KESEHATAN
28 Januari 2020

7 Obat Alami untuk Mengatasi Demam Berdarah

Tahukah Moms penyakit ini pun bisa diobati dengan bahan-bahan alami?
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Moms, musim penghujan tentu meningkatkan beberapa resiko penyakit. Di antaranya yang paling ditakutkan adalah penyakit DBD. Penyakit DBD bisa berkembang karena genangan air sisa hujan menjadi tempat tinggal dari nyamuk Aedes Aegypti.

World Health Organization (WHO) mengestimasti ada sekitar 50-100 juta orang terinfeksi penyakit DBD di seluruh dunia setiap tahunnya. Ini setara dengan dua per lima dari populasi dunia atau 2,5 milyar yang memiliki resiko penyakit yang ditularkan oleh nyamuk ini.

Obat Alami Mengatasi Demam Berdarah

Ketika terkena penyakit DBD, Moms pasti sudah memakan beberapa obat yang disarankan oleh dokter. Tapi, tahukah Moms pengobatan dengan bahan alami pun bisa mempercepat proses pemulihan.

Bahan-bahan alami tersebut pun bisa ditemukan dengan mudah bahkan menjadi bagian dari konsumsi sehari-sehari. Apa saja bahan alami untuk mengatasi demam berdarah? Berikut daftarnya.

Baca Juga: 6 Cara Mengobati Asma secara Alami

1. Daun Pepaya

Daun Pepaya

Obat alami untuk mengatasi demam berdarah yang pertama adalah daun pepaya. Daun papaya diyakini menjadi salah satu yang terbaik serta terefektif untuk pengobatan bahan alami melawan penyakit DBD.

Cara mempersiapkan daun papaya untuk bahan alami ini, cuci dan potong daun papaya di sebuah mangkok, tambahkan segelas air ke dalamnya. Hancurkan secara kasar untuk membuat pasta encer. Kemudian, saring airnya dan minum langsung.

Medical Research dan Rumah Sakit Tengku Ampuan Rahimah, Selangor, melaporkan, para pasien yang diberikan jus daun papaya memperlihatkan penyembuhan lebih cepat sekitar 40 jam setelah diberikan jus. Kondisi ini agak berbeda dengan pasien yang hanya menerima pengobatan biasanya.

2. Kunyit dan Lada Hitam

Kunyit dan Lada Hitam

Obat alami untuk mengatasi demam berdarah yang selanjutnya adalah kunyit dan lada hitam. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Endodontics mengungkapkan bahwa campuran kunyit dan lada bagus untuk imunitas tubuh.

Kedua bahan yang disebut dengan istilah superfood ini memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan antivirus tersebut mampu menghilangkan infeksi serta melawan virus.

Caranya tinggal dicampurkan ke setiap makanan yang sudah Moms persiapkan atau disuguhkan dengan susu hangat untuk mempercepat penyembuhan.

Baca Juga: Meningkatkan Kesuburan, Calon Ibu Hamil Perlu Banyak Makan Buah

3. Delima dan Labu

Delima dan Labu

Obat alami untuk mengatasi demam berdarah yang selanjutnya adalah delima dan labu. Baik delima maupun labu sama-sama merupakan buah yang mudah ditemukan di pasar maupun supermarket. Mengonsumsi keduanya mempercepat penyembuhan dari infeksi.

Bagus untuk dimakan langsung atau dibuat menjadi jus, buah-buah tersebut mampu memompa trombosit dikarenakan adanya asam ellagic di dalamnya.

4. Beetroot dan Lemon

Beetroot and Lemon.jpg

Obat alami untuk mengatasi demam berdarah yang selanjutnya adalah beetroot dan lemon. Dilansir dari laman Boldsky¸ beetroot kaya akan sifat antioksidan serta homeostatis. Sedangkan, lemon yang berisikan vitamin C terdiri dari asam askorbat dan sitrat. Keduanya diyakini mampu meningkatkan jumlah trombosit.

Cara mempersiapkannya bisa di jus. Tapi, tak hanya menghidrasi tubuh, kedua buah itu juga mampu meningkatkan penyerapan zat besi ke dalam tubuh.

Baca Juga: Mimpi Melahirkan Bayi Perempuan Atau Laki-Laki, Apa Artinya?

5. Daun Basil

Daun Basil

Obat alami untuk mengatasi demam berdarah yang selanjutnya adalah daun basil. Daun ini memiliki kandungan antibacterial serta bisa melancarkan sirkulasi darah yang mampu mengeluarkan keringat.

Caranya, rebus 10 hingga 15 daun basil di air, dinginkan, dan minum air daun basil tersebut sekitar dua hingga tiga kali dalam sehari.

6. Bawang Putih

Bawang putih.jpg

Obat alami untuk mengatasi demam berdarah yang selanjutnya adalah bawang putih. Menurut laman Boldsky, bawang putih mengandung tromboksan A2 yang mengikat trombosit serta meningkatkan jumlahnya. Caranya, cukup tambahkan bawang putih dalam masakan sehari-hari.

Baca Juga: Ini 3 Kondisi yang Bisa Menyebabkan Keguguran

7. Perbanyak Minum Air

file-20180419-163991-13qaeez.jpg

Obat alami untuk mengatasi demam berdarah yang selanjutnya adalah perbanyak air minum. Terakhir, yang paling penting adalah pasien demam berdarah harus menjaga diri agar tetap terhidrasi sepanjang waktu.

Sehingga, minum air yang cukup dapat membersihkan sistem percernaan serta membuang racun serta bisa mengaktifkan pelatihan trombosit.

Nah, itulah beberapa obat alami untuk mengatasi demam berdarah. Ternyata tidak sulit didapatkan ya Moms.

(WAR/ERN)

Artikel Terkait