BALITA DAN ANAK
17 Juni 2019

Ini 5 Aktivitas yang Dapat Membantu Mengoptimalkan Tinggi Badan Anak

Diet dan aktivitas yang tepat dapat membantu mengoptimalkan tinggi badan anak.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla

Faktor genetik memang berperan paling besar dalam menentukan tinggi badan anak, tapi bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi.

Banyak faktor eksternal lain, seperti gaya hidup, pola makan yang sehat, serta olahraga, yang dapat memengaruhi tinggi badan anak.

Dikutip dari kidshealth.org, menurut Mary L. Gavin, MD, dokter anak di Hospital for Children Wilmingtona, anak-anak cenderung tumbuh tinggi dengan kecepatan yang cukup stabil, sekitar 2,5 inci (6 hingga 7 sentimeter) setiap tahun.

Adapun untuk berat badannya, pertambahannya akan berkisar pada 2 hingga 3 kg per tahun sampai memasuki masa pubertas.

Tapi, karena pertumbuhan anak dipengaruhi oleh banyak faktor, angka tersebut tentu saja tidak bisa menjadi patokan.

Dan jika saat ini Moms bertanya-tanya seberapa tinggi Si Kecil kelak, Moms bisa memaksimalkannya lho.

Dilansir dari parenting.firstcry.com., Moms bisa mengajak anak melakukan aktivitas yang dapat membantu meningkatkan tinggi badannya ini :

1. Stretching

Aktivitas Ini Bantu Mengoptimalkan Tinggi Badan Anak 1.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Stretching atau latihan peregangan memberi dampak besar pada tinggi badan anak.

Stretching dapat membantu memperpanjang tulang belakang dan juga memperbaiki postur tubuh anak.

Stretching bisa dilakukan dengan mudah kapan saja dan di mana saja.

Minta Si Kecil berdiri di atas jari-jari kakinya dengan punggung menempel ke dinding dan regangkan otot-otot di kakinya secara bersamaan.

Stretching sederhana lainnya adalah minta Si Kecil duduk di lantai dengan kedua kakinya terpisah lebar, kemudian minta ia untuk menyentuh kedua jari kaki dengan tangannya.

2. Bergelantungan

Aktivitas Ini Bantu Mengoptimalkan Tinggi Badan Anak 2.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Tiang untuk bergelantungan atau monkey bar yang suka ada di taman bermain atau playground bisa membantu memaksimalkan tinggi badan anak.

Saat bergelantungan, bagian tulang belakang anak akan menjadi lebih lurus dan sesuai dengan posisinya, sehingga mencegah postur tubuh anak jadi membungkuk.

Selama bergelantungan, minta anak untuk melakukan gerakan pull up atau menarik tubuh ke atas untuk melatih tubuh bagian atasnya.

Gerakan ini juga menambah keseimbangan tubuh dan menstabilkan otot bagian atas, sehingga koordinasi antar otot tubuh menjadi lebih sempurna.

Baca Juga : Tinggi Badan Anak Dipengaruhi secara Genetik, Benar atau Salah?

3. Yoga

Aktivitas Ini Bantu Mengoptimalkan Tinggi Badan Anak 3.jpg

Foto: theyogainstitute.org

Gerakan yoga seperti Surya Namaskar sangat ideal dalam membantu anak-anak tumbuh tinggi.

Pose ini memungkinkan tubuh anak untuk meregang sepenuhnya dan mendorong pertumbuhan tinggi badan.

Pastikan anak melakukan latihan pernapasan sederhana sebelum memulai latihan ini.

Gerakan lainnya adalah Chakrasana, di mana anak berbaring telentang dengan kaki terbuka lebar.

Minta anak untuk menekuk lututnya hingga tumit menyentuh bokongnya, kemudian angkat dan letakkan kedua telapak tangan di samping kepala.

Sambil menarik napas, minta anak mendorong tubuhnya ke atas membuat huruf U terbalik.

4. Lompat Tali

Aktivitas Ini Bantu Mengoptimalkan Tinggi Badan Anak 4.jpg

Foto: theinspiredtreehouse.com

Lompat tali adalah salah satu permainan yang populer dan digemari anak-anak.

Gerakan melompat berulang-ulang dapat membuat tubuh meregang sehingga memicu otot dan tulangnya untuk bekerja maksimal.

Lompat tali juga merupakan latihan kardio yang akan membantu anak tetap bugar dan aktif.

Dengan begitu, diharapkan tinggi badan anak juga akan tumbuh maksimal.

5. Berenang

Aktivitas Ini Bantu Mengoptimalkan Tinggi Badan Anak 5.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Berenang adalah latihan seluruh tubuh, yang artinya semua otot di dalam tubuh bekerja dengan sangat baik.

Berenang juga dapat membantu anak untuk memangkas kelebihan lemak di tubuhnya, yang membuatnya lebih sehat secara keseluruhan.

Berenang melibatkan banyak peregangan ke depan, yang memperkuat tulang belakang dan merupakan dasar bagi tubuh yang tinggi dan sehat.

Itu dia 5 aktivitas yang bisa dilakukan agar anak tumbuh tinggi. Tunggu apalagi, Moms?

Yuk, ajak Si Kecil melakukan 5 aktivitas di atas untuk membantu mengoptimalkan tinggi badannya.

(VAN/CAR)

Artikel Terkait