BALITA DAN ANAK
7 Agustus 2020

Kenali 8 Manfaat Bengkuang untuk Anak

Cek manfaat buah bengkuang untuk anak di bawah ini, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms pasti familiar dengan buah bengkuang, kan? Biasanya buah ini sering digunakan sebagai bahan campuran kosmetik karena baik untuk kulit. Tidak hanya untuk kosmetik saja, buah bengkuang ternyata juga banyak punya banyak manfaat lain.

Menurut Suyadi Wongsowijoyo, penulis yang menulis tentang manfaat tumbuh-tumbuhan untuk kesehatan, bengkuang merupakan umbi yang kaya akan zat gizi yang penting bagi kesehatan, terutama kandungan vitamin dan mineralnya.

Kandungan vitamin tertinggi dalam bengkuang adalah vitamin C, sedangkan mineral yang terkandung adalah fosfor, zat besi, dan kalsium. Kedua kandungan ini baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Tadulako di Palu, vitamin C memiliki peran penting sebagai antioksidan yang kuat, membantu menguatkan pembuluh darah untuk menyembuhkan luka dan pembentukkan tulang.

Selain itu, vitamin C juga mempercepat penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga bagus untuk hemoglobin. Manfaat penting dalam mengonsumsi vitamin C bagi anak adalah mencegah anak dari anemia dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain mengandung vitamin dan mineral yang sudah disebutkan di atas, nutrisi lain yang dihasilkan oleh bengkuang ialah karbohidrat, protein, dan lemak.

Satu buah bengkuang mengandung kira-kira sebanyak 49 kalori, 12 gram karbohidrat, 1 gram protein, 0,1 gram lemak, dan 6,4 gram serat. Sangat banyak bukan kandungan nutrisinya?

Manfaat Bengkuang Untuk Anak

Jika Moms masih ragu untuk memilih bengkuang, berikut adalah paparan manfaat bengkuang untuk anak yang harus Moms ketahui. Simak, yuk.

1. Menyehatkan Jantung

manfaat bengkuang untuk anak

Foto: Orami Stock Photos

Manfaat bengkuang untuk anak yang pertama adalah dapat menyehatkan jantung. Di dalam bengkuang kaya akan serat makanan larut yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh Si Kecil dengan mencegah empedu supaya tidak diserap kembali di usus. Serta, mencegah hati untuk membuat lebih banyak kolesterol.

Bengkuang juga kaya akan kalium, yang bisa menurunkan tekanan darah dengan membuat pembuluh darah lemas. Selain itu, bengkuang juga kaya akan tembaga dan zat besi, sehingga mampu meningkatkan sirkulasi darah merah yang sehat.

Baca Juga: Anak Tidak Mau Makan Buah dan Sayur, Bagaimana Cara Mengatasinya?

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat Bengkuang Untuk Anak 2.jpg

Foto: Freepik.com

Kandungan vitamin dalam bengkuang yang perlu Moms ketahui selanjutnya adalah B6. Vitamin B6 bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan kemampuan kognitif.

Selain itu, B6 juga berguna untuk mempercepat proses metabolisme dan efisiensi berbagai sistem organ. Serta, kandungan serat dan karbohidrat kompleks pada bengkuang juga baik untuk menjaga kelancaran aliran darah di otak.

Vitamin B6 yang terkandung di dalam bengkuang juga dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah, serta mengubah protein menjadi energi.

3. Melancarkan Pencernaan

manfaat bengkuang untuk anak 3.jpg

Foto: Freepik.com

Salah satu manfaat bengkuang untuk anak lainnya adalah melancarkan pencernaan. Bengkuang tinggi akan kandungan serat dan kadar air, yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan.

Serat dapat membuat feses anak menjadi lebih lunak dan mudah bergerak melalui saluran pencernaannya.

Selain itu, bengkuang juga mengandung jenis serat yang disebut inulin. Di mana, sebuah studi menunjukkan bahwa inulin mampu meningkatkan frekuensi Buang Air Besar (BAB) sampai 31% pada penderita konstipasi.

Serat inulin juga tidak mengandung gula, sehingga Moms tak perlu khawatir dengan kandungan gula pada bengkuang.

Baca Juga: 7 Camilan yang Mengandung Probiotik, Baik untuk Pencernaan Anak

4. Sumber Vitamin C

manfaat bengkuang untuk anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Manfaat bengkuang untuk anak yang berikutnya adalah untuk menjaga sistem imun anak. Bengkuang mengandung kadar vitamin C yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 44% atau sekitar 20 mg.

Vitamin C merangsang sel-sel darah putih sebagai pertahanan tubuh terhadap penyakit dan berperan untuk melawan bakteri, virus, dan jamur yang rentan menyerang anak-anak.

5. Menguatkan Tulang

manfaat bengkuang untuk anak 5.jpg

Foto: Freepik.com

Anak-anak sangat membutuhkan fosfor, zat besi, dan kalsium untuk membantu menguatkan tulang dan menjaga kesehatan tulang. Ketiga mineral ini dapat Moms temukan dalam buah bengkuang.

Selain mineral di atas, bengkuang juga mengandung mangan, magnesium, dan tembaga yang sangat baik untuk memadatkan sehingga memperkokoh tulang. Kandungan mineral-mineral ini juga baik untuk kesehatan gigi dan gusi, lho.

Baca Juga: Cara Mencukupi Kebutuhan Vitamin D Anak untuk Pertumbuhan Tulang

6. Mengurangi Risiko Kanker

manfaat bengkuang untuk anak 6.jpg

Foto: Freepik.com

manfaat bengkuang untuk anak selanjutnya adalah dapat mengurangi risiko anak terkena kanker di usia senja bisa dimulai sejak dini Moms. Bengkuang mengandung vitamin antioksidan seperti vitamin C dan E, selenium, serta betakaroten.

Antioksidan berfungsi menetralisir radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan kanker. Selain itu, bengkuang juga memiliki serat yang dapat mencegah kanker usus besar.

Bengkuang memang memiliki banyak manfaat, tetapi Moms juga perlu tahu terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi bengkuang:

  1. Bengkuang memiliki daun yang tidak boleh dikonsumsi, karena daunnya beracun. Racun di daun ini berfungsi untuk melindungi bengkuang dari serangga.
  2. Bengkuang memiliki kandungan serat yang tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan gangguan pencernaan. Moms harus ingat setiap nutrisi memiliki dosis tertentu yang dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Baca Juga: Kenali 5 Jenis Kanker pada Anak yang Perlu Diwaspadai

7. Kaya Antioksidan

manfaat bengkuang untuk anak

Foto: Orami Stock Photos

Bengkuang kaya akan antioksidan, serat, dan prebiotik, yang semuanya sudah terbukti melindungi terhadap berbagai jenis kanker tertentu.

Antioksidan yang terkandung di dalam bengkuang juga bermanfaat untuk mencegah efek buruk radikal bebas, termasuk pada kulit anak.

8. Menurunkan Berat Badan

manfaat bengkuang untuk anak

Foto: Orami Stock Photos

Bengkuang juga merupakan makanan pada nutrisi. Umbi ini mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan, namun tetap relatif rendah kalori.

Bengkuang juga banyak mengandung air dan serat, yang bisa membantu Si Kecil kenyang lebih lama.

Serat inulin prebiotik juga terkandung di dalam bengkuang, yang dikaitkan pada penurunan berat badan, terbukti mempunyai dampak pada hormon yang memengaruhi rasa lapar dan kenyang.

Maka dari itu, manfaat bengkuang untuk anak tidak hanya akan meningkatkan jenis bakteri usus yang membantu penurunan berat badan, namun juga bisa membantu ia merasa lebih kenyang setelah makan.

Baca Juga: Si Kecil Kelebihan Berat Badan? Ini 6 Aturan Diet untuk Anak Obesitas

Bagaimana Moms penjabaran manfaat bengkuang untuk anak di atas? Mulai ajak Si Kecil konsumsi bengkuang tapi dalam porsi yang wajar, ya. Semoga Si Kecil sehat selalu!

Artikel Terkait