TREN
17 Januari 2017

Mahasiswa Tingkat Akhir, Ini Cara Agar Cepat Wisuda!

Karena Proses Tak Akan Mengecewakan Hasil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Memasuki semester akhir di bangku perkuliahan bukan hal yang mudah. Saat seperti ini merupakan ujian bagi kesungguhan seorang mahasiswa, apakah mereka fokus untuk menyelesaikan studi untuk mencapai wisuda atau malah mulai asik mencari-cari pekerjaan sampai tugas skripsi terkadang terbengkalai dalam kurun waktu yang cukup lama.

Semakin lama Anda menyelesaikan semester akhir beserta skripsi maupun tugas akhir, Anda akan menjadi begitu sensitif tentang pertanyaan ‘Kapan Wisuda?'. Berikut beberapa saran yang bisa Anda coba, agar gelar sarjana tak hanya sekedar angan-angan.

1. Fokus

Upayakan Anda melepas sejenak dari kebiasaan di luar yang menghabiskan banyak waktu seperti traveling, atau hanya sekedar hang out bersama teman-teman. Bukan menghilangkan kebiasaan tersebut, tapi untuk beberapa bulan Anda harus terfokus bagaimana untuk menyelesaikan skripsi. Jangan merasa tertekan, rencanakanlah suatu reward untuk diri sendiri jika menyelesaikan skripsi Anda dengan baik. Sadarilah, ini tanggung jawab Anda. Jika bukan Anda yang memfokuskan diri untuk menyelesaikan perkuliahan sendiri, siapa lagi?

2. Manage Your Time!

Tidak sedikit mahasiswa yang merasa begitu frustasi dengan proses menyelesaikan skripsi. Dari membuat judul skripsi yang terus ditolak, bimbingan dosen yang selalu molor, sampai revisi yang menurut Anda begitu banyak menyita waktu. Keep calm guys.. Takes your time! Buatlah daftar kegiatan dari Anda mulai bangun tidur sampai malam hari. Jangan memforsir diri Anda begitu keras, jangan lupa jadwalkan waktu istirahat yang ideal.

3. Menikmati Proses

Jika Anda selalu menggerutu karena mendapat dosen pembimbing yang begitu perfeksionis yang begitu mudah mencoret-coret skripsi Anda. Ini suatu proses pendewasaan untuk diri Anda, which is good! Dengan seperti ini Anda akan tahu suatu keberhasilan adalah hasil dari proses yang panjang. Ini akan menjadi modal Anda jika terjun ke dunia kerja. Karena ada begitu banyak diluar sana yang jauh lebih perfeksionis dari dosen pembimbing Anda. Menikmati proses akan membuat pola pikir Anda tidak terlalu terbebani. Pasti Anda pun tahu, proses tidak akan mengecewakan hasil.

Apakah Anda sudah siap untuk menyelesaikan kuliah dan meraih gelar sarjana?

(LMF)

Artikel Terkait