FASHION & BEAUTY
7 Februari 2020

7 Cara Mudah Menghilangkan Komedo Membandel

Usir komedo sampai tuntas dan jangan biarkan kembali lagi!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Sudah mencoba berbagai cara menghilangkan komedo, tetapi hasilnya belum terlihat juga?

Tenang, Moms, masalah komedo sebetulnya bisa diatasi dengan kebiasaan-kebiasaan yang sehat bagi kulit. Kuncinya adalah Moms harus telaten dan disiplin menjalani kebiasaan sehat tersebut.

Cara Menghilangkan Komedo

Jadi, apa saja cara menghilangkan komedo yang bisa Moms coba setiap hari? Berikut penjelasannya.

1. Cuci Muka Dua Kali Sehari

cuci muka

Kebiasaan mencuci muka secara rutin memang terdengar sepele. Akan tetapi, malas mencuci muka dapat membuat kotoran semakin menumpuk pada pori-pori kulit dan memperparah komedo.

American Academy of Dermatology mengingatkan untuk mencuci muka dua kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari untuk menghilangkan komedo.

Moms juga harus langsung cuci muka setelah olahraga atau melakukan aktivitas fisik yang cukup berat, juga setelah memakai topi dan menggunakan helm.

Ini karena keringat yang menempel di kulit wajah bisa terjebak bersama minyak dan kotoran di pori-pori, sehingga menimbulkan komedo dan jerawat.

Baca Juga: 7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo yang Bisa Ditemukan di Dapur

2. Pilih Kosmetik yang Non-komedogenik

wajib waspada ini kandungan makeup yang berbahaya bagi ibu hamil 2

Sah-sah saja untuk menggunakan kosmetik atau makeup setiap hari bila kulit Moms berkomedo.

Namun, sebaiknya pilih produk yang non-komedogenik. Ini berarti produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo.

Jadi, perhatikan dulu kemasan produknya sebelum membeli. Pastikan ada keterangan non-komedogenik pada kemasan produk yang Moms incar.

3. Pakai Sunscreen (Tabir Surya) Bebas Minyak

pemakaian sunscreen sesuai spf hero banner magz (1510x849)

Masih banyak yang menyepelekan pentingnya menggunakan sunscreen atau tabir surya setiap hari.

Padahal, kebiasaan memakai tabir surya dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan radiasi sinar matahari, sekaligus menghilangkan komedo. Jika kulit Moms berkomedo, pilih tabir surya yang tidak mengandung minyak.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Komedo Putih Membandel

4. Jaga Pola Makan Sehat

makanan sehat

Meski makanan tidak sehat belum terbukti langsung menyebabkan komedo, pola makan yang sehat dan seimbang dapat menyehatkan kulit secara umum. Termasuk kulit yang punya masalah komedo membandel.

Tambah asupan vitamin dari buah dan sayur. Jangan lupa, kurangi makanan berlemak, gorengan, makanan cepat saji, atau yang manis-manis.

5. Gunakan Plester Komedo

plester komedo.jpg

Menurut seorang spesialis kulit dari Wall Street Dermatology di Amerika Serikat, dr. Julia Tzu, plester komedo dapat menghilangkan komedo sekitar 15-20 persen dengan cara mengangkatnya.

Namun, dr. Julia juga mengingatkan untuk menggunakan plester komedo sewajarnya saja. Ini karena menggunakan plester komedo berlebihan justru dapat meningkatkan risiko iritasi kulit.

Untuk hasil terbaik, coba uapi dulu wajah Moms sebelum ditempel plester komedo. Misalnya dengan mengarahkan wajah di atas baskom atau bak berisi air panas.

Tujuannya agar uap panas tersebut dapat membuka pori-pori. Kemudian tempelkan plester seperti biasanya dan cabut setelah beberapa menit.

6. Kelola Stres dengan Baik

stressed-woman-sitting-alone.jpg

Mengelola stres ternyata bisa menjadi salah satu cara menghilangkan komedo. Pasalnya, stres rupanya dapat meningkatkan produksi sebum, yaitu minyak alami yang terdapat pada lapisan kulit manusia.

Sebum yang berlebihan bisa menjebak kotoran atau sel kulit mati dalam pori-pori dan kulit, sehingga Moms jadi lebih rentan mengalami komedo.

Untuk mencegah dan melepas stres, Moms bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, melakukan hobi yang disukai, berolahraga, dan menenangkan diri dengan teknik pernapasan panjang.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Komedo dengan Baking Soda

7. Tidur yang Cukup

Perbaiki Pola Tidur.jpg

Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kulit wajah, termasuk munculnya komedo dan jerawat. Karena itu, tidurlah yang cukup dan hindari begadang semalam suntuk jika tak mau muncul komedo.

(IA/ERW)

Artikel Terkait