3-5 TAHUN
30 Juli 2019

Inilah 4 Manfaat Protein untuk Tumbuh Kembang Anak

Tanpa protein, pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil bisa terganggu.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Mengonsumsi variasi makanan sumber protein, baik protein hewani ataupun protein nabati, sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

Protein terdiri dari bahan penyusun yang disebut asam amino. Ada 20 asam amino yang dibutuhkan manusia, di mana 9 di antaranya termasuk dalam kategori esensial.

Artinya, tidak mampu dibuat oleh tubuh - dan oleh karena itu harus dipenuhi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Dilansir dari parentcircle.com, makanan yang mengandung semua 9 asam amino esensial disebut sebagai protein lengkap. Protein lengkap ini diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh normal.

Sedangkan makanan yang hanya mengandung beberapa asam amino esensial disebut protein tidak lengkap. Fungsinya adalah mendukung pemeliharaan jaringan yang normal, tetapi tidak mendukung pertumbuhan.

Protein setelah diserap dari makanan, akan bertahan selama 3 sampai 5 jam. Itu sebabnya, Si Kecil perlu mengonsumsi protein setiap kali makan.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Minuman Protein Nabati untuk Kebugaran dan Kecantikan!

Tapi memenuhi kebutuhan protein untuk Si Kecil sebenarnya tidaklah sulit. Menurut Sarah Remmer, ahli gizi yang memiliki spesialisasi dalam nutrisi keluarga mengatakan bahwa anak dapat memenuhi kebutuhan protein hariannya melalui makanan.

"Protein tak hanya ada pada daging dan unggas. Biji-bijian, susu, kacang-kacangan, mentega, telur, bahkan sayuran, semuanya mengandung protein," katanya seperti dikutip dari www.parents.com.

Jadi, jangan sampai Si Kecil kekurangan nutrisi makro yang sangat penting ini, ya, Moms. Dan supaya Moms lebih yakin mengenai manfaat protein, ini dia yang akan didapat oleh Si Kecil jika ia mengonsumsi protein dalam jumlah cukup:

1. Membantu Pertumbuhan

Protein membantu dalam semua proses pertumbuhan, mulai dari pembentukan kulit, rambut, dan kuku, serta untuk memastikan setiap sel dalam tubuh Si Kecil menerima pasokan oksigen sebagai salah satu syarat tumbuh.

Baca Juga: Ini 4 Alasan Kenapa Kita Harus Makan Tempe Dibanding Protein Lain

2. Memperbaiki Jaringan Tubuh

Inilah 4 Manfaat Protein untuk Tumbuh Kembang Anak 02.jpg

Foto: pixabay.com

Protein penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh dan mempertahankan pertumbuhan sel. Misalnya ketika Si Kecil sakit, protein akan memastikan jaringan tubuh yang rusak akan segera diganti, dan pertumbuhan sel tetap berlangsung.

3. Memproduksi Zat yang Diperlukan Tubuh

Inilah 4 Manfaat Protein untuk Tumbuh Kembang Anak 03.jpg

Foto: pixabay.com

Protein membuat hormon, enzim, darah, sumsum tulang, dan semua bahan yang diperlukan ketika pertumbuhan terjadi - baik selama masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa.

Baca Juga: 5 Makanan Tinggi Protein Ini Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

4. Sumber Energi

Inilah 4 Manfaat Protein untuk Tumbuh Kembang Anak 04.jpg

Foto: pixabay.com

Protein memberikan energi tambahan ketika asupan karbohidrat dan lemak tidak mencukupi. Namun, lemak dan karbohidrat tidak dapat menggantikan protein karena mereka tidak memfasilitasi perbaikan dan pertumbuhan sel.

Itulah manfaat protein dalam tumbuh kembang Si Kecil. Oleh karena itu, pastikan Si Kecil mengonsumsi berbagai variasi makanan kaya protein setiap hari agar protein tetap berfungsi secara konstan mengganti dan memperbaiki sel dan jaringan di dalam tubuh.

Masa bayi, masa kanak-kanak, dan masa remaja adalah fase pertumbuhan, di mana protein memainkan peran besar. Jika ada defisit yang konsisten dalam asupan protein selama masa-masa ini, konsekuensinya dapat berefek seumur hidup, lho, Moms.

(VAN)

Artikel Terkait