KEHAMILAN
22 Juli 2019

Jangan Panik, Ini Cara Mencegah Stretch Mark saat Hamil

Hati-hati muncul stretch mark saat hamil, segera cegah dengan beberapa cara berikut. Ini ulasannya!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Masa kehamilan adalah proses yang menjadi pengalaman tersendiri bagi setiap perempuan yang mengalaminya. Seorang ibu harus beradaptasi dengan banyak perubahan yang terjadi saat hamil, baik secara fisik maupun psikis.

Salah satunya adalah perubahan struktur penunjang kulit yang dapat menimbulkan beberapa masalah kulit. Meskipun tidak berbahaya, namun masalah kulit ini dapat mengganggu penampilan dan membuat diri merasa tidak nyaman.

Stretch mark adalah masalah kulit yang umum dialami perempuan saat hamil hingga usai melahirkan. Penyebab utama munculnya stretch mark adalah akibat kulit yang meregang saat ukuran perut Moms membesar. Selain itu, faktor perubahan dan peningkatan hormon pada ibu hamil juga dapat menyebabkan stretch mark.

Sebenarnya tak hanya ibu hamil, perempuan yang mengalami penambahan atau penurunan berat badan secara drastis juga berisiko mengalami stretch mark. Meskipun begitu, kondisi ini nyatanya tidak dipengaruhi faktor genetik, Moms.

Stretch mark biasanya timbul di area perut, paha, bokong, lengan atas, dan payudara. Stretch mark akan terlihat seperti garis, kerutan, atau guratan berwarna ungu-kemerahan, yang jelas warnanya berbeda dengan warna kulit,” ungkap dr. Gloria Novelita, dokter spesialis kulit dan kelamin saat bincang-bincang bersama Kulwap Orami Community, Kamis (18/4) lalu.

Menurut dr Gloria, stretch mark akan terlihat jelas pada trimester ketiga kehamilan, seiring dengan pertambahan berat badan dan ukuran organ.

Stretch mark dapat memudar seiring dengan berjalannya waktu seusai melahirkan dan memiliki warna yang hampir sama seperti semula. Namun, setiap perempuan tentunya mengalami kondisi yang berbeda. Untuk itu, lebih baik untuk mencegah stretch mark daripada mencari cara untuk menghilangkannya.

Tapi, bagaimana cara mencegah stretch mark saat hamil? Yuk kita cari tahu di bawah ini Moms!

Baca Juga: 11 Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Bahan Alami

1. Jaga Kelembapan Kulit saat Hamil

Kenali Cara untuk Mencegah Stretch Mark saat Hamil-2.jpg

Foto: parenting.firstcry

Cara mencegah stretch mark saat hamil yang pertama adalah dengan menjaga kelembapan kulit. Stretch mark sayangnya lebih mudah dicegah daripada dihilangkan. Moms bisa menjaga kelembapan dan elastisitas kulit untuk mencegah munculnya stretch mark.

"Caranya dengan memakai oil atau body butter untuk membantu agar kulit selalu lembap dan elastis sehingga tidak mudah pecah saat membesar,” lanjut dr. Gloria, yang saat ini aktif praktik di RS Mitra Keluarga Bintaro ini.

2. Gunakan Pelembap sejak Awal Kehamilan

Kenali Cara untuk Mencegah Stretch Mark saat Hamil-1.jpg

Foto: sleepauthority

Cara mencegah stretch mark saat hamil yang selanjutnya adalah menggunakan pelembap sejak awal kehamilan. Sebaiknya, Moms mulai menggunakan pelembap tersebut sejak dari usia kehamilan awal di bagian tubuh yang rentan mengalami stretch mark.

Selain itu, cara lainnya yang bisa Moms lakukan adalah menjaga kenaikan berat badan agar tidak terjadi secara drastis melainkan secara bertahap. Penambahan berat badan ibu hamil yang ideal adalah 0,4-2.2 kg saat trimester pertama, dan kemudian dilanjutkan 0,4 kg setiap minggu setelahnya.

Stretch mark juga masih dapat muncul setelah melahirkan dan proses menyusui, jadi tetap gunakan pelembap tersebut. Jika Moms ingin melakukan perawatan kulit untuk menghilangkan stretch mark, perawatan idealnya dengan laser dan platelet rich plasma (PRP).

Baca Juga: 10 Fakta Seputar Stretch Mark Pada Ibu Hamil

3. Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

pregnant-woman-holding-fruit-including-apples-and-oranges-by-tummy-bump.jpg

Foto: Medicalnewstoday.com

Cara mencegah stretch mark saat hamil yang selanjutnya adalah banyak mengonsumsi buah dan sayur. Selain menjaga dan merawat kulit dari luar, hal yang tak boleh dilewatkan adalah merawat kulit dari dalam.

Caranya sederhana yaitu dengan memerhatikan makanan yang kita konsumsi. Perhatikan setiap jenis makanan supaya mencukupi gizi dengan sumber makanan yang tepat.

Perbanyak makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang dapat membantu pembentukan kolagen dan menjaga elastisitas kulit.

4. Batasi Konsumsi Gula dan Lemak

609547289-H.jpg

Foto: Parenting.firstcry.com

Cara mencegah stretch mark saat hamil yang selanjutnya adalah batasi konsumsi gula dan lemak. Tak hanya itu, batasi pula konsumsi makanan dengan kadar lemak atau gula berlebih karena bisa memicu penambahan berat badan ibu hamil secara drastis.

Penambahan berat badan tersebut bisa menimbulkan stretch mark di beberapa bagian tubuh Moms.

Baca Juga: Stretch Mark Setelah Melahirkan? Ini Cara Alami Menghilangkannya

Stretch mark adalah masalah kulit yang umum dialami oleh ibu hamil, namun tak ada salahnya untuk mencari cara agar mengetahui pencegahan yang tepat.

Rawat kulit dengan baik agar Moms mampu menjalani masa kehamilan dengan percaya diri dan bahagia! (DG)

Artikel Terkait