PASCA MELAHIRKAN
12 Januari 2020

Ingin Tubuh Kembali Ideal Pasca Melahirkan? Lakukan 4 Hal Ini

Jangan khawatir, lakukan tips berikut Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Salah satu hal umum yang sering menjadi perhatian bahkan kekhawatiran ibu baru adalah mengembalikan bentuk tubuh ideal pasca melahirkan. Ya, memiliki tubuh sempurna merupakan impian seluruh perempuan atau ibu di dunia.

Namun perlu diketahui, mengalami perubahan bentuk tubuh, termasuk meningkatnya berat badan, selama kehamilan adalah hal yang normal. Hal ini bisa saja terjadi pada Moms hingga pasca melahirkan.

Baca Juga: 5 Aktivitas bersama Bayi untuk Mengurangi Depresi Pascamelahirkan

Menurut Anna Targonskaya, MD, seorang Medical Consultant, banyak Ibu baru yang mengalami perubahan tubuh seperti, adanya stretch marks, kadar lemak dalam tubuh meningkat, hingga pinggul yang melebar. Namun jangan khawatir Moms, semua rasa kekhawatiran tersebut bisa segera diatasi.

Usaha yang Bisa Dilakukan Agar Tubuh Ideal Pasca Melahirkan

Moms bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk memiliki tubuh ideal pasca melahirkan.

1. Berjalan Kaki

crop-sportive-person-running-sidewalk_23-2147757966.jpg

Foto: freepik.com

Dikutip dari lama WebMD, berjalan kaki merupakan salah satu cara untuk mengembalikan tubuh ideal pasca melahirkan. Memang terdengar biasa dan terkesan tidak bisa mengembalikan berat badan ke angka semula.

Namun, berjalan adalah cara paling sederhana untuk mempermudah Moms kembali ke rutinitas kebugaran setelah melahirkan. Yuk, Moms luangkan waktu 15 sampai 20 menit setiap pagi untuk berjalan kaki keliling lingkungan rumah.

2. Konsumsi Makanan Sehat

assortment-different-type-baked-breads_23-2147872517.jpg

Foto: freepik.com

Tips tubuh kembali ideal setelah melahirkan yang berikutnya adalah mengonsumsi makanan sehat. Pastikan setelah memiliki buah hati Moms mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan.

Tidak hanya bisa membuat tubuh semakin sehat, tetapi juga bisa menjadi cara menurunkan berat badan sedikit demi sedikit. Hal yang paling penting, konsumsi makanan di atas membantu meningkatkan kualitas ASI Moms.

Roti gandum, jeruk, sayuran hijau, alpukat, ikan, daging sapi tanpa lemak, hingga beras merah bisa menjadi daftar makanan sehat yang bisa Moms pilih.

Baca Juga: 7 Makanan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

3. Banyak Minum Air Putih

pexels-photo-1615011.jpeg

Foto: pexels.com

Air merupakan kandungan sangat penting bagi tubuh. Mencukupi kebutuhan air sehari-hari bisa membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan meningkatkan metabolisme. Tubuh pun jadi semakin sehat dan kembali ideal setelah melahirkan.

Tidak hanya itu, air juga sangat penting untuk ibu menyusui, yaitu untuk menutup kekurangan cairan di dalam tubuh akibat ASI yang dikonsumsi Si Kecil.

Baca Juga: Tidak Hanya Minum Air Putih, Ini 6 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

4. Senam Kegel

young-woman-side-plank-pose-grey-studio-background_1163-2484.jpg

Foto: freepik.com

Senam kegel merupakan salah satu cara untuk mengembalikan tubuh ideal pasca melahirkan. Beberapa ibu baru setelah melahirkan mungkin mengalami rasa lemah pada dasar panggul. Dengan melakukan senam kegel Moms bisa meredakan masalah tersebut.

Apabila tubuh Moms sudah terasa kuat, sehat, dan mendapat izin dari dokter kandungan, sebaiknya segera lakukan senam kegel. Latihan ini dipercaya bisa membantu mengencangkan otot-otot di area panggul.

MA/KM

Artikel Terkait