GAYA HIDUP
23 September 2019

Ini Dia Penyebab dan Jenis-jenis Kanker Tenggorokan

Yuk, kenali penyebab dan gejala kanker tenggorokan berikut ini!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Kanker tenggorokan adalah salah satu penyakit yang berbahaya. Penyebabnya berbagai macam, mulai dari dari gaya hidup hingga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Salah satu penyebabnya yang seringkali tidak disadari adalah minum alkohol.

"Banyak orang tidak mengaitkan bir, wine, dan minuman keras lainnya dengan peningkatan risiko kanker semasa hidupnya, tetapi hal ini sebenarnya memiliki kaitan yang sangat kuat," ujar dokter Bruce Johnson, presiden dari American Society of Clinical Oncology (ASCO) di Amerika.

Yang paling berberbahaya, orang yang terkena penyakit kanker, khususnya kanker tenggorokan, tidak sadar bahwa dirinya sudah mengidap penyakit tersebut. Sebab, kanker tenggorokan, yang termasuk kanker kepala dan leher, punya gejalanya tidak dapat dideteksi secara dini.

Kalau begitu sebaiknya Moms dan Dads kenali penyebab dan gejala penyakit berbahaya yang satu ini!

Baca Juga: Minuman Herbal Pencegah Kanker Terpopuler

Penyebab Kanker Tenggorokan

Minuman Beralkohol

kesehatan, gaya hidup, kanker tenggorokan

Foto: Freepik.com

Semakin sering Moms dan Dads mengonsumsi minuman beralkohol semakin tinggi pula risiko Moms dan Dads terkena kanker tenggorokan.

"Berita baiknya adalah sama seperti orang yang memakai sunscreen untuk membatasi risiko kanker kulit, maka membatasi asupan alkohol juga merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko kanker secara keseluruhan," kata dokter Noelle LoConte, profesor rekanan dari University of Wisconsin, Amerika.

Cancer Research UK juga menyatakan bahwa mengonsumsi alkohol selama satu tahun berhasil menyebabkan 11.900 kasus kanker di Inggris. Sehingga sangat disarankan agar Moms dan Dads mulai mengurangi kebiasaan ini.

Rokok

kesehatan, gaya hidup, kanker tenggorokan

Foto: Freepik.com

Moms atau Dads adalah perokok aktif? Jika iya, ada baiknya untuk mulai mengurangi kebiasaan tersebut. "Merokok adalah penyebab utama kanker dan penyebab utama kematian akibat kanker," kata Peggy Lang, MSN, CRNP, koordinator program Thoracic Oncology dari Johns Hopkins Sidney Kimmel Comprehensive Cancer Center, Amerika.

Ia pun menambahkan hanya dengan hidup bersama perokok dan menjadi perokok pasif sudah meningkatkan peluang Moms dan Dads terkena kanker paru-paru atau penyakit jantung sebanyak 30 persen.

Virus HPV

kesehatan, gaya hidup, kanker tenggorokan

Foto: Freepik.com

Infeksi virus yang satu ini tak hanya menyerang area genital saja, tetapi juga tenggorokan Moms dan Dads. Salah satu korbannya adalah aktor Hollywood, Michael Douglas.

"Hal ini tidak lagi mengejutkan bagi siapa pun yang mempelajari penyakit menular. Ada peningkatan besar pada kanker yang berhubungan dengan HPV, dan salah satu yang utama adalah kanker tenggorokan," jelas dokter Marc Siegel, profesor kedokteran di NYU Langone Medical Center, New York.

Virus HPV bisa menjadi salah satu penyebab kanker tenggorokan melalui aktivitas oral seks, khususnya untuk mereka yang aktif dan sering berganti pasangan. Oleh sebab itu pemberian vaksin HPV sangat penting sebagai tindakan pencegahan.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Saat Oral Seks, Termasuk Bahayanya Jika Meniup Miss V Saat Bercinta

GERD

kesehatan, gaya hidup, kanker tenggorokan

Foto: Freepik.com

Dalam beberapa penelitian dinyatakan bahwa Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker tenggorokan. GERD terjadi ketika asam yang mencerna makanan di perut naik ke esofagus.

GERD juga bisa disebabkan karena kerusakan katup yang menghubungkan kerongkongan ke perut atau karena kondisi yang disebut hiatal hernia, yaitu ketika bagian atas lambung mendorong ke atas melalui diafragma dan dada. Jika ini diderita dalam waktu yang lama, maka GERD bisa berkembang menjadi Barrett’s esophagus.

"Ketika esofagus terus tersiram asam dari lambung, maka secara otomatis ia melindungi diri dan sel-sel di sekitar lapisannya mulai berubah. Perubahan inilah yang dapat berkembang menjadi kanker," jelas dokter Daniela Molena, ahli bedah dari Memorial Sloan Kettering Cancer Center, Amerika.

Jenis-jenis Kanker Tenggorokan dan Gejalanya

kesehatan, gaya hidup, kanker tenggorokan

Foto: Freepik.com

  1. Laryngeal Cancer (Bagian pita suara): Lebih banyak diderita pria daripada wanita, terdapat benjolan di leher, nyeri di telinga, suara berubah jadi serak, dan batuk tak kunjung henti.
  2. Hypopharynx Cancer (Bagian bawah tenggorakan): Benjolan di leher, sulit atau sakit saat menelan, perubahan suara, dan sakit di bagian telinga.
  3. Oropharyngeal Cancer (Bagian tengah tenggorokan): Sakit pada tenggorokan, suara berubah jadi serak, terdapat benjolan di leher, terdapat bercak merah atau putih pada tenggorokan, kesulitan dalam menelan.
  4. Nasopharyngeal Cancer (Bagian atas tenggorokan): Pembengkakan di leher yang tak kunjung hilang, gangguan pendengaran di salah satu telinga, tinnitus, hidung berdarah, infeksi telinga, mati rasa di bagian bawah wajah, kesulitan saat menelan, sakit kepala yang tidak hilang.

Baca Juga: Susah Menelan Saat Radang Tenggorokan, Coba 8 Makanan Ini!

Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jaga kesehatan tenggorokan Moms dan Dads dengan pola hidup sehat dan terus menjaga kesehatan mulut setiap hari.

(ERN/KM)

Artikel Terkait