RESEP
14 Juli 2019

Ketahui Cara Mengolah Sayuran dengan Benar

Bayam ideal dimasak dengan cara ditumis karena punya banyak kandungan air
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tidak semua sayur dapat dimasak dengan metode atau cara yang sama. Beberapa sayur hijau bisa cepat layu bila ditumis, sementara wortel dan kentang perlu direbus atau kukus untuk membuat tekstur lunak.

Apalagi untuk Moms yang kerap memasak, penting mengetahui tips mengolah sayur yang tepat. Berikut ini caranya, dikutip dari EatingWell.

1. Bayam

selain katuk, ketahui 5 makanan pelancar asi ini bayam

Untuk mendapatkan jenis bayam yang bagus, carilah bayam yang lentur, daun berwarna hijau segar tanpa bintik lembek.

Karena bayam adalah sayuran hijau yang lembut dan mengandung cukup banyak air, bayam lebih ideal dimasak dengan cara ditumis.

Cara mengolah sayuran bayam yang benar adalah dengan menumisnya. Metode menumis akan membuat kadar air jadi menguap, dan hal ini ideal untuk ditambahkan sebagai bahan membuat lasagna, atau sekadar dimakan biasa.

Baca Juga: Mudah Diikuti, Ini Dia Resep Bayam Crispy yang Pas Jadi Camilan Sehat Moms

2. Jagung

jagung.png

Cara mengolah sayuran jagung yang benar adalah dengan membakar atay mengukus. Jika hendak membakar jagung, tarik sekam tanpa mencabut utuh, lalu cabut sutranya. Panaskan panggangan, lalu kembalikan sekam ke tempat semula.

Letakkan jagung di atas api besar dan panggangan, putar sesekali sampai agak kecokelatan, sekitar 5 menit. Buang sekam sebelum disajikan.

Untuk mengukus jagung, cabut sekam, dan belah batang jagung menjadi dua agar muat dalam panci pengukus. Letakkan air kukusan setinggi 5 cm dalam panci besar di atas api besar. Tutup dan kukus hingga lunak, sekitar 4 menit.

3. Kentang

obat sakit kepala kentang

Cara mengolah sayuran kentang yang benar adalah dengan memanggang atau mengukus. Carilah kentang kecil dengan kulit kencang yang tidak longgar, tidak tipis dan memar. Ini adalah jenis kentang terbaik.

Untuk mengolahnya, jika ingin memanggang kentang, terlebih dahulu panaskan oven hingga 260° Celcius. Bagi dua kentang, kemudian dipotong lagi menjadi irisan berukuran sekitar 1 cm.

Letakkan kertas loyang di atas loyang. Lapisi dengan 2 sendok teh minyak zaitun.

Panggang, balik sekali di tengah proses memanggang, panggang kembali hingga renyah dan kecokelatan di bagian luar dan empuk di bagian dalam, dengan durasi 20-25 menit.

Untuk mengukus kentang, tempatkan kentang dalam panci pengukus di atas 5 cm air dalam panci besar. Kukus kentang di atas api besar. Tutup dan kukus sampai kentang melunak ketika ditusuk dengan garpu, sekitar 10 menit.

4. Buncis

buncis

Cara mengolah sayuran buncis yang benar adalah memanggang atau mengukus.Untuk memanggang, panaskan oven hingga 260° Celcius. Sebarkan buncis di atas loyang atau wajan yang cukup besar. Lapisi dengan 1 sendok makan minyak zaitun extra virgin.

Panggang, balikkan sekali, pastikan buncis sampai empuk dan mulai kecokelatan, dengan durasi sekitar 10 menit.

Mengukus buncis juga mudah. Cukup letakkan buncis dalam panci pengukus di atas 2,5 cm air dalam panci besar yang disetel di atas api besar. Tutup dan kukus selama 5 menit.

5. Terong

2 terong

Cara mengolah sayuran terong yang benar adalah dengan memanggangnya. Bila hendak membakar terong, terlebih dahulu olesi dengan minyak zaitun. Bakar di atas api sedang-tinggi, balikkan sekali, bakar lagi sampai kecoklatan, sekitar 8 menit.

Untuk memanggang terong, panaskan oven hingga 260° Celcius. Olesi kedua sisi irisan terong dengan 2 sendok teh minyak zaitun dan letakkan di atas loyang atau wajan yang cukup besar.

Panggang, balikkan sekali setengah masak, panggang lagi sampai lunak, sekitar 15 menit.

6. Bunga Kol

bunga kol.jpg

Cara mengolah sayuran bunga kol yang benar adalah memanggang atau mengukusnya. Untuk memanggang bunga kol, panaskan oven hingga 260° Celcius. potong kuntum bunga kol menjadi beberapa bagian, lalu sebarkan kuntum pada loyang.

Lapisi dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Panggang, balikkan sekali di tengah proses memanggang, panggang lagi sampai empuk dan mulai kecoklatan, sekitar 15 menit.

Untuk mengukus bunga kol, letakkan kuntum yang juga sudah dibagi menjadi beberapa bagian, letakkan dalam panci pengukus di atas 5 cm air dalam panci besar, disetel dengan api besar. Tutup dan kukus selama 5 menit.

Baca Juga: 3 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Selain Wortel

7. Wortel

wortel

Cara mengolah sayuran wortel yang benar adalah memanggang atau mengukus. Untuk memanggang wortel, cukup panaskan oven hingga 260° Celcius. Potong wortel menjadi dua bagian memanjang kemudian potong lagi menjadi dua bagian.

Letakkan kertas loyang di atas loyang dan taruh wortel di atas loyang. Lapisi dengan 2 sendok teh minyak zaitun. Panggang, balikkan sekali, panggang lagi sampai mulai kecokelatan, sekitar 15 menit.

Mengukus wortel bisa dilakukan dengan memotong wortel bundar dengan ketebalan sedang dan sama. Tempatkan dalam panci kukusan di atas 2,5 cm air yang disetel di atas api besar. Tutup dan kukus selama 4 menit.

Baca Juga: 5 Snack Sehat dari Sayuran dan Buah, Enak Lho!

8. Brokoli

brokoli.jpg

Cara mengolah sayuran brokoli yang benar adalah memanggang atau mengukusnya. Untuk memanggang brokoli, panaskan oven hingga 260° Celcius. Letakkan kertas loyang di atas loyang, dan taruh brokoli yang sebelumnya sudah dibagi menjadi beberapa bagian.

Lapisi brokoli dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Panggang, balikkan sekali, panggang lagi sampai empuk dan kecokelatan di beberapa tempat, sekitar 10 menit.

Untuk mengukus brokoli, terlebih dahulu potong brokoli menjadi dua bagian: batang dan kuntum, lalu taruh dalam panci kukusan di atas 5 cm air, Moms bisa menambah 1 sendok makan jus lemon untuk memberikan cita rasa berbeda.

Setel panci dengan api besar. Tutup dan kukus selama 2 menit. Tambahkan kuntumnya, lalu tutup dan terus kukus hingga lunak, sekitar 5 menit lagi.

Nah, itulah cara mengolah sayuran yang benar. Jangan salah lagi ya Moms!

Artikel Terkait