KESEHATAN
22 September 2020

9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Ternyata, bawang putih juga bisa menjadi antibiotik bagi tubuh yang terinfeksi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Intan Aprilia

Sejak zaman kuno, bawang putih dinilai memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan. Hal itu masih terus dilakukan oleh banyak orang dari berbagai daerah.

Simran Saini, ahli nutrisi yang berbasis di Delhi sekaligus konsultan penurunan berat badan, adalah seorang penggemar bawang putih karena dinilai sangat bermanfaat.

"Kandungan sulfur yang tinggi dalam bawang putih memberikannya sifat antibiotik, membantu menjaga sistem pencernaan tetap bersih dengan membuang racun. Bawang putih juga membantu membangun kekebalan terhadap flu dan mencegah penyakit jantung dengan membersihkan pembuluh darah yang tersumbat," katanya seperti dilansir dari NDTV Food.

Menurutnya manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah fungsinya untuk peremajaan dan penyembuhan bekas luka kulit.

Bawang putih dinilai mampu menjadikan kulit bercahaya karena menjaga tubuh dari dalam agar tetap dalam kondisi prima.

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan yang mungkin tidak Moms ketahui.

1. Membersihkan Darah

manfaat bawang putih

Foto: Orami Photo Stock

Dapat membersihkan darah dalam tubuh sehingga mampu menghilangkan jerawat adalah manfaat bawang putih untuk kesehatan yang bisa Moms dapatkan.

Caranya yaitu makan dua siung bawang putih mentah dengan air hangat setiap hari dan konsumsi cukup air sepanjang hari.

Jika Moms ingin mengurangi beberapa kilogram berat tubuh, setengah lemon dengan air panas dan dua siung bawang putih akan membantu Moms membersihkan sistem pencernaan dan membuang racun atau detoks.

2. Meredakan Flu

Cuaca dingin dan kelelahan terkadang membuat Moms terserang flu. Mengambil 2-3 siung putih mentah ataupun matang dalam sehari atau menyeruput ‘teh’ bawang putih dicampur jahe atau madu, tidak hanya akan meringankan hidung yang tersumbat dan menyembuhkan pilek, tetapi juga dapat menambah kekebalan tubuh agar lebih fit.

Dilansir dari penelitian Advances in Therapy, mengonsumsi bawang putih setiap hari dapat mengurangi flu sebanyak 63% dibanding placebo.

Menurut Dr. Shikha Sharma, ahli kesehatan dan kebugaran yang berbasis di Delhi sekaligus pendiri Nutrihealth mengatakan, salah satu manfaat bawang putih untuk kesehatan dirasakan oleh pemakan daging.

Mereka meyakini bahwa daging dapat menyebabkan infeksi yang dapat ditangkal oleh bawang putih.

"Selain itu, bawang putih dapat ditambahkan ke semur panas, kaldu dan sup untuk melawan sinusitis, meriang dan flu. Manfaat bawang putih akan lebih maksimal apabila dikonsumsi mentah," ujarnya.

Baca Juga: Enggak Nyangka, 5 Khasiat Bawang Ini Bisa Melawan Penyakit di Tubuh

3. Mencegah Penyakit Jantung

manfaat bawang putih untuk kesehatan

Foto: Orami Photo Stock

Mengkonsumsi bawang putih setiap hari baik dicampur dalam makanan atau dikonsumsi mentah, membantu menurunkan kadar kolesterol karena sifat anti-oksidan dari allicin.

Ini juga sangat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan kadar gula darah.

4. Anti Bakteri dan Parasit

Salah satu manfaat bawang putih untuk kesehatan yang sudah ditemukan sejak dahulu adalah khasiatnya sebagai antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri, jamur, dan parasit.

Studi menunjukkan ekstrak bawang putih cair juga dapat membantu anak-anak yang terserang infeksi cacing pita.

Begitu pula olahannya sebagai bahan dasar obat kumur, meskipun berbau cukup kuat, ekstraknya dapat menangkal bakteri.

5. Mencegah Kanker

manfaat bawang putih untuk kesehatan bisa mencegah kanker

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara konsumsi bawang putih setiap hari dan pencegahan penyakit lambung serta kanker kolorekta.

Dikatakan bahwa manfaat bawang putih bagi pasien kanker adalah menambah kekebalan tubuh.

Baca Juga: Tak Hanya Mencegah Kanker, Ini 4 Manfaat Lain Rajin Mengonsumsi Bawang

6. Untuk Kulit dan Rambut

Dilansir dari Cleveland Clinic, ahli nutrisi Laura Jeffers, MEd, RD, LD, mengungkapkan bahwa bawang putih memiliki sifat antioksidan dan antibakteri untuk mengatasi jerawat di kulit.

Manfaat ini dapat terasa secara efektif bila kita menggosokkan bawang putih mentah ke bagian yang berjerawat. Tapi hati-hati, karena bisa menimbulkan sensasi panas di kulit.

Selain itu, bawang putih juga dapat membantu mengobati infeksi jamur serta penyakit kulit seperti eksim.

Sementara untuk rambut, dengan hanya mengoleskan ekstrak bawang putih yang dihancurkan atau memijat rambut dengan minyak yang mengandung bawang putih, diketahui dapat mencegah rambut rontok.

7. Rendah Kalori

manfaat bawang putih untuk kesehatan, rendah kalori

Foto: Orami Photo Stock

Bagi Moms yang sedang diet, biasanya disarankan untuk mengurangi konsumsi gula, garam, dan msg yang tinggi akan natrium.

Namun, tenang saja Moms masih bisa menggunakan bawang putih sebagai bumbu masakan karena jenis bawang ini punya kalori yang rendah.

Dilansir dari Departemen Pertanian AS, 1 siung bawang putih memiliki 4,5 kalori, 0,2 gram protein, dan 1 gram karbohidrat.

Baca Juga: Mengenal Diet Defisit Kalori, Turunkan Berat Badan dengan Cepat!

8. Mencegah Penyakit Gangguan Memori

Manfaat bawang putih untuk kesehatan ini memang tidak diduga ya, Moms?

Kerusakan oksidatif dari radikal bebas bisa menyebabkan gangguan memori seperti demensia dan Alzheimer.

Penelitian Journal of Nutrition menjelaskan bahwa bawang putih mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

Studi Molecular and Cellular Biochemistry menunjukkan suplemen bawang putih terbukti bisa meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh, serta mengurangi stres oksidatif bagi penderita tekanan darah tinggi.

9. Menambah Energi dan Kekuatan

manfaat bawang putih untuk menambah energi

Foto: Orami Photo Stock

Bawang putih adalah rempah-rempah yang dikenal bisa menambah energi dan kekuatan, terutama bila kita melakukan banyak aktivitas seharian.

Penelitian The Indian Journal of Physiology and Pharmacology membuktikan bahwa penderita penyakit jantung yang mengonsumsi minyak bawang putih selama 6 minggu mengalami 12% penurunan detak jantung dan mampu berolahraga lebih lama.

Baca Juga: 11+ Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi, Yuk Pahami!

Nah, sekarang sudah tahu kan manfaat bawang putih untuk kesehatan? Mulai sekarang perbanyak konsumsi bawang putih ya Moms!

Artikel Terkait