PROGRAM HAMIL
24 April 2019

Ini Jenis Karbohidrat yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil saat Sahur

Jenis karbohidrat ini yang terbaik dikonsumsi
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Saat hamil, Moms tentu paham pentingnya menjaga asupan nutrisi demi perkembangan janin. Hal ini menjadi perhatian terutama bila Moms memutuskan untuk ikut berpuasa ketika sedang hamil.

Apakah Moms akan berpuasa atau tidak selama hamil, itu bergantung pada kondisi kesehatan Moms. Moms juga perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum memutuskan untuk berpuasa.

Jika kondisi kesehatan Moms baik dan dokter sudah memberikan lampu hijau, tentu Moms boleh berpuasa.

Tetapi Moms perlu memahami dampak yang bisa terjadi saat bumil memutuskan untuk berpuasa. Nah, agar puasa lancar, penting bagi Moms untuk mengatur asupan makanan saat sahur dan berbuka. 

Baca Juga: 5 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Sendi Anak agar Aktif dan Mudah Bergerak

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa?

hands 2568594 1920

Foto: pixabay.com

Seperti dikutip dari Khaleej Times, secara umum, setiap ibu hamil yang menderita komplikasi selama kehamilan, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, infeksi ginjal atau masalah jantung harus menahan diri dari puasa.

Mengutip dari nutrition.org.uk, bila Moms memutuskan untuk berpuasa selama bulan Ramadan, Moms mungkin ingin mempertimbangkan untuk berpuasa pada beberapa hari tetapi tidak semua hari dalam sebulan. Misalnya, berpuasa pada akhir pekan di mana tidak banyak aktivitas.

Menurut Dr. Rashi Gupta, Spesialis Kebidanan dan Kandungan di iCare Clinics, Dubai, ada beberapa tips penting yang harus diikuti saat berpuasa untuk ibu hamil. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Tetap terhidrasi. Minumlah banyak air saat sahur dan berbuka puasa

2. Berbuka puasa dengan makanan sehat termasuk protein, buah-buahan, kurma dan serat

3. Buka puasa jika Moms merasa terlalu lemah

4. Makan makanan kaya energi selama sahur

5. Hindari aktivitas yang akan membuat Moms lelah secara fisik saat berpuasa

6. Istirahat dan tidur nyenyak

Baca Juga: Hindari Amputasi, Begini Cara Mengobati Luka Diabetes

Apa Jenis Karbohidrat Terbaik Untuk Sahur Bagi Ibu Hamil?

bake baked baked goods 209138

Foto: pexels.com

Makan saat sahur sangat penting untuk memulai berpuasa, sehingga penting memilih karbohidrat yang dapat membuat Moms kenyang lebih lama. Pilih karbohidrat kompleks sebagai sumber karbohidrat untuk sahur.

Dokter Farouk Haffejee dari Asosiasi Medis Islam Afrika Selatan (Durban) merekomendasikan makanan yang lebih tahan lama. Jennifer Andrews, dari Livestrong.com menjelaskan, karbohidrat adalah sumber utama bahan bakar yang digunakan oleh tubuh dan otak untuk melakukan fungsi fisik dan mental yang diperlukan.

Ia menambahkan, karbohidrat yang tidak cukup dalam diet menyebabkan kelesuan, kelemahan, dan kesulitan berkonsentrasi dan berpikir, serta suasana hati yang rendah dan mudah tersinggung.

"Karbohidrat kompleks melepaskan energi ke tubuh dalam periode waktu yang lebih lama, menjaga tingkat energi stabil," jelasnya.

Contoh-contoh karbohidrat kompleks termasuk sayuran hijau, kentang dan jagung, kacang polong, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian, roti gandum dan sereal, beras merah, pasta gandum, dan pisang.

Karena, jika Moms mengonsumsi nasi putih, yang merupakan karbohidrat sederhana, akan lebih mudah disimpan oleh tubuh sebagai sel lemak, ini dapat berlanjut kepada adanya risiko obesitas. Selain itu, gula darah juga akan naik lebih cepat.

Jadi, buat asupan sahur Moms lebih bergizi dan tidak merugikan kesehatan Moms dan janin, ya. Selamat berpuasa! Jangan lupa jaga kesehata ya Moms!

(AP/AND)

Artikel Terkait