KESEHATAN
26 Juni 2019

Lagi Hits, Ini Manfaat Main Trampolin untuk Anak

Ada banyak manfaat yang didapat Si Kecil dengan melompat-lompat di atas trampolin
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Belakangan, main trampolin menjadi hits di mana-mana. Tak hanya di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa.

Tak heran jika trampolin begitu disukai semua kalangan. Main trampolin tidak membutuhkan keahlian khusus, cukup hanya melompat dan Si Kecil akan memantul dengan sendirinya.

Lalu, adakah manfaat dari bermain trampolin? Ada, kok, Moms. Ini dia beberapa manfaat main trampolin untuk anak, seperti dikutip dari brisbanekids.com.au.

1. Meredakan Stres

bermain trampolin

Foto: parents.com

Melompat di atas trampolin sangat menyenangkan dan ini merangsang tubuh untuk secara alami melepaskan endorfin, yang membantu Si Kecil untuk merasa lebih bahagia dan lebih nyaman. Main trampolin adalah cara yang bagus untuk bersantai dan meredakan stres setelah musim ujian di sekolah.

Baca Juga: 5 Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

2. Membantu Mengatasi Kecemasan

bermain trampolin

Foto: brisbanekids.com.au

Pada anak dengan autisme dan masalah sensorik, main trampolin dapat membantu mengatasi kecemasan. Melompat di atas tampolin akan memberi anak-anak dengan masalah sensorik banyak gerakan untuk merangsang indera mereka.

Sedangkan pada anak dengan autisme dan kebutuhan khusus, melompat di atas trampolin dapat mengalihkan fokus ketika mereka mungkin merasa terlalu terstimulasi di tempat lain. Jika dilakukan sebelum sekolah, trampolin dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus mereka.

3. Meningkatkan Kebugaran

bermain trampolin

Foto: brisbanekids.com.au

Melompat dan memantul adalah hal yang sangat menyenangkan, dan juga merupakan latihan yang bagus untuk meningkatkan kebugaran Si Kecil.

Menurut penelitian yang dikutip dari rebound-aerobics.com, sepuluh menit melompat di trampolin sama halnya dengan berlari 30 menit. Dan studi paling penting tentang melompat dan memantul adalah, ini lebih baik dan lebih efisien daripada berlari.

Baca Juga: 7 Taman Tempat Bermain Anak Paling Seru di Jakarta

4. Meningkatkan Koordinasi Tubuh

bermain trampolin

Ketika memantul di trampolin, Si Kecil harus mengendalikan anggota tubuh dan otot mereka yang berbeda pada saat yang sama, yang dapat membantu meningkatkan koordinasi tubuh mereka.

Saat memantul, Si Kecil juga melibatkan penggunaan kedua sisi tubuh pada saat yang bersamaan, yang dapat meningkatkan keterampilan motoriknya, yang pada gilirannya mengarah pada peningkatan koordinasi, kontrol otot yang lebih baik, dan ketangkasan yang lebih baik.

5. Memperbaiki Postur Tubuh

bermain trampolin

Foto: pixabay.com

Selain memperkuat otot-otot di sekitar sendi Si Kecil, trampolin juga dapat membantu memperkuat otot-otot di sekitar tulang belakang, yang akan meningkatkan kekuatan inti mereka. Kedua manfaat ini adalah kunci untuk memperbaiki postur tubuh Si Kecil.

Melompat dan memantul juga membantu meningkatkan kepadatan tulang Si kecil, sehingga membantu mencegah masalah kesehatan serius seperti osteoporosis di masa mendatang.

Baca Juga: Mengajak Bayi Bernyanyi Ternyata Bermanfaat!

Itulah 5 manfaat main trampolin untuk anak yang harus Moms ketahui. Tapi jangan lupa untuk memerhatikan keselamatan Si Kecil saat bermain trampolin, ya, Moms. Menurut Lori DeBold, M.D., wakil ketua pediatri di Orange Coast Memorial Medical Center, di Fountain Valley, California, meski bermain trampolin cenderung aman, tetapi anak-anak cenderung belum memiliki kontrol atas seberapa tinggi dia memantul dan di mana dia mendarat.

(VAN/IRN)

Artikel Terkait