KEHAMILAN
30 Maret 2020

8 Penyebab Proses Melahirkan Sulit, Sering Tidak Disadari Moms

Kurang istirahat juga bisa membuat proses melahirkan jadi sulit lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Kehamilan adalah sesuatu yang membahagiakan dan proses melahirkan adalah momen yang dinantikan oleh setiap pasangan.

Memasuki usia kehamilan sembilan Moms harus mempersiapkan segala sesuatunya, tak hanya pelengkapan bayi, fisik dan mental Moms juga harus dipersiapkan.

Proses melahirkan memang berbeda-beda pada setiap Moms. Bahkan, tak sedikit yang melalui proses melahirkan panjang dan sulit, sehingga Moms pun merasakan sakit yang cukup lama.

Penyebab Proses Melahirkan Sulit

Setiap akibat pasti ada sebab ya Moms. Nah, kira-kira sebenarnya kemungkinan apa saja yang jadi penyebab proses melahirkan lebih sulit dan lama? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Tidak Selalu Mulus, Ini Dia 7 Komplikasi yang Bisa Terjadi saat Proses Melahirkan

1. Prapersalinan yang Membingungkan

Kesalahan Ibu Hamil yang Membuat Proses Persalinan Sulit.jpg

Penyebab proses melahirkan jadi sulit yang pertama adalah prapersalinan yang membingungkan. Bagi Moms yang pertama kali hamil atau pertama kali menghadapi proses melahirkan.

Sulit bagi Moms membedakan mana kontraksi palsu dan asli, bahkan banyak juga yang tidak mengetahui dan paham dengan kontraksi palsu ini.

Rasa panik yang pastinya Moms rasakan saat menghadapi kontraksi palsu, biasanya kita akan mengunjungi bidan, klinik ataupun rumah sakit untuk memastikannya, setidaknya bagi kita yang tidak mengetahui berpikir bahwa kita sudah memasuki gerbang persalinan, pada kenyataannya kontraksi palsu tidak selalu menandakan kita akan melahirkan saat itu juga.

Menurut American pregnancy Association, kontraksi palsu atau yang dikenal dengan istilah Braxton Hicks mulai bisa dirasakan pada trimester kedua. tetapi paling sering muncul pada trimester ketiga.

2. Kurang Istirahat

Penyebab proses melahirkan jadi sulit yang selanjutnya adalah kurang istirahat. Melahirkan pasti akan membuat Moms sedikit gugup, apalagi jika ini merupakan pengalaman pertama Moms.

Moms yang belum pernah mengalami proses melahirkan, biasanya tidak tahu rasa sakitnya seperti apa, sehingga melahirkan bayi adalah salah satu situasi terberat yang dihadapinya.

Tetapi, pada kenyataannya meskipun bukan pengalaman melahirkan yang pertama, melahirkan adalah sebuah kesiapan mental.

Karena melibatkan kesiapan mental, persalinan bisa menciptakan tingkat kecemasan yang tinggi, tapi beberapa Moms yang berpengalaman tahu bahwa mereka harus tidur selama persalinan dini.

Saat tidur, Moms yang sedang hamil tidak hanya mendapatkan istirahat yang sangat dibutuhkan sebelum waktunya tiba, tetapi dia juga membantu bayi rileks saat kontraksi terus menerus terjadi.

3. Mendatangi Rumah Sakit Terlalu Cepat

Kesalahan Ibu Hamil yang Membuat Proses Persalinan Sulit 2.jpg

Penyebab proses melahirkan jadi sulit yang selanjutnya adalah mendatangi rumah sakit terlalu cepat. Saat kontraksi belum terjadi secara rutin, Moms terlalu terburu-buru untuk mencapai rumah sakit atau bidan.

Biasanya hal ini dilakukan oleh Moms yang baru pertama menghadapi persalinan. Moms yang sudah berpengalaman akan lebih rileks menjalani tahapan-tahapan kontraksi.

Jika kontraksi yang dirasakan belum rutin, Moms bisa menunggu di rumah, mandi air hangat kemudian makan sebelum akhirnya memutuskan untuk pergi ke rumah sakit karena kontraksi semakin hebat.

4. Tidak Makan dan Minum saat Proses Melahirkan

Penyebab proses melahirkan jadi sulit yang selanjutnya adalah tidak makan dan minum saat proses melahirkan. Dilansir dari laman Babygaga, adalah mitos umum bahwa perempuan dalam persalinan tidak boleh makan atau minum apa pun.

Makanlah pelan-pelan saat kontraksi dimulai, sedikit makanan ringan pun akan memberikan energi. Melahirkan dengan perut kosong sebenarnya bisa memperpanjang persalinan.

Baca Juga: Benarkah Proses Melahirkan Itu Menyakitkan? Ini Dia Tahapannya!

5. Makan Dalam Jumlah Banyak

Kesalahan Ibu Hamil yang Membuat Proses Persalinan Sulit 3.jpg

Penyebab proses melahirkan jadi sulit yang selanjutnya adalah makan dalam jumlah banyak. Meskipun makan adalah ide yang baik dan diperbolehkan, seorang ibu yang sedang menghadapi proses melahirkan tidak boleh makan terlalu banyak, makanan berat pun dapat memicu mual, dan makanan berlemak bisa membuat Moms merasa semakin sakit.

Jadi, saat kontraksi semakin kuat, jangan makan dalam jumlah banyak atau makan makanan berat dan berlemak. Hal ini justru akan membuat Moms kenyang dan lelah, sehingga pada akhirnya akan sulit mengumpulkan kekuatan untuk mendorong bayi keluar.

6. Tidak Menghemat Energi

Penyebab proses melahirkan jadi sulit yang selanjutnya adalah tidak menghemat energi. Persalinan umumnya tidak berlangsung lama, tetapi untuk ibu pertama kali, persalinan aktif dapat berlangsung selama rata-rata delapan jam.

Ketika rasa sakit yang sebenarnya muncul, yang ada dalam benak Moms pasti ingin segera mengeluarkan bayi.

Persalinan memerlukan tenaga, kondisi ini sangat melelahkan, bahkan beberapa Moms hampir tidak memiliki energi yang cukup untuk mendorong bayi mereka keluar karena mereka terlalu lelah dengan berteriak-teriak, emosi yang tidak terkendali, dan tidak bisa mengatur pernapasan dengan baik.

Kondisi seperti ini justru akan membuat bayi sulit dikeluarkan dan rasa sakit pun akan semakin terasa.

7. Tidak Bisa Mengatur Pernapasan dengan Baik

Kesalahan Ibu Hamil yang Membuat Proses Persalinan Sulit 4.jpg

Penyebab proses melahirkan jadi sulit yang selanjutnya adalah tidak bisa mengatur napas dengan baik. Wajar jika Moms menjadi cemas saat melahirkan, apalagi jika ini persalinan pertama.

Bernafas melalui hidung dan keluar melalui mulut dapat membantu Moms saat melahirkan.

Ini tidak hanya akan membantu memudahkan bayi menuruni jalan lahir tetapi juga membuat Moms lebih tenang dan tidak tegang.

Seperti yang dikatakan dalam laman Motherly, bernapas dalam adalah obat penenang alami karena menyatukan tubuh dan pikiran. Moms yang sedang dalam proses melahirkan dapat mengurangi stres hanya dengan berkonsentrasi pada pernapasannya.

Detak jantung bayi akan tenang ketika Moms tenang. Denyut nadi yang halus dan stabil akan membuat bayi tahu bahwa ia aman. Bernafas dalam-dalam juga menjernihkan pikiran kita.

Maka, jika salah dalam mengatur pernapasan, tak hanya Moms saja yang merasa lelah tapi bayi juga menjadi tidak tenang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melahirkan Normal Setelah Caesar?

8. Tidak Tenang

Penyebab proses melahirkan jadi sulit yang selanjutnya adalah tidak tenang. Penting bagi Moms untuk tetap bersikap tenang, relaksasi mental yang mendalam yang membantu rileks tubuh. Tujuannya adalah untuk menghilangkan semua pikiran dan gangguan eksternal.

Sikap yang tenang bisa melepaskan kecemasan dan memberi kesiapan bagi si kecil dalam segala hal, mulai dari fisik, emosional, dan spiritual. Sebaliknya, jika Moms tidak tenang, maka ia akan merasakan hal yang sama.

Itulah penyebab proses melahirkan jadi sulit. Penting bagi Moms yang sedang hamil bahkan mempersiapkan proses melahirkan mengetahui beberapa hal di atas, apalagi jika masa kehamilan ini merupakan pertama bagi Moms.

(PSF/ERN)

Artikel Terkait