KEHAMILAN
27 Maret 2020

5 Jenis Ikan untuk Kesuburan, Baik Dikonsumsi saat Promil

Ada ikan lele, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ikan dipercaya dapat meningkatkan kesuburan karena kaya akan asam lemak omega-3. Tidak mengherankan, ikan baik dikonsumsi saat merencanakan kehamilan.

Namun, tidak semua jenis ikan dapat Moms dan Dads konsumsi, lho. Ada beberapa ikan yang memang punya kandungan baik untuk meningkatkan kesuburan dan peluang hamil.

Jenis Ikan untuk Kesuburan

Berikut adalah beberapa jenis ikan untuk kesuburan dan meningkatkan peluang kehamilan yang dapat Moms pilih. Simak yuk ulasannya.

Baca Juga: Yuk Dads, Mulai Konsumsi 5 Makanan untuk Kesuburan Pria Ini

1. Salmon

5 Ikan Yang Baik Dikonsumsi Saat Merencanakan Kehamilan 1

Foto: pixabay.com

Salmon memang dikenal sebagai ikan yang memiliki begitu banyak manfaat kesehatan, termasuk yang berkaitan dengan kesuburan. Di mana asam lemak esensial dan omega-3 pada salmon telah terbukti bermanfaat bagi kesuburan pada pria maupun wanita.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan Frontiers in Public Health, asupan asam lemak omega-3 yang tinggi pada pria berkaitan dengan morfologi sperma yang secara signifikan lebih baik.

Sementara wanita yang mengonsumsi lebih banyak omega-6, asam linoleat, dan omega-3 terbukti memiliki peluang kehamilan yang lebih tinggi.

Selain kaya akan omega-3, salmon juga mengandung nutrisi lainnya yang baik bagi sistem reproduksi seperti selenium dan vitamin D.

“Pasangan yang akan menikah harus memiliki kadar vitamin D optimal, termasuk mereka yang memilih IVF. Kadar vitamin D yang tinggi dapat meningkatkan peluang keberhasilan IVF. Asupan vitamin D yang cukup juga membantu menghasilkan telur yang berkualitas tinggi selama IVF,” kata Shaza Magray, dokter spesialis kandungan yang berbasis di Dubai, seperti dikutip dari EW Mums.

2. Mackerel

5 Ikan Yang Baik Dikonsumsi Saat Merencanakan Kehamilan 2

Foto: pexels.com

Dalam laman Mother and Baby disebutkan bahwa mackerel juga termasuk salah satu jenis ikan yang baik dikonsumsi saat merencanakan kehamilan.

Hal ini dikarenakan mackerel kaya akan asam lemak yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem reproduksi. Omega-3 pada mackerel juga diketahui berfungsi menjaga kadar kolesterol tetap stabil, yang memungkinkan sperma untuk benar-benar matang.

Baca Juga: Mengonsumsi Makanan Organik Meningkatkan Peluang Hamil? Simak Apakah Mitos atau Fakta

3. Ikan Cod

5 Ikan Yang Baik Dikonsumsi Saat Merencanakan Kehamilan 3

Foto: pixabay.com

Ketika berbicara tentang asam lemak omega-3, tentunya sebagian besar orang akan langsung memikirkan ikan cod. Ya, cod adalah jenis ikan untuk meningkatkan peluang kehamilan yang kandungan asam lemaknya (khususnya DHA dan EPA) sangat tinggi, selain salmon.

Menurut Motherly, asam lemak dari ikan cod ini dapat membantu mengurangi peradangan, menyeimbangkan hormon, meningkatkan aliran darah ke rahim, meningkatkan produksi lendir serviks, meningkatkan gairah seks, dan mendukung produksi sperma yang sehat.

4. Sarden

5 Ikan Yang Baik Dikonsumsi Saat Merencanakan Kehamilan 4

Foto: unsplash.com

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, ikan sarden terbukti memiliki efek yang sangat menguntungkan pada kualitas semen pria serta kualitas ovulasi dan embrio pada wanita karena mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi.

Selain itu, mengutip Healthline, ikan sarden adalah sumber kalsium yang sangat membantu untuk memiliki kehamilan yang sehat. Ikan ini bahkan dapat menjadi pilihan sumber kalsium yang baik bagi Moms yang tidak toleran terhadap laktosa, alergi susu, atau membutuhkan asupan lebih banyak makanan tinggi kalsium.

5. Ikan Lele

5 Ikan Yang Baik Dikonsumsi Saat Merencanakan Kehamilan 5

Foto: buyfish.ng

Selain mengandung omega 3 dan asam lemak omega 6, ikan yang satu ini juga kaya akan selenium, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium yang baik untuk meningkatkan kesuburan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Trace Elements in Medicine and Biology menemukan bahwa asupan makanan kaya akan selenium dapat menjaga kesehatan dan fungsi sistem reproduksi.

Konsentrasi selenium yang cukup tinggi pada awal kehamilan juga telah terbukti dapat membantu mencegah risiko bayi lahir rendah. Sementara kekurangan asupan selenium diketahui dapat menyebabkan infertilitas pada pria dengan menyebabkan penurunan kualitas semen dan motilitas sperma.

Baca Juga: 6 Makanan untuk Mempercepat Kehamilan, Cocok untuk Program Hamil!

Itulah jenis ikan untuk kesuburan dan meningkatkan peluang kehamilan yang dapat Moms dan Dads konsumsi. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan tips aman mengkonsumsi ikan untuk menghindari efek samping yang mungkin ditimbulkan, misalnya terpapar polutan.

Artikel Terkait