PASCA MELAHIRKAN
28 Mei 2019

Lakukan 5 Hal Ini Untuk Membersihkan Rumah Sebagai Persiapan Kelahiran Bayi

Persiapkan diri sebelum Si Kecil lahir
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms sudah mengetahui perkiraan waktu persalinan. Segala macam persiapan kelahiran untuk menyambut Si Kecil pun dilakukan.

Namun, jangan melupakan untuk mempersiapkan kondisi rumah usai persalinan dalam kondisi terbaik, sehingga Moms tidak perlu melakukan usaha ekstra pasca melahirkan.

Mengutip dari Parents.com, berikut panduan membersihkan rumah yang perlu dipersiapkan sebelum kelahiran Si Kecil.

1. Buat Rumah Menjadi Aman

persiapan kelahiran bayi-1.jpg

Memiliki bayi di rumah yang dapat merangkak ke dapur dan membuka lemari yang penuh dengan bahan kimia beracun bisa terjadi.

Karenanya, kita wajib membersihkan rumah dari bahan tersebut dan mempersiapkan kondisi rumah dalam keadaan yang bebas bahaya bagi Si Kecil sekarang ketimbang nanti.

Menurut American Academy of Pediatrics, produk pembersih (termasuk cucian dan pencuci piring) dan obat-obatan harus selalu disimpan di tempat yang tidak terlihat dan di luar jangkauan dalam lemari yang terkunci dengan aman.

Darla DeMorrow, pemilik HeartWork Organizing dan penulis Organizing Your Home with SORT and SUCCEED mengatakan, "Gunakan kunci magnetik pada kabinet yang tidak terjangkau. Benda ini bekerja dengan baik pada hampir setiap jenis, mudah dipasang, dan tidak terjepit jari-jarimu."

Baca Juga: Tips Siapkan Diri Jelang Persalinan

2. Persiapan Untuk Tamu

"Sebaiknya habiskan sedikit waktu untuk mengumpulkan apa yang dibutuhkan tamu bermalam, seperti ibu atau sahabat, ketika mereka tinggal," kata Laura Dellutri, penulis Speed ​​Cleaning 101.

Dengan cara ini, Moms tidak akan kerepotan mencari seprai atau handuk saat pulang dari rumah sakit. Pastikan juga ada cukup persediaan untuk pasta gigi, sikat gigi, dan tisu toilet.

3. Buat Ruangan di Kulkas Untuk ASI

persiapan kelahiran bayi-2.jpg

Memiliki bayi berarti Moms harus menyediakan ruang di kulkas untuk ASI, ditambah semua makanan lezat yang mungkin dibawa oleh teman dan keluarga ketika mereka datang untuk melihat Si Kecil.

"Bersihkan lemari es dengan baik, mulai dari atas ke bawah, dan keluarkan semuanya, buang makanan yang sudah kedaluwarsa atau tidak dapat diidentifikasi," kata DeMorrow.

Baca Juga: 4 Manfaat Luar Biasa Menyusui Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

4. Selesaikan Cucian Sebelumnya

Mencuci dan melipat pakaian adalah tugas yang juga penting dilakukan sebelum persalinan tiba. Hal ini juga cukup menyita waktu jika tidak dikerjakan sebelumnya.

Selain membersihkan rumah, cuci baju-baju untuk Si Kecil dengan menggunakan deterjen yang bebas dari pewarna dan parfum, atau yang dibuat khusus untuk bayi.

Baca Juga: Ini Dia 5 Bahan Alami Untuk Membersihkan Peralatan Dapur

5. Bersiap Untuk Noda Pakaian

persiapan kelahiran bayi-3.jpg

Begitu Si Kecil lahir, akan ada banyak noda-noda yang nantinya sering Moms jumpai. Air liur, susu formula, makanan bayi, kotoran, urin, dan lain sebagainya.

Jika Moms tidak berencana untuk segera mencuci pakaian, semprotkan penghilang noda, dan rendam barang dalam air dingin agar dapat dicuci menggunakan mesin cuci.

Itulah tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan rumah dalam menyambut Si Kecil. Yuk, segera lakukan.

(AP)

Artikel Terkait