SELEBRITI
29 Agustus 2019

Kaki Irish Bella Bengkak Saat Naik Pesawat, Ini Tips Bumil Nyaman Naik Pesawat

Jangan lupa lakukan peregangan kecil sebelum duduk alam di pesawat ya Moms
placeholder

Foto: instagram.com/_irishbella_

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Menikah pada 28 April 2019, artis cantik Irish Bella tengah menikmari masa-masa kehamilan pertamanya. Tidak tanggung-tanggung, buah hati pertamanya dengan Ammar Zoni adalah bayi kembar.

Untuk melengkapi kebahagiaan di momen kehamilannya ini, Irish Bella dan Ammar Zoni pun menikmati liburan singkat di Bali.

Sayangnya ada insiden yang menimpa wanita keturunan Belgia ini saat berlibur di Bali. Kakinya mendadak mengalami bengkak-bengkak. Hal ini ia bagikan langsung dalam postingan Instagram Story-nya.

nxyzyjkkdgqhwdcvpes1_12954.jpg

“Baru diajak liburan pertama selama hamil dan pertama kali juga naik pesawat selama hamil. Kaki langsung bengkak dong," tulis Irish Bella.

Baca Juga: Elegan, Jangan Lewatkan 5 Photoshoot Irish Bella

Ia juga menyarankan untuk para pengikutnya di Instagram yang sedang hamil, untuk menggunakan alas kaki yang nyaman dan tepat ketika berlibur dalam kondisi hamil.

Selain alas kaki yang nyaman, ada hal-hal lain juga lho yang perlu diperhatikan agar ibu hamil nyaman naik pesawat. Yuk kita lihat bareng.

1. Jadwalkan Waktu Bepergian dengan Tepat

ibu hamil nyaman naik pesawat

“Waktu terbaik untuk melakukan perjalanan dengan pesawat ada pada trimester kedua (antara minggu 14 dan 28), ketika risiko keadaan darurat pada kehamilan, seperti keguguran pada trimester pertama atau persalinan prematur di trimester ketiga, terjadi paling rendah,” kata Hansa Bhargava, editor medis senior di WebMD.com.

Ia menambahkan bahwa usia kandungan setelah 28 minggu mungkin akan menyulitkan ibu hamil untuk duduk dalam waktu yang lama.

Setelah minggu ke-34 dan ke-35, berada di rumah dan dekat dengan dokter serta rumah sakit adalah hal yang paling baik.

Baca Juga: Selain Irish Bella dan Ammar Zoni, Ini 5 Artis yang Menikah Siri sebelum Disahkan Secara Negara

2. Konsultasikan dengan Dokter

ibu hamil nyaman naik pesawat

Jika Moms akan melakukan perjalanan ke luar negeri, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, hal ini diperlukan untuk melihat apakah ada vaksinasi yang Moms perlukan selama perjalanan.

Ini merupakan salah satu tips penting yang tidak boleh dilewatkan saat ibu hamil akan berlibur ke luar negeri.

Imunisasi merupakan persyaratan untuk memasuki beberapa negara sebelum perjalanan. Salah satu tips agar ibu hamil nyaman saat naik pesawat ini tidak boleh dilewatkan ya.

3. Kenakan Pakaian yang Nyaman dan Serbaguna

pregnant-woman-waiting-for-baby-dropping.jpg

Moms memerlukan pakaian nyaman yang cocok untuk dipakai dalam berbagai suhu, karena tubuh Moms akan mengatur suhu diri secara berbeda selama kehamilan.

Longgar dan flowy dengan lapisan (misalnya gaun maxi dengan sweater panjang atau syal yang dililitkan) adalah busana yang baik.

Jangan lupa juga stoking kompresi yang berguna untuk meningkatkan sirkulasi dan mencegah pembentukan gumpalan darah.

Baca Juga: Nyaman Membawa Bayi Naik Pesawat dengan Cara Ini

4. Tetap Sehat

ibu hamil nyaman naik pesawat

Pastikan untuk mengemas obat resep dalam barang bawaan Moms dengan teliti.

Bawa semua yang dibutuhkan, persediaan obat-obatan umum yang dijual bebas, dan bacalah tentang cara mengatasi masalah kesehatan saat bepergian.

Masalah kesehatan yang paling umum terjadi saat bepergian, mulai dari jet lag dan mual, terbakar sinar matahari, diare selama perjalanan, hingga fobia ketinggian.

5. Lakukan Peregangan

ibu hamil nyaman naik pesawat

Tips berikutnya agar ibu hamil nyaman naik pesawat adalah melakukan peregangan kecil terlebih dahulu. Berjalan-jalan dan regangkan tubuh sebelum penerbangan. Jaga kaki kita tetap di lantai dan hindari menyilangkan kaki.

“Wanita hamil rentan terhadap flu. Dengan memiliki lubang di kursi yang mengarahkan udara turun langsung di depan, dapat menjaga sirkulasi udara yang bisa membantu mengurangi paparan virus yang mungkin dibawa selama perjalanan mereka,” kata Janette Strathy, dokter kandungan.

6. Santai Sejenak

ibu hamil nyaman naik pesawat

Santai dan menikmati liburan sejenak selama masa kehamilan yang mungkin agak melelahkan.

Apalagi perjalanan selama kehamilan bersama janin di dalam perut, bisa menjadi petualangan baru yang seru.

Nah, tips-tips ini bisa Moms gunakan agar ibu hamil nyaman naik pesawat. Coba dilakukan ya Moms!

Artikel Terkait