TRIMESTER 3
21 September 2020

Keluhan Ibu Hamil pada Trimester 1 Hingga 3, Yuk Cari Tahu!

Moms bisa mengalami kaki bengkak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Di masa kehamilan, tentunya Moms ingin agar menjalani kehamilan yang sehat dan janin yang berkembang optimal.

Tetapi, masa kehamilan mungkin akan menjadi sebuah tantangan bagi beberapa ibu hamil. Karena Moms bisa jadi merasakan keluhan ibu hamil di tiap trimester kehamilan.

Mengutip Medline Plus, setiap kehamilan memiliki risiko masalah. Moms mungkin mengalami masalah karena kondisi kesehatan yang dialami sebelum hamil.

Moms juga bisa mengembangkan suatu kondisi selama kehamilan. Penyebab lain masalah selama kehamilan dapat mencakup kehamilan dengan lebih dari satu bayi, masalah kesehatan pada kehamilan sebelumnya, penggunaan narkoba selama kehamilan, atau usia di atas 35 tahun.

Semua ini dapat memengaruhi kesehatan Moms, kesehatan janin, atau keduanya. Berikut ini beberapa keluhan ibu hamil di tiap trimester yang dapat Moms ketahui.

Baca Juga: Jaga Kehamilan pada Trimester 1 dengan Cara Ini

Keluhan Ibu Hamil Trimester Pertama

Menjalani kehamilan di trimester pertama bisa menjadi hal yang menyenangkan, apalagi bagi seorang ibu baru. Moms tentunya ingin menjalani masa kehamilan yang sehat.

Tetapi, sayangnya kebahagiaan Moms ini tidak jarang juga diikuti dengan berbagai keluhan ibu hamil di trimester pertama, dan tentunya bisa membuat Moms merasa tidak nyaman.

Munculnya keluhan saat hamil bahkan dari trimester pertama ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah karena adanya perubahan hormon yang terjadi pada tubuh ibu hamil.

“Keluhan pada saat hamil tentunya akan berbeda pada setiap orang. Karenanya perlu sekali mengetahui mana keluhan yang masih tergolong normal dan keluhan yang harus diperiksakan ke dokter,” jelas dr. Muhammad Fadli, dokter spesialis kebidanan dan kandungan di RS Pondok Indah – Pondok Indah, dalam Live Webinar RS Pondok Indah Group, Kamis (04/06/2020).

Lalu, apa saja keluhan ibu hamil trimester pertama? Yuk, simak daftarnya berikut ini yang mungkin Moms rasakan juga, disertai dengan penangannya.

Baca Juga: Ketahui Perubahan Payudara Saat Hamil Dari Trimester Pertama Sampai Ketiga

1. Kram Perut Bagian Bawah

keluhan ibu hamil pada trimester 1

Foto: babycenter.ca

Kram perut bawah merupakan salah satu keluhan ibu hamil yang sering muncul di trimester pertama.

Kondisi ini terjadi karena telur yang terfertilisasi membentuk blastocyst, menempel pada dinding rahim sehingga bisa memunculkan nyeri yang bervariasi dari ringan hingga berat.

Menurut International Journal of Women's Health, hal ini bisa juga dikarenakan perubahan fisiologis kehamilan yang meningkatkan risiko kram perut bagian bawah.

“Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Moms hindari merokok, meminum alkohol dan obat-obatan pada masa ini dan jika bisa seterusnya,” ujar dr. Fadli.

2. Mual dan Muntah

keluhan ibu hamil pada trimester 1

Foto: Orami Photo Stock

Kondisi mual dan muntah ini bisa terjadi pada siang atau malam hari, karena meningkatnya kadar hormon HCG. Mual dan muntah menjadi keluhan ibu hamil trimester pertama yang selanjutnya.

Banyak wanita merasakan mual dan muntah pada awal trimester pertama dan memburuk pada akhir trimester. Gejala mual dan muntah akan mereda setelah memasuki trimester kedua.

Mengutip Ni Direct, Moms dapat membantu mengatasi mual dan muntah di pagi hari dengan makan dalam porsi kecil dan sering, makan camilan kering dan berkarbohidrat sepanjang hari, beristirahat sepanjang hari.

Penting juga menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik dengan air, hindari alkohol dan kafein. Kenakan juga pakaian yang nyaman, ikat pinggang yang ketat bisa membuat perasaan semakin buruk sebagai keluhan ibu hamil ini.

Jika Moms selalu sakit dan tidak dapat menahan makanan, beri tahu bidan atau dokter. Beberapa wanita hamil mengalami mual dan muntah yang parah. Kondisi ini disebut hiperemesis gravidarum dan membutuhkan penanganan dokter spesialis.

Baca Juga: Nagita Slavina Alami Keguguran, 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Keguguran Trimester Pertama

3. Rasa Nyeri di Payudara

keluhan ibu hamil pada trimester 1

Foto: momlovesbest.com

Keluhan ibu hamil di trimester pertama berikutnya adalah nyeri payudara. Di usia 4-6 minggu kehamilan, payudara akan terasa nyeri dan membengkak disebabkan hormon progesteron yang meningkat.

Namun, keluhan ini akan berkurang di akhir trimester pertama. Namun jika merasa sangat tidak nyaman, Moms bisa gunakan bra khusus hamil untuk mengurangi gesekan puting.

Baca Juga: 4 Penyebab Mudah Mengantuk, Bisa Jadi Kondisi Kronis!

4. Merasakan Gerah dan Letih

keluhan ibu hamil pada trimester 1

Foto: heart.org

Selanjutnya, keluhan ibu hamil trimester pertama juga cenderung meningkatkan suhu badan sehingga ibu hamil akan mudah merasa gerah, terutama bila tinggal di iklim yang tropis dan sedang melakukan olahraga.

Selain itu, tubuh wanita hamil biasanya letih dan mengantuk karena peningkatan level estrogen. Pastikan di masa itu tidak mengalami anemia.

Untuk mengatasinya, Moms bisa membuat tubuh tetap terhidrasi, dengan meminum air putih tiga liter per hari dan cukup tidur untuk mengurangi keluhan tersebut.

Baca Juga: 7 Makanan yang Harus Dihindari pada Trimester Pertama Kehamilan, Catat!

5. Perubahan Mood atau Suasana Hati

keluhan ibu hamil pada trimester 1

Foto: parenting.firstcry.com

Perubahan suasana hati, atau yang biasa dikenal sebagai mood swing juga sering menjadi keluhan ibu hamil di trimester pertama kehamilan.

Level estrogen dan progesteron yang tinggi bisa menyebabkan perubahan ini. Perubahan suasana hati bisa ke arah euforia hingga cemas atau depresi. Dokter Fadli menyarankan para ibu hamil untuk tetap berpikir positif.

6. Kembung dan Sembelit

keluhan ibu hamil pada trimester 1

Foto: medicalnewstoday.com

Kembung disebabkan karena menurunnya sistem pencernaan yang selanjutnya menyebabkan konstipasi atau sembelit, ini menjadi keluhan ibu hamil trimester pertama selanjutnya.

Untuk dapat mengatasi keluhan kembung dan konstipasi yang terjadi di trimester pertama kehamilan, sebaiknya Moms mengonsumsi makanan dengan kadar serat yang tinggi.

Baca Juga: 6 Jenis Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil Trimester Pertama

7. Sering Buang Air Kecil

keluhan ibu hamil pada trimester 1

Foto: parenting.firstcry.com

Saat sedang hamil di trimester pertama, menjadi hal yang normal jika Moms menjadi sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan peningkatan kerja pada ginjal yang menghasilkan urin meningkat. Terlebih lagi ada perubahan hormon juga.

Rahim yang membesar juga mendesak kandung kemih sehingga kita merasakan kandung kemih selalu penuh. Ini menjadi keluhan ibu hamil trimester pertama yang umum dialami.

“Untuk mengatasinya, tetap hidrasi yang cukup dan teratur sehingga dapat mengatur waktu untuk ke toilet, mencegah terjadinya inkontinensia,” kata dr. Fadli.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Dehidrasi Saat Hamil, Simak di Sini Moms!

Keluhan Ibu Hamil Trimester Kedua

Moms telah berhasil melewati trimester pertama, dan kini bersiap memasuki masa trimester dua kehamilan.

Namun, beberapa Moms mungkin masih merasakan keluhan ibu hamil trimester kedua. Tetapi tidak usah khawatir, karena ini merupakan keluhan yang wajar dan bisa diatasi.

Yuk, cari tahu seperti apa keluhan ibu hamil trimester kedua berikut ini.

1. Pregnancy Glow dan Jerawat

Keluhan ibu hamil di trimester 2

Foto: Orami Photo Stock

Menurut jurnal Pregnancy and Skin, kehamilan dikaitkan dengan perubahan kompleks pada endokrinologis, imunologis, metabolisme, dan vaskular yang dapat memengaruhi kulit dan organ lain tubuh.

Keluhan ibu hamil trimester kedua lainnya yang mungkin dialami adalah pregnancy glow dan timbulnya jerawat. Ini karena peningkatan peredaran darah dalam tubuh membuat kulit terkesan lebih glowing dan fresh.

Namun, di sisi lain, hal ini juga bisa menyebabkan kulit wajah lebih berminyak dan memicu timbulnya jerawat.

"Untuk mengatasinya, sering basuh wajah dengan air, akan menurunkan kadar minyak pada wajah," saran dr. Fadli.

2. Terjadi Kram pada Kaki

Keluhan ibu hamil di trimester 2

Foto: Orami Photo Stock

Keluhan ibu hamil trimester kedua yang selanjutnya adalah terjadinya kram pada kaki. Kram kaki ini terjadi akibat aktivitas yang berlebihan disertai dehidrasi, ditambah jika kurang asupan kalsium dan magnesium.

Menurut dr. Fadli, sebaiknya lakukan peregangan sebelum tidur dan pagi hari, cukupi asupan air minum yakni lebih dari 2,5 liter per hari dan tingkatkan asupan kalsium.

Baca Juga: 3 Penyebab Pusar Ibu Hamil Sakit saat Trimester Kedua, Pernah Mengalaminya?

3. Nyeri Ulu Hati dan Sendawa

Keluhan ibu hamil di trimester 2

Foto: Orami Photo Stock

Keluhan ibu hamil di trimester kedua yang pertama adalah timbulnya rasa nyeri pada bagian ulu hati dan banyak bersendawa.

Pengosongan lambung yang lebih lama yakni 5-6 jam sekali dan katup esofagus yang terbuka menyebabkan refluks pada asam lambung sehingga menyebabkan nyeri dan sering sendawa.

"Makan setiap dua jam, karbohidrat kompleks untuk menetralisir asam lambung," ujar dr. Fadli.

4. Nyeri Pinggang dan Pergelangan Tangan

Keluhan ibu hamil di trimester 2

Foto: Orami Photo Stock

Nyeri pinggang dan pergelangan tangan juga termasuk dalam keluhan ibu hamil yang umum. Menurut dr. Fadli, kondisi ini umum terjadi, karena ada perubahan pada bentuk rahim dan tekanan pada sendi serta saraf ibu hamil.

Untuk mengatasinya, Moms dapat melakukan peregangan serta berolahraga bisa membantu otot dan tulang lebih fleksibel dan mengurangi nyeri pada pinggang dan pergelangan tangan.

5. Mengalami Kondisi Anemia

anemia ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Anemia juga termasuk dalam keluhan ibu hamil yang bisa terjadi di trimester kedua atau ketiga. Ini karena tubuh membutuhkan zat besi ekstra untuk janin dalam kandungan, yang bisa Moms lewatkan.

Kekurangan zat besi dapat membuat Moms merasa lelah dan sesak napas. Gejala lain bisa termasuk tampak lebih pucat dari biasanya dan, dalam beberapa kasus, detak jantung yang nyata (jantung berdebar).

Mengutip Tommys, tips untuk mengatasi kondisi ini adalah makan banyak makanan kaya zat besi, dikombinasikan dengan vitamin C (seperti segelas jus jeruk) untuk membantu tubuh menyerapnya.

Moms bisa menghindari minuman berkafein pada waktu makan, karena dapat mengganggu penyerapan zat besi. Coba makan sayuran berdaun hijau tua seperti brokoli, telur, buah kering, sereal dan roti yang diperkaya zat besi, serta kacang-kacangan dan biji-bijian.

Baca Juga: 3 Kesalahan saat Trimester Ketiga yang Dapat Ganggu Persalinan

Keluhan Ibu Hamil Trimester Ketiga

Moms sudah melewati trimester pertama dan trimester kedua, kini Moms memasuki trimester terakhir kehamilan atau yang juga dikenal dengan trimester ketiga.

Di masa-masa ini, perasaan Moms mungkin bercampur aduk. Moms tidak sabar menantikan kedatangan Si Kecil ke dunia, tetapi di masa ini mungkin juga akan mengalami keluhan ibu hamil di trimester ketiga.

Perubahan di trimester ketiga ini seringnya membawa keluhan-keluhan kehamilan yang sama seperti di trimester sebelumnya. Meskipun berbeda, namun tetap ada ketidaknyamanan yang dirasakan.

Keluhan apa saja yang mungkin akan Moms alami di trimester ketiga ini? Yuk kita lihat keluhan-keluhan yang akan Moms alami di trimester 3 kehamilan. Disimak ya, Moms.

1. Kaki yang Membengkak

Keluhan ibu hamil di trimester 3

Foto: Orami Photo Stock

Menurut American Pregnancy Association, selama kehamilan, tubuh memproduksi sekitar 50 persen lebih banyak darah dan cairan tubuh untuk memenuhi kebutuhan bayi yang sedang berkembang.

Kaki bengkak ini adalah bagian normal dari kehamilan yang disebabkan oleh darah dan cairan tambahan. Ini termasuk dalam keluhan ibu hamil di trimester akhir.

Selain itu, kurangnya konsumsi albumin juga bisa mengakibatkan kaki bengkak. Moms perlu pastikan tekanan darah tidak meningkat. Karena itu, dr. Fadli menyarankan ibu hamil tidur dengan kaki sedikit lebih tinggi dari jantung dan konsumsi protein serta memastikan tekanan darah tidak tinggi.

2. Detak Jantung Meningkat dan Sesak Napas

Keluhan ibu hamil di trimester 3

Foto: Orami Photo Stock

Keluhan ibu hamil di trimester ketiga kehamilannya adalah detak jantung yang meningkat. Kondisi ini terjadi akibat meningkatnya volume darah sehingga menyebabkan kerja jantung meningkat sampai 30 persen.

Puncak dari kondisi ini bisa terjadi di usia 32 minggu kehamilan.

“Di sisi lain, besarnya rahim juga bisa menyebabkan penekanan pada diafragma. Sebaiknya bumil tetap rileks, mengatur pernapasan dan jangan panik,” jelas dr. Fadli.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil, Moms Bisa Coba

3. Mengalami Wasir

Keluhan ibu hamil di trimester 3

Foto: Orami Photo Stock

Wasir merupakan keluhan ibu hamil di trimester 3 yang selanjutnya. Kondisi ini terjadi karena motilitas usus menurun, sulit buang air besar lalu akan mengejan dan timbullah wasir.

Untuk wasir temporer, dokter biasanya akan memberikan salep wasir. Sebaiknya jalani diet tinggi serat dan tetap air minum cukup, yakni 2,5 liter per hari.

4. Terjadinya Kontraksi Palsu

Keluhan ibu hamil di trimester 3

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin sudah pernah dengar, bahwa regangan pada rahim bisa memicu kontraksi palsu. Biasanya kondisi keluhan ibu hamil ini akan sering meningkat pada kasus dehidrasi dan infeksi.

"Kalau sering, disertai flek atau keputihan, pastikan jangan-jangan sudah persalinan apalagi masuk fase cukup bulan (untuk melahirkan). Pastikan hidrasi cukup, dan hindari infeksi," kata dr. Fadli.

5. Perubahan pada Kulit

Keluhan ibu hamil di trimester 3

Foto: Orami Photo Stock

Pada trimester ketiga, Moms juga bisa mengalami keluhan ibu hamil yang berkaitan dengan perubahan pada kulit.

Sejumlah perubahan pada kulit antara lain hiperpigmentasi atau menggelapnya area kulit seperti leher, area genital dan puting, lalu melasma atau bercak cokelat tua pada wajah dan rosacea yakni kemerahan, gatal dan bengkak serta bintilan.

Untuk mengatasinya, Moms disarankan untuk menggunakan pelembap dan mengurangi frekuensi mandi menggunakan air terlalu hangat.

6. Munculnya Varises

varises, keluhan ibu hamil trimester ketiga

Foto: Orami Photo Stock

Varises adalah pembuluh darah yang membengkak. Pembuluh darah di kaki paling sering terkena.

Jika Moms mengalami keluhan ibu hamil di trimester ketiga ini, beritahu dokter jika menderita varises atau jika kerabat dekat pernah mengalami gangguan pembekuan darah atau pembekuan darah.

Untuk mengatasinya, bila Moms memiliki varises, sebaiknya hindari berdiri dalam waktu lama, cobalah untuk tidak duduk dengan kaki menyilang, dan cobalah untuk tidak menambah berat badan terlalu banyak.

Selain itu, duduk dengan kaki di atas untuk meredakan ketidaknyamanan, dan coba pakai celana ketat pendukung, dan tidur dengan kaki lebih tinggi dari tubuh. Moms juga bisa mencoba latihan antenatal untuk membantu sirkulasi darah.

Itu dia Moms beberapa keluhan ibu hamil yang akan dialami di tiap trimester. Pastikan Moms mengatasinya dengan melakukan hal yang aman, dan bila ragu dapat langsung berkonsultasi dengan dokter, ya!

Artikel Terkait