KEHAMILAN
14 September 2020

Ini Dia 13 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil yang Luar Biasa

Nyatanya buah pir memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Kehamilan adalah masa yang sulit, di mana diet seimbang sangat penting. Buah pir adalah buah yang lezat dan sudah ada selama ribuan tahun.

Buah yang mirip apel ini dikenal memiliki rasa ringan yang menyenangkan, rasa manis yang menggugah selera dan aroma yang harum.

Meski kaya nutrisi, beberapa rumor yang terkait dengan buah ini mungkin membuat ibu hamil berpikir ulang untuk memakannya selama kehamilan. Moms tidak perlu khawatir lagi. Karena ada manfaat buah pir untuk ibu hamil.

Pir aman dikonsumsi selama kehamilan, buah ini rendah kalori dan memiliki nilai gizi yang tinggi. Buah pir juga mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting untuk ibu hamil.

Meskipun Moms bisa makan buah pir ini secara langsung, kita juga bisa memasaknya dengan berbagai cara atau mencampurkannya dalam smoothie untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

Jangan lupa mencuci pir secara menyeluruh untuk menyingkirkan patogen berbahaya yang mungkin berada di permukaannya dan menyebabkan penyakit seperti toksoplasmosis, listeriosis, atau komplikasi kehamilan yang parah.

Meski tidak wajib, Moms juga bisa mengupas kulitnya sebelum memakan buahnya.

Ibu hamil bisa makan sekitar 1 hingga 2 buah pir berukuran sedang setiap hari. Moms juga dapat mengurangi jumlahnya jika menurut kita terlalu banyak, tetapi cobalah untuk tidak makan lebih dari dua kali sehari.

Lalu, apa saja manfaat buah pir untuk ibu hamil? Moms bisa mencari tahu lewat artikel berikut ini. Yuk kita cari tahu bersama!

Baca Juga: Beragam Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Ada ragam manfaat buah pir untuk ibu hamil yang mungkin belum Moms ketahui. Manfaat kesehatan ini akan membantu Moms memahami mengapa pir direkomendasikan dalam diet kehamilan.

1. Sumber Karbohidrat Buah

Ibu hamil harus makan untuk memberikan nutrisi bagi dua orang, dan membutuhkan lebih banyak makanan padat energi daripada makanan lainnya. Ada manfaat buah pir untuk ibu hamil yang menjadi sumber karbohidrat.

Energi sangat penting untuk semua proses tubuh, termasuk pertumbuhan janin, perkembangan kehamilan, produksi ASI dan sebagainya. Mengutip dari Firstcry Parenting, meskipun buah pir rendah kalori, buah ini masih merupakan sumber karbohidrat buah yang sehat.

2. Mengandung Vitamin C

manfaat buah pir untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah pir untuk ibu hamil selanjutnya adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Dalam satu buah pir, mengandung sekitar 10 miligram vitamin C, yang merupakan bagian signifikan dari asupan harian yang direkomendasikan yaitu 85 miligram untuk wanita hamil dan 75 miligram untuk wanita tidak hamil.

Dengan vitamin C, manfaat buah pir bisa digunakan untuk membantu tubuh kita melawan infeksi, yang mungkin terjadi dalam masa-masa stres selama kehamilan. Makan buah pir dengan makanan yang mengandung banyak zat besi, seperti nasi dan kacang-kacangan atau daging, akan membantu tubuh Moms menyerap zat besi.

Kekurangan zat besi lebih sering terjadi selama kehamilan, yang membuat asupan vitamin C lebih penting dari sebelumnya.

Baca Juga: Berapa Banyak Vitamin C yang Dibutuhkan Tubuh Dalam Sehari?

3. Mengandung Folat

Buah pir mengandung sekitar 14 mikrogram folat per buah besar, menurut USDA National Nutrient Database. Meskipun tidak terlalu banyak, ketika menyangkut folat, Moms harus mendapatkan sebanyak mungkin yang dibutuhkan selama kehamilan.

Ini menjadi manfaat buah pir untuk ibu hamil selanjutnya.

Tidak banyak makanan yang mengandung asam folat, itulah sebabnya sebagian besar dokter menyarankan agar wanita usia subur mengonsumsi suplemen yang menyediakan zat ini.

Asam folat sangat penting dalam trimester pertama kehamilan, ketika asam folat memainkan peran penting dalam pencegahan gangguan tabung saraf. Asupan folat harian yang disarankan untuk wanita hamil adalah 600 mikrogram.

4. Melawan Sembelit

manfaat buah pir

Foto: alodokter.com

Menutip dari Mom Junction, manfaat buah pir untuk ibu hamil selanjutnya adalah melawan sembelit. Hal ini dikarenakan buah pir adalah sumber serat yang baik yang melawan sembelit, masalah umum yang terjadi selama kehamilan.

Sembelit menjadi akut dengan asupan suplemen zat besi. Satu buah pir mengandung 7gm serat, termasuk 2gm pektin (serat larut yang membantu pencernaan). Ibu hamil harus makan pir bersama kulitnya untuk mengonsumsi lebih banyak serat.

5. Menjaga Kadar Gula Darah

Rasa uah pir hijau memang sedikit manis namun memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga sangat baik untuk anda yang memiliki penyakit kadar gula darah berlebih atau kencing manis sehingga dapat mengontrol kadar gula darah ibu hamil.

Tidak hanya ada manfaat buah pir untuk ibu hamil, tetapi buah pir juga rendah kandungan gula.

Baca Juga: 5 Pengobatan Alami untuk Sembelit Bagi Ibu Hamil

6. Mengandung Kalium di Dalamnya

manfaat buah pir

Foto: babyprepping.com

Manfaat buah pir untuk ibu hamil yaitu adanya kandungan kalium.

Pir mengandung kalium dalam jumlah kecil, tetapi masih bertanggung jawab atas beberapa fungsi tubuh di tingkat sel dan jaringan. Kalium ini memiliki manfaat untuk:

  • Membantu dalam pemeliharaan tingkat tekanan darah serta kesehatan jantung pada wanita hamil dan janinnya.
  • Membantu menyeimbangkan elektrolit yang ada dalam darah serta cairan jaringan, menjaga tubuh berfungsi secara efisien.
  • Mengurangi kemungkinan kram kaki dan perut.
  • Menstabilkan sistem saraf, sehingga meningkatkan fungsi motorik dan koordinasi.

7. Sumber dari Vitamin A

Manfaat buah pir untuk ibu hamil selanjutnya adalah kaya akan vitamin A, yang sangat penting selama kehamilan sejak trimester pertama hingga persalinan.

Kekurangan nutrisi ini bisa menyebabkan masalah yang parah selama kehamilan. Berikut beberapa manfaat Vitamin A:

  • Vitamin A membantu dalam membangun sistem kekebalan dalam hubungannya dengan nutrisi lain dan mengurangi kemungkinan tertular penyakit menular. Ini berasal dari beta-karoten, yang membantu mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri patogen.
  • Diketahui untuk meningkatkan kesehatan visual dan meningkatkan perkembangan mata pada janin.
  • Vitamin A diketahui mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin. Misalnya, sistem pernapasan, sistem saraf, sistem peredaran darah, dll. Selanjutnya, organ seperti ginjal dan tulang juga membutuhkannya untuk perkembangan yang tepat.

Baca Juga: 19 Buah untuk Ibu Hamil yang Segar dan Menyehatkan

8. Memiliki Kandungan Tembaga dan Magnesium

manfaat buah pir

Foto: parents.com

Tembaga dan magnesium adalah mikronutrien yang berperan penting dalam kehamilan, ini menjadi manfaat buah pir untuk ibu hamil. Mengapa penting? Berikut beberapa manfaat kedua zat di bawah ini untuk kehamilan kita:

Tembaga membantu dalam produksi sel darah merah, bersama dengan zat besi dan Vitamin B. Hal ini penting karena wanita hamil memiliki lebih banyak satu liter darah daripada orang dewasa yang tidak hamil.

  • Tembaga bermanfaat dalam perkembangan dan fungsi beberapa organ serta membantu menjaga kesehatan saraf dan pembuluh darah.
  • Tembaga diperlukan dalam pemeliharaan sistem kerangka secara terus menerus, sehingga memperkuat tubuh.
  • Magnesium penting untuk merilekskan otot tubuh selama kehamilan, sehingga mengurangi stres dan kelelahan fisik.
  • Kedua zat ini juga membantu dalam meningkatkan kualitas tidur.

9. Diperkaya dengan Vitamin B6

Vitamin B adalah seperangkat nutrisi penting untuk wanita hamil. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan cacat janin. Vitamin penting dari vitamin B adalah Vitamin B6. Berikut beberapa manfaatnya bagi ibu dan bayi:

  • Vitamin B6 membantu pertumbuhan jaringan saraf janin.
  • Jenis vitamin ini membuat tubuh tetap sehat dengan mengatur respons imun terhadap infeksi.
  • Vitamin B6 mengurangi frekuensi gejala kehamilan seperti mual dan muntah, yang umum terjadi selama trimester pertama.

Moms bisa merasakan manfaat buah pir untuk ibu hamil dengan kandungan vitamin B6 yang dimiliki.

Baca Juga: Cegah Si Kecil Susah BAB, Cukupi Kebutuhan Serat Anak

10. Sumber Serat yang Baik

manfaat buah pir untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Serat sangat penting untuk berfungsinya sistem pencernaan. Ibu hamil pasti akan mengalami banyak masalah pencernaan karena penyempitan ruang akibat pertumbuhan janin. Diet kaya serat membantu meringankan sembelit dan kembung.

Konsumsi serat pada wanita hamil telah dikaitkan dengan pengaturan tekanan darah dan menurunkan hipertensi selama kehamilan. Ini menjadi manfaat buah pir untuk ibu hamil selanjutnya.

Ketika tingkat tekanan darah dipertahankan dan ada keseimbangan natrium-kalium, itu bisa menurunkan kemungkinan berkembangnya kondisi seperti preeklamsia.

11. Menangkal Radikal Bebas

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini keberadaan radikal bebas tidak bisa dihindari. Radikal bebas seperti asap rokok, asap pabrik kendaraan, makanan berlemak, makanan higienis belum menjadi hal yang umum saat ini.

Namun sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit.

Manfaat buah pir untuk ibu hamil yaitu pir hijau mengandung vitamin C, vitamin K dan tembaga yang berfungsi sebagai antioksidan alami bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas aneh yang masuk ke dalam sel tubuh.

Baca Juga: Apakah Ibu dengan Penyakit Jantung Bisa Hamil?

12. Mencegah Penyakit Jantung

manfaat buah pir untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan serat yang tinggi pada buah pir berwarna hijau tidak hanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan tetapi juga sangat baik untuk membantu menurunkan kolesterol dalam pembuluh darah.

Hal ini tentunya menjadi manfaat buah pir untuk ibu hamil karena dapat membantu mencegah penyakit jantung akibat penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah pir berwarna hijau ini akan membantu mengurangi risiko stroke hingga 30%.

13. Mencegah Penyakit Kanker

Serat juga memiliki manfaat lain yaitu zat karsinogenik untuk mengikat dan membuangnya dari tubuh. Zat karsinogenik tidak terlalu baik karena bisa memicu tumbuhnya kanker seperti kanker usus besar.

Jika mengkonsumsi buah pir hijau sebanyak 1 buah setiap hari akan dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara sebanyak 34% pada wanita yang telah memasuki masa menopause.

Selain mengonsumsi buah pir segar dan merasakan manfaat buah pir untuk ibu hamil, Moms juga bisa mengonsumsinya saat hamil dengan cara berikut ini:

  • Jadikan sebagai pir panggang: pir bisa dipanggang dengan kacang, kayu manis, dan gula merah di dalam oven. Atur suhu pada 180 derajat dan panggang selama 15 menit sampai setiap sisinya berwarna cokelat keemasan.
  • Konsumsi pir mentah: pir juga terasa paling enak bila dikonsumsi mentah. Jadi lanjutkan dan sertakan 1-2 buah pir dalam diet kehamilan Moms setiap harinya.

Pir aman dikonsumsi dalam banyak kondisi, tetapi makan berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Inilah yang perlu Moms waspadai agar bisa menikmati buah dan tetap sehat.

  • Cuci buah hingga bersih sebelum memakannya untuk menghilangkan kotoran dan mikroba yang mungkin terbawa dalam buah.
  • Makan terlalu banyak buah pir dapat menyebabkan masalah lambung seperti kembung, diare, dan muntah.
  • Batasi jumlahnya jika Moms menderita diabetes.
  • Pir mentah memiliki serat keras yang dapat menyebabkan masalah perut, jadi makanlah hanya buah pir matang yang berwarna kuning atau oranye kemerahan.

Pir adalah salah satu buah paling populer dan sehat. Jenis buah ini sangat bergizi, terutama untuk ibu hamil. Selama Moms mengonsumsi buah pir dalam jumlah terbatas dan melakukan tindakan pencegahan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Moms tidak perlu khawatir untuk memakan buah tersebut saat hamil.

Itu dia Moms beberapa manfaat buah pir untuk ibu hamil. Sekarang Moms sudah tidak perlu ragu lagi untuk makan buah pir ya.

Artikel Terkait