KEHAMILAN
29 Juli 2019

Ini Aturan Makan Saat Trimester Kedua Agar Berat Badan Tak Berlebihan

Makanan memainkan peran penting supaya menjaga berat badan tak berlebihan
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Diet seimbang dan bergizi selama kehamilan sangat penting bagi ibu dan bayi yang sehat termasuk saat trimester kedua.

Pola makan trimester kedua yang sehat memastikan janin mendapat nutrisi yang dibutuhkan untuk berkembang dengan benar.

Makan dengan baik juga mencegah komplikasi kehamilan, termasuk kelahiran prematur, tekanan darah tinggi, dan preeklamsia.

Tak hanya itu, Moms juga harus menjaga pola makan trimester kedua agar berat badan tak berlebihan.

Menurut Center for Disease Control and Prevention, sebagaimana dikutip dari healthline.com, perempuan saat hamil kenaikan berat badan yang normal adalah 11-15 kilogram.

Maka, agar berat badan tidak berlebihan Moms jangan asal makan banyak saja tetapi perhatikan gizinya.

Baca Juga: Mengenal Kacang-Kacangan, Makanan Sehat untuk Kehamilan

Yang Harus Dimakan Saat Trimester Kedua

Ini Aturan Makan Saat Trimester Kedua Agar Berat Badan Tak Berlebihan 01.png

Sumber foto: Parent 24

Menurut Karen Gill, MD, seorang ahli gizi dari Mission Neighborhood Health Center mengungkapkan beberapa gizi yang sebaiknya dipenuhi saat trimester kedua.

“Banyak ibu hamil yang tidak memahami pentingnya gizi termasuk salah satunya zat besi,” ujarnya.

Menurutnya, zat besi membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selama kehamilan, zat besi memasok oksigen ke bayi yang sedang berkembang.

Jika kekurangan zat besi, hal itu bisa menyebabkan anemia. Kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko komplikasi, seperti kelahiran prematur dan depresi pascapersalinan.

Moms bisa mengonsumsi makanan laut, sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Saat konsumsi daging, sebaiknya jangan tanpa lemak. Hal ini dapat meningkatkan asupan zat besi sekaligus menurunkan risiko kelebihan lemak.

Berikutnya adalah protein. Saat hamil, Moms harus berusaha mengonsumsi 75 hingga 100 gram protein setiap hari untuk membantu otak bayi dan jaringan lainnya tumbuh.

Protein juga diperlukan untuk pertumbuhan rahim dan produksi ASI. Selain itu, protein juga membantu Moms untuk memenuhi energi sehari-hari tanpa mengkonsumsi makanan tinggi lemak.

Sumber protein yang baik seperti tahu dan tempe, telur, ikan yang dimasak dantidak mentah, kacang polong, kacang, dan lentil. Selain protein, yang perlu diperhatikan adalah asupan kalsium.

Baca Juga: 5 Sumber Makanan Penting Untuk Dikonsumsi Selama Trimester Kedua Agar Janin Berkembang Sempurna

Asupan yang disarankan untuk kalsium selama kehamilan adalah 1.000 mg. Siapa pun yang berusia kurang dari 18 tahun, yang sedang hamil, harus berupaya mengonsumsi 1.300 mg kalsium setiap hari.

Kalsium membantu tulang dan gigi bayi terbentuk, dan memainkan peran dalam kelancaran otot, saraf, dan sistem peredaran darah. Makanan kaya kalsium meliputi susu dan aneka olahannya seperti keju dan yoghurt.

Jenis makanan ini juga baik untuk menjaga berat badan. Moms bisa konsumsi aneka olahan susu dibarengi dengan buah-buahan.

Jenis makanan lainnya seperti telur, tahu, kacang almond, ikan sarden dan salmon (dengan tulang) serta sayuran hijau, seperti kangkung, brokoli.

Moms bisa membuka hari dengan sarapan jus buah yang diperkaya kalsium atau susu. Hal ini membantu Moms menjaga berat badan sekaligus melakukan pola makan trimester kedua yang sehat.

Terakhir Moms juga tetap membutuhkan asam folat. Makanan yang kaya akan asam folat atau folat, seperti brokoli, kacang-kacangan, lentil penting untuk dikonsumsi. Selain itu, jeruk, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau gelap mengandung folat.

Folat sangat penting selama kehamilan karena membantu mencegah cacat tabung saraf, termasuk spina bifida, dan mengurangi risiko persalinan prematur.

Sebuah studi pada 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition juga menunjukkan bahwa asam folat secara signifikan mengurangi risiko cacat jantung bawaan.

Selain deretan nutrisi di atas, Moms juga tetap perlu mengkonsumsi buah dan sayur untuk asupan vitamin. Apalagi buah sayur yang tinggi serat untuk membantu Moms cepat kenyang agar bisa menjaga kenaikan berat badan.

Pola makan seperti apa yang Moms lakukan selama trimester kedua kehamilan?

(GSA)

Artikel Terkait