KESEHATAN
3 November 2019

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Anak, Tidak Hanya Wortel!

Cara menjaga kesehatan mata anak dapat disesuaikan dari makanan yang dikonsumsi. Ini ulasannya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Menjaga perkembangan dan pertumbuhan anak tidak lepas dari merawat kesehatan mata anak. Tentunya penglihatan yang baik dan jelas dapat membuat anak semakin aktif dan tidak mengalami kesulitan dalam beraktivitas.

Kesehatan mata anak yang baik tidak lepas dari cara Moms merawatnya sejak berada di dalam kandungan. Nutrisi gizi yang seimbang yang Moms konsumsi saat hamil bisa memengaruhi kondisi penglihatan anak di masa yang akan mendatang.

Baca Juga: Penyebab dan Gejala Sakit Mata pada Anak yang Wajib Diwaspadai

Kapan Harus Memeriksakan Kesehatan Mata Anak?

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Anak-1.jpg

Tidak hanya itu, setelah anak lahir perhatikan beberapa waktu penting untuk dapat memeriksakan kesehatan mata anak, yaitu:

  • Bayi yang baru lahir harus diperiksa kesehatan mata secara umum.
  • Bayi yang lahir dengan kondisi prematur nyatanya lebih rentan memiliki masalah penglihatan sehingga harus diperiksa oleh dokter mata.
  • Saat tahun pertama kehidupannya, bayi harus diskrining rutin untuk kesehatan mata.
  • Saat anak berusia 3,5 tahun - 5 tahun, anak harus menjalani pemeriksaan kesehatan mata dan tes ketajaman visual.
  • Anak-anak yang memakai kacamata harus melakukan pemeriksaan tahunan oleh dokter mata untuk memeriksa jika terjadi perubahan penglihatan.

Perhatikan juga beberapa gangguan penglihatan yang dapat terjadi pada anak, seperti ia menggosok mata secara terus-menerus, penglihatan sensitif terhadap cahaya, mata merah, pergerakan mata yang abnormal.

Selain itu, masalah kesehatan dapat terjadi saat ia sudah masuk sekolah, seperti tidak dapat melihat objek dari kejauhan, mengalami kesulitan membaca papan tulis, menyipitkan mata, dan duduk terlalu dekat dengan gadget.

Jika anak melakukan hal tersebut, sebaiknya segera memeriksakan kesehatan mata anak ke dokter, ya, Moms.

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Mata Merah pada Anak

Jenis Makanan untuk Kesehatan Mata Anak

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Anak-2.jpg

Foto: mnn.com

Selain memeriksakan kesehatan mata anak pada dokter mata, ternyata makanan yang dikonsumsi Si Kecil juga memengaruhi ketajaman visualnya.

Hal ini diungkapkan oleh Rebecca Taylor, M.D, dokter mata yang berasal dari Nashville.

“Wortel sudah terbukti baik untuk kesehatan mata karena membantu retina berfungsi dengan baik. Namun, ada beberapa jenis makan yang juga baik untuk kesehatan mata, seperti sayuran berdaun hijau yang bisa didapatkan dari kale, bayam, dan brokoli untuk membantu menjernihkan penglihatan. Selain itu, konsumsi ikan yang kaya lemak omega-3 asam, seperti salmon, mackerel, dan ikan tuna untuk mencegah mata kering. Buah jeruk juga baik untuk meningkatkan kesehatan retina,” ujar dokter Rebecca, menjelaskan.

Dokter Rebecca juga menganjurkan untuk makan ikan sebanyak dua kali seminggu, dan buah-buahan serta sayuran setiap hari agar kesehatan mata terjaga dengan baik.

Selain beberapa jenis makanan di atas, Moms bisa memberikan beberapa makanan berikut ini untuk menjaga kesehatan mata anak, yaitu:

1. Telur

3 Saat Telur Matang.jpg

Telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan seng yang baik untuk kesehatan mata. Vitamin A mampu melindungi kornea, lutein dan zeaxanthin dapat mencegah degenerasi makula dan penyakit katarak. Sedangkan, seng dapat membantu mengoptimalkan fungsi retina.

Konsumsi telur dengan cara merebusnya, memasukkan ke dalam salad atau sandwich, yang bisa Moms berikan pada Si Kecil.

Baca Juga: Mata Anak Sering Berair, Bagaimana Cara Mengobatinya?

2. Kacang Almond

Obat kolesterol alami tradiional - almond.jpg

Kacang almond, seperti kacang-kacangan lainnya, baik untuk kesehatan mata. Almond kaya akan vitamin E yang menjaga penglihatan mata agar lebih tajam.

Kacang almond bisa diolah dalam sereal, yogurt atau salad. Hanya saja, perhatikan porsinya karena kacang almond tinggi kalori.

3. Daging Sapi

cutted-beef-steak-cuisine-concept_53876-23368.jpg

Daging sapi mengandung seng dan mineral yang dapat mengoptimalkan kerja retina pada mata. Untuk itu, Moms bisa menjadikan menu daging sapi pada makanan sehari-hari anak.

Banyak makanan yang bisa diolah dari daging sapi, tinggal sesuaikan dengan keinginan anak, ya, Moms!

Itulah jenis-jenis makanan yang bisa dicoba untuk menjaga kesehatan mata anak. Yuk, rawat mata anak sejak dari dini, ya!

(DG)

Artikel Terkait