BALITA DAN ANAK
12 September 2019

Ini Cara Membedakan Anak Alergi Dingin atau Pilek

Alergi dingin dan pilek seringkali sulit dibedakan, ketahui perbedaannya agar tak keliru
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

“Anak saya kok sering pilek? Pileknya enggak sembuh-sembuh lho, tapi kadang muncul kadang tidak. Pilek atau pilek alergi ya?”

Umumnya, anak di bawah usia lima tahun rentan terjangkit penyakit, apalagi, batuk dan pilek. Tapi, dalam beberapa kasus tak sedikit anak-anak yang memiliki gejala pilek kambuhan.

Nah, ternyata ada dua macam pilek, yaitu pilek alergi atau yang kita kenal dengan alergi dingin dengan pilek infeksi. Kira-kira bagaimana membedakan keduanya?

Menurut Disease Control and Prevention (CDC), orang dewasa dapat berharap memiliki dua hingga tiga pilek setahun. Anak-anak kemungkinan menderita pilek bahkan lebih banyak setiap tahun. Alergi juga sangat umum terjadi, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Menurut Asthma and Allergy Foundation of America, sekitar 50 juta orang di Amerika Serikat memiliki alergi. Angka merupakan angka tertinggi di seluruh dunia. Meskipun gejalanya sering serupa, pilek dan alergi berbeda.

Kedua kondisi memiliki penyebab yang berbeda dan gejalanya bervariasi dalam jenis dan durasi. Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 7 Teh Terbaik untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Tanda Alergi Dingin atau Pilek Alergi

1. Mata dan Hidung yang Gatal

perbedaan alergi dingin dengan pilek.jpg

Mata dan hidung yang gatal dan berair sering merupakan gejala dari alergi. Moms perlu curiga Si Kecil mengalami alergi saat pilek dengan gejala ini.

Agar tidak menjadi kondisi yang lebih serius pastikan sirkulasi udara di kamar baik, usahakan agar Si Kecil tetap hangat, dan bersihkan area bermain Si Kecil terutama kamar dari debu dan kotoran.

2. Tidak Ada Demam

perbedaan alergi dingin dengan pilek pada anak 3.jpg

Dalam kondisi alergi, Si Kecil biasanya tidak menunjukkan reaksi demam. Mereka pun tampaknya akan tetap ceria dan aktif seperti biasanya.

Awalnya ia akan merasa kurang nyaman dengan kondisi ini, tapi semakin lama ia akan semakin terbiasa.

Baca Juga: Bolehkah Anak Melakukan Veneer Gigi?

3. Eksim

Beberapa orang yang terjangkit pilek alergi ini mengalami eksim. Hal ini bisa dikarenakan pengaruh cuaca.

Tanda Pilek Infeksi

1. Demam

perbedaan alergi dingin dengan pilek pada anak 4.jpg

Dikarenakan pilek yang diderita Si Kecil menandakan adanya infeksi, maka tubuhnya akan melakukan perlawanan melalui demam.

Diharapkan Moms dan Dads tidak terlalu panik dengan kondisi ini, kecuali menunjukkan adanya gejala serius, seperti kejang. Segera konsultasikan dengan dokter jika hal sebut terjadi.

2. Pegal-pegal

Sama halnya dengan orang dewasa anak-anak pun merasakan gejala ini saat pilek infeksi menyerang, maka wajar jika ia nampak rewel, lemas, dan tidak bersemangat seperti hari-hari biasanya.

Biasanya ia juga akan lebih sering tidur dan terbangun karena kurang nyaman dengan kondisi ini.

Baca Juga: Ketahui 5 Obat Alami untuk Bayi Pilek

3. Waktu dan Durasi

perbedaan alergi dingin dengan pilek pada anak 5.jpg

Seringkali ada perbedaan dalam berapa lama gejala pilek dan alergi berlangsung. Menurut CDC, gejala pilek biasanya berlangsung sekitar 7 hingga 10 hari.

Gejala alergi dapat berlangsung beberapa minggu, terutama jika alergen tetap di udara ataupun cuaca dari musim yang sedang berlangsung, sehingga terjadi secara kambuhan.

Terlepas dari alergi dingin ataupun pilek, Moms tetap harus waspada dengan kondisi keduanya saat mengalami gejala yang lebih parah, misalnya saja sesak nafas, bayi menangis sangat lama dan sulit dihentikan, dan alergi akut yang menyebabkan sinus.

Maka Moms perlu membawa Si Kecil ke dokter, agar segera dilakukan tindakan yang tepat.

(PSF/ERN)

Artikel Terkait