PROGRAM HAMIL
28 Februari 2019

Ini Buah dan Sayuran Pantangan Ibu Hamil

Meskipun sehat, ternyata tidak semua buah dan sayur baik bagi ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

 

 

Menurut Arpita De, seorang penulis profesional di bidang kesehatan, kehamilan adalah masa-masa paling penting untuk Moms dan buah hati sehingga wanita hamil harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan apapun yang akan masuk dalam tubuh.

Meski wanita hamil harus banyak mengonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi setiap hari, ternyata ada juga jenis buah dan sayuran yang menjadi pantangan ibu hamil, karena memiliki kandungan tertentu.

Tak semua makanan berupa buah dan sayuran mengandung zat penting yang dibutuhkan oleh wanita hamil dan calon buah hati, karena kondisi tertentu juga bisa menyebabkan dua jenis makanan tersebut tidak aman dikonsumsi. Untuk lebih jelasnya, simak  beberapa jenis buah dan sayur yang harus dihindari wanita hamil berikut ini.

1. Pepaya

Buah berwarna oranye yang memiliki tekstur lembut ini rupanya tak baik lho, dikonsumsi berlebihan oleh wanita hamil yang memasuki usia kehamilan 3 dan 9 bulan.

Menurut Arpita De, buah pepaya yang sudah masak memiliki kandungan senyawa latex yang dapat meningkatkan kontraksi, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan bayi lahir prematur.

2. Nanas

Buah yang memiliki kulit tebal ini mengandung bromelain yang juga dapat memicu kelahiran bayi prematur. Oleh karena itu, wanita hamil yang memasuki masa kehamilan 3 bulan harus menghindari konsumsi nanas baik dalam bentuk buah maupun jus.

3. Kecambah dan lobak mentah

Bakteri dan kuman mampu berkembang dengan baik pada benih-benih kecambah dan lobak yang belum tumbuh, sehingga Moms perlu memasak kecambah atau lobak hingga matang sebelum menyantapnya.

Jika tidak dimasak dengan baik, kuman dan bakteri yang terdapat dalam kedua jenis sayuran ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan untuk janin.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Makan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

4. Jus atau sari buah dan sayuran yang tidak dipasteurisasi

Jus atau sari buah dan sayuran yang tidak mengalami proses pasteurisasi berpotensi memiliki kandungan bakteri dan racun yang berkembang biak di dalamnya. Jika dikonsumsi oleh wanita hamil, tentunya akan mengakibatkan masalah kesehatan baik untuk calon buah hati maupun Moms.

5. Sayuran dan buah yang tidak dicuci bersih

Buah-buahan dan sayuran yang tidak dicuci mengandung banyak toxoplasma berbahaya untuk calon buah hati dan Moms. Untuk menghindari bahaya parasit tersebut, cucilah buah dan sayur pada air mengalir dan gosok permukaannya hingga bersih tanpa perlu memakai sabun.

 

Dengan menghindari beragam jenis makanan tersebut, Moms bisa memaksimalkan pola makan sehat selama masa kehamilan tanpa perlu khawatir mengalami risiko berbahaya untuk kesehatan. Jangan lupa juga melakukan berbagai tips sehat untuk wanita hamil demi kesehatan calon buah hati dan diri sendiri.

 

(ARK)

Artikel Terkait