlah yang juga tahan panas. Claypot jenis ini juga bisa dipakai untuk penyajian saja. Namun sebelum dipakai, panaskan dulu claypot hingga benar-benar panas. Barulah masukkan makanan ke dalamnya.

Karena beberapa hal, kini semakin banyak orang yang memasak dengan menggunakan claypot dibanding dengan peralatan memasak pada umumnya. Kami kumpulkan beberapa manfaat masak dengan menggunakan claypot, silakan dibaca.

Claypot Menguatkan Rasa dan Aroma

menggunakan claypot

Foto: Newyork.seriouseat.com

Claypot menggunakan tanah liat yang bersifat basa. Sifat ini memungkinkannya berinteraksi dengan asam dalam makanan saat dimasak, sehingga menyeimbangkan pH-nya. Mereka tidak hanya membuat makanan lebih sehat, tetapi juga memberikan aroma yang enak. Makanan yang dimasak dalam claypot menjadi kaya akan berbagai mineral seperti zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, dan lain sebagainya.

Aroma sebenarnya dari makanan akan dipertahankan ketika memasak menggunakan claypot. Ini terjadi karena claypot yang berpori dan juga karena menggunakan proses memasak yang lambat.

Baca Juga: 9 Penemuan Alat Dapur Kekinian Ini Buat Memasak Lebih Mudah

Claypot Mempertahankan Nilai Gizi Makanan

menggunakan claypot

Foto: Giftly.com

Claypot memiliki pori yang memungkinkan panas dan kelembaban bersirkulasi secara merata selama proses memasak. Ini memungkinkan makanan mempertahankan nilai gizi lebih dari makanan yang disiapkan dalam jenis peralatan lainnya. Juga, daging yang disiapkan dalam pot tanah liat tetap berair dan empuk.

Claypot Sehat untuk Jantung

menggunakan claypot

Foto: Opimedia.azureedge.com

Penggunaan minyak yang berlebih saat memasak adalah salah satu penyebab utama kenaikan berat badan lho Moms. Jika Anda ingin membuat makanan Moms lebih sedikit minyak, maka claypot adalah salah satu pilihan terbaik karena mereka membutuhkan minyak yang sangat sedikit untuk memasak makanan.

Claypot membutuhkan waktu lebih lama untuk dipanaskan dan menggunakan proses memasak yang lebih lambat, inilah yang akan membantu mempertahankan kelembapan alami dan minyak alami yang ada dalam makanan.

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun, Minyak Paling Sehat untuk Memasak

Claypot Tidak Menguras Dompet

menggunakan claypot

Foto: Whatshelikes.in

Claypot tersedia di hampir setiap supermarket dan toko. Mereka memiliki beragam bentuk dan ukuran, sehingga Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Moms. Claypot juga memiliki harga cukup murah.

Ini memungkinkan Moms memasak makanan kaya rasa tanpa membuat kantong tipis. Memiliki beberapa ukuran claypot pun tidak akan menjadi masalah.

Hmm.. Menggiurkan bukan Moms? Jang lupa memasak dengan menggunakan claypot, agar Si Kecil juga tergoda untuk memakan makanan asli buatan Moms yang nikmat dan sehat.

(FAR/IRN)

Artikel Terkait