KEHAMILAN
14 Januari 2020

4 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil dengan Diabetes, Jangan Bandel ya Moms!

Moms wajib menghindari minuman dan makanan manis ya!
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, apakah kini tengah hamil dan diagnosis dengan diabetes seperti diabetes gestasional? Awalnya, Moms akan merasakan stres terutama soal menjaga makanan serta bila membiarkannya maka baik Moms dan Si Kecil akan berada dalam masalah.

Akan tetapi, dengan mengetahui makanan yang harus dihindari ibu hamil yang terkena diabetes gestasional tentunya akan menghindarkan Si Kecil dari komplikasi yang tidak diinginkan. Memakan dengan sesuai anjuran tentu akan membuat Moms dan Si Kecil sehat.

Baca Juga:5 Hal yang Harus Dilakukan Penderita Diabetes saat Hamil

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil dengan Diabetes

Dilansir dari jurnal keluaran American Diabetes Association, rencana makan ibu hamil yang terkena diabetes harus didasari pada penilaian gizi dengan panduan dari Dietary Reference Intakes (DRI). DRI untuk semua ibu hamil merekomendasikan minimal 175 g karbohidrat, minimum 71 g protein, dan 28 g serat.

Sebagaimana berlaku untuk semua terapi nutrisi pada pasien dengan diabetes, jumlah dan jenis karbohidrat akan berdampak pada kadar glukosa.

Untuk mempermudah hal tersebut. Moms pun bisa mengetahui jenis makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil yang terkena diabetes secara umum, berikut ini:

1. Minuman Manis

Minuman Bersoda

Makanan yang harus dihindari ibu hamil dengan diabetes yang pertama adalah minuman manis. Hindari soda dan jus buah.

"Bahkan semua jus alami, organik, tanpa tambahan gula mengandung karbohidrat dan akan meningkatkan gula darah Anda. Cobalah meminum air dengan lemon,” terang seorang ahli diet dan pendidik diabetes di Pusat Endokrinologi di Mercy Medical Center di Baltimore, Leigh Tracy, RD, CDE, LDN.

2. Permen

Permen

Makanan yang harus dihindari ibu hamil dengan diabetes yang selanjutnya adalah permen. Moms, memiliki keinginan mengonsumsi manis seperti permen dan kue merupakan hal yang harus Moms hindari ketika menderita diabetes gestasional.

Jadi, ada baiknya untuk menghindari terlebih dulu karena gula serta karbohidratnya.

3. Makanan Super-Pati

Karbohidrat

Makanan yang harus dihindari ibu hamil dengan diabetes yang selanjutnya adalah makanan super-pati. Ibu hamil yang terkena diabetes gestasional bukan berarti harus melewati karbohidrat seperti kentang, pasta, nasi putih, dan roti sepenuhnya.

Tetapi Moms harus membatasi mereka dengan memasangkannya dengan karbohidrat dan lemak,serta mencoba memilih gandum utuh atau versi yang kaya akan serat.

4. Diet tanpa Karbohidrat

3 Karbohidrat Kompleks.jpg

Makanan yang harus dihindari ibu hamil dengan diabetes yang selanjutnya adalah diet tanpa karbohidrat. Walaupun terkena diabetes gestasional, Moms ada baiknya tidak mencoba memotong karbohidrat sepenuhnya lantaran tubuh membutuhkan mereka.

Baca Juga:Ibu Hamil Diabetes, Bisakah Menurun Pada Bayi? Benarkah Diabetes Diwariskan Silang

Nah, itulah beberapa makanan yang wajib Moms hindari saat hamil dengan diabetes. Merencanakan makanan dan makan pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu menjaga agar gula darah Moms tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Tetapi ada hal yang harus Moms ingat yaitu makan untuk dua orang tidak berarti Anda harus makan dua kali lebih banyak. Moms, hanya membutuhkan sekitar 300 kalori lebih banyak setiap hari saat hamil. Dan fokus pada mendapatkan makanan yang lebih bergizi daripada hanya makan lebih banyak.

Artikel Terkait