FASHION & BEAUTY
29 Juli 2019

7 Jenis Essential Oil untuk Menyamarkan Bekas Luka

Minyak Vitamin E dapat mencegah jaringan parut
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh Dina Vionetta

Memiliki bekas luka di tubuh umumnya akan membuat seseorang merasa tak nyaman dan kurang percaya diri. Ada banyak obat untuk menyamarkan bekas luka yang beredar di pasaran. Namun, obat-obat tersebut mengandung bahan kimia.

Tapi, Moms jangan khawatir. Dikutip dari Healthline.com, Dr Cynthia Cobb, dokter spesialis kulit dan kecantikan, mengatakan bahwa ada juga kok cara lain untuk menyamarkan bekas luka tanpa bahan-bahan kimia, salah satunya dengan essential oil.

Beberapa jenis essential oil dipercaya bisa membantu menyamarkan bekas luka lho Moms. Apa saja? Yuk kita cari tahu!

1. Rosehip Oil

original certified organic co2 rosehip oil

Foto: Notonthehighstreet.com

Rosehip dapat digunakan untuk memperbaiki kondisi kulit Moms, merawat bekas luka, keriput, dan jerawat. Penelitian menemukan bahwa rosehip dapat menghilangkan bekas luka pasca operasi.

Seseorang yang menggunakan minyak ini dua kali sehari selama 12 minggu mengalami perubahan yang cukup siginifikan pada bekas luka. Namun, perlu diperhatikan juga, jangan gunakan jika Moms menderita diabetes, batu ginjal, atau anemia.

Baca Juga: Apakah Bisa Mengatasi Pilek Anak dengan Essential Oil?

2. Vitamin E Oil

vitamin e nice 1024x1024@2x

Foto: Kateblanccosmetics.com

Minyak vitamin E dapat mencegah jaringan parut dengan membantu kulit moms mempertahankan kelembaban sambil meningkatkan produksi kolagen. Minyak ini juga membantu melindungi kulit Moms dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Penelitian menunjukkan efektivitas minyak vitamin E dalam mengobati bekas luka. Moms mungkin mulai melihat hasilnya setelah beberapa minggu penggunaan, tetapi tenang saja karena minyak ini dapat digunakan dalam waktu lama.

3. Geranium Oil

geranium doterra web

Foto: Heikedittmers.com

Minyak geranium bermanfaat dalam mengobati bekas luka dengan menghilangkan peradangan, menghilangkan warna kulit, dan mendorong pertumbuhan sel baru. Sifat penyembuhan luka antiseptik, antimikroba, dan antibakterinya dapat membantu bekas luka menjadi samar.

Penelitian menemukan bahwa minyak mawar geranium efektif dalam mencegah dan mengobati kondisi kulit yang meradang. Mungkin diperlukan setidaknya sebulan untuk melihat hasilnya dengan minyak geranium.

Gunakan minyak geranium dengan hati-hati jika Moms memiliki tekanan darah tinggi atau risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Potret Lucu 7 Anak Artis Pakai Minyak Kemiri, Betulkah Bisa Melebatkan Rambut?

4. Lavender Oil

1.lavender essential oil

Foto: Upnature.com

Minyak lavender dapat membantu mencegah jaringan parut dengan mendorong pertumbuhan sel dan jaringan. Minyak ini memiliki sifat antibiotik, antioksidan, dan antiseptik.

Menurut sebuah studi, minyak lavender menunjukkan proses penyembuhan luka dan menunjukkan potensi untuk digunakan sebagai perawatan alami untuk membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Selain itu, minyak lavender juga dapat membantu penyembuhan luka dengan meningkatkan kolagen dan jaringan regenerasi, terutama pada fase awal perawatan.

5. Coconut Oil

s l1600

Foto: ebay.com

Minyak kelapa mengandung asam lemak dan zat gizi mikro yang dapat membantu membalikkan kerusakan kulit. Sifat antioksidan dan anti-inflamasinya membantu mencegah dan menyembuhkan kondisi kulit.

Minyak kelapa juga dapat meningkatkan produksi kolagen, membantu kulit mempertahankan kelembaban, dan melembutkan kulit. Penelitian menemukan bahwa aplikasi topikal minyak kelapa pada luka memiliki efek positif pada proses penyembuhan.

Baca Juga: Layak Dicoba, 7 Essential Oil Ini Bisa Bantu Tingkatkan Kesuburan Pria

6. Tea Tree Oil

1.tea tree essential oil

Foto: Upnature.com

Tea tree memiliki potensi penyembuhan yang sangat besar karena efek antivirus, antibakteri, dan antijamurnya. Aktivitas antioksidan dan antimikroba dari minyak ini dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Tak hanya itu, tea tree juga memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan sangat membantu ketika Moms merawat luka dan bekas luka. Minyak tea tree relatif murah dan tersedia untuk dibeli secara online.

7. Almond Oil

almond oil and almonds 1296x728

Foto: Healthline.com

Minyak almond memiliki banyak manfaat bagi kulit dan dapat membantu mengurangi bekas luka. Minyak almond mengandung vitamin E, yang membantu melembabkan, menenangkan, dan melembabkan kulit kering atau rusak.

Ada beberapa bukti bahwa minyak almond dapat meremajakan kulit, memperbaiki warna kulit, dan bahkan meratakan warna kulit. Minyak ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu kulit untuk sembuh.

Selain membantu menghilangkan bekas luka, ternyata banyak juga jenis essential oil yang juga terbukti dapat membantu kecantikan kulit lho, Moms. Selamat mencoba!

(MDP)

Artikel Terkait