GAYA HIDUP
2 Agustus 2019

Ketahui Cara Mengusir Tikus di Rumah, Dijamin Tidak Kembali

Jika Moms melihat satu tikus di rumah, artinya selalu ada lebih dari satu tikus!
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Dina Vionetta

Memiliki rumah yang bersih dan asri tentu membuat Moms dan keluarga nyaman. Tetapi, di satu titik akan ada hama yang masuk ke dalam rumah, salah satunya tikus.

Tikus menjadi hama rumah tangga yang sungguh mengganggu. Mereka tidak hanya bisa mengunyah perabotan di dapur, tetapi tikus juga dapat menimbulkan kekacauan serius di rumah.

Bahayanya lagi, tikus dapat menggerogoti kabel, yang dapat menyebabkan kebakaran rumah. Karenanya, penting mengetahui cara mengusir tikus di rumah.

"Mereka membawa banyak penyakit dan bakteri. Penumpukan kotoran tikus dapat memperburuk situasi alergi dan asma juga," jelas Cindy Mannes, juru bicara Asosiasi Manajemen Hama Nasional, mengutip Good Housekeeping.

Bila Moms melihat ada satu tikus di rumah, sayangnya Moms harus menerima kenyataan bahwa sesungguhnya ada lebih dari satu tikus di rumah.

"Mereka mencari hal yang sama dengan yang dicari manusia, makanan, air, dan tempat berlindung. Mereka sudah begitu mahir hidup dengan manusia. Ditambah lagi, mereka berkembang biak dengan sangat cepat," tambah Mannes.

Baca Juga: Sebelum Membeli Furnitur Rumah, Perhatikan 3 Hal Ini

Cara Mengusir Tikus di Rumah

cara mengusir tikus di rumah-1.jpg

Sebelum meletakkan jebakan atau umpan, Mannes menyarankan untuk melakukan sedikit pekerjaan detektif dengan mencari tahu dari mana tikus berasal.

"Cari tahu dari mana mereka berasal karena menempatkan jebakan secara acak di lantai rumah Anda tidak akan ada gunanya," kata Mannes.

Setelah Moms menemukan tempat-tempat itu, atur perangkap di sekitar area umum tersebut. Berikut ini beberapa cara mengusir tikus di rumah yang ampuh.

1. Mengatur Perangkap yang Dibeli di Toko

"Perangkap tikus yang sudah terbukti benar masih sangat efektif," kata Mannes. Ia juga menyarankan untuk menambahkan sedikit selai kacang pada setiap jebakan agar lebih menarik perhatian tikus.

Moms juga dapat menggunakan perangkap yang lebih manusiawi dengan perangkap yang dapat digunakan kembali dan tidak menggunakan lem atau racun, sehingga dapat melepaskan tikus ketika sudah tertangkap.

Baca Juga: Sering Pindah Rumah? Ini Tips agar Rumah Baru Nyaman Ditinggali

2. Gunakan Sealant dan Wol Baja untuk Menutup Rumah

cara mengusir tikus di rumah-2.jpg

Setelah menangani serangan tikus di dalam rumah, Moms harus memastikan tidak ada tikus lain yang bisa masuk. Karena tikus dapat masuk melalui lubang yang berukuran kecil sekalipun.

Bahkan jika lubangnya tidak cukup besar, tikus dapat menggerogoti untuk membuat lubang yang lebih besar lagi.

Namun, hal ini bisa dihindari dengan menggunakan sealant dan wol baja. Sealant adalah bahan yang dapat melekat setidaknya ke dua permukaan dan bekerja sebagai pembatas atau lapisan pelindung.

"Mereka tidak bisa makan sealant dan wol baja. Perhatikan benar-benar di mana pipa yang mengarah masuk ke rumah. Pastikan Anda telah menyaring ventilasi dan lubang cerobong asap bila ada," jelas Mannes.

3. Cek Garasi Rumah

Beberapa tikus juga ada yang tidak langsung masuk ke rumah. Melainkan ia bisa berada di garasi rumah dalam waktu lama.

"Jika mereka masuk ke garasi, mereka mungkin hanya memutuskan untuk tinggal di bawah kap mobil Anda, di mana mesinnya bagus dan hangat," terang Mannes memperingatkan.

Begitu tikus-tikus tersebut berada di bawah kap mobil, mereka dapat mulai memakan kabel dan menyebabkan kerusakan serius pada mobil.

Baca Juga: 6 Cara Menanam Mawar di Rumah Supaya Kebun Tampak Cantik

4. Segel Makanan dalam Wadah Kedap Udara

cara mengusir tikus di rumah-3.jpg

Masukkan bahan makanan ke dalam wadah kedap udara agar aroma makanan tersebut tidak menarik perhatian tikus. Begitu juga dengan makanan hewan, bagi Moms yang memiliki hewan peliharaan.

"Hal lain yang tidak dipikirkan orang: makanan hewan. Jika Anda meninggalkannya di mangkuk anjing sepanjang hari, itu hanya memberi tikus sumber makanan lain," jelas Mannes.

Artikel Terkait