KEHAMILAN
21 September 2020

9 Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Cara Mudah Mengolahnya!

Ingin camilan sehat dan penuh manfaat selama hamil? Buah bit bisa menjadi alternatif yang tepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Tak perlu diragukan lagi, buah bit adalah sayuran akar sehat yang dikonsumsi banyak orang di seluruh dunia.

Manfaat buah bit untuk ibu hamil juga banyak sekali. Jika Moms tengah hamil dan mendambakan makanan manis, makan buah bit bisa menjadi pilihan makanan yang sehat.

Apalagi jika Moms tidak ingin berat badan naik terlalu drastis saat hamil akan konsumsi makanan yang menggemukkan dan tidak bergizi seperti permen atau kue.

Moms diizinkan untuk mengonsumsi buah bit dalam jumlah sedang selama kehamilan. Jumlah yang disarankan adalah sekitar dua buah dalam sehari.

Secara umum, sayuran ini dikenal memiliki khasiat seperti pemurni darah, detoksifikasi, dan merevitalisasi tubuh. Buah ini pun dapat dikonsumsi mentah, dimasak, atau dibuat jus sehat.

Baca Juga: Manfaat Buah Bit Bagi Anak-Anak

Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Secara umum, buah bit mengandung beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan selama kehamilan, seperti folat, kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan serat.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat buah bit untuk ibu hamil yang akan
Moms dapatkan jika rutin mengonsumsinya.

1. Mencegah Cacat Lahir

Mengutip artikel yang dipublikasikan oleh University of Wisconsin – Madison, ternyata bit adalah salah satu makanan dengan kandungan asam folat tertinggi.

Manfaat buah bit untuk ibu hamil apabila rutin mengonsumsinya, maka ini akan membantu perkembangan sistem saraf bayi dan dapat meminimalkan risiko cacat lahir seperti misalnya spina bifida.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sussannah Marriott menyebutkan dalam bukunya yang berjudul Superfoods for Pregnancy bahwa buah bit memiliki sifat antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Ini menjadi salah satu manfaat buah bit untuk ibu hamil yang sangat penting guna menghindarkan mereka dari berbagai risiko penyakit dan infeksi.

3. Mencegah Pengeroposan Gigi

Mengutip jurnal dari U.S. National Library of Medicine, manfaat buah bit untuk ibu hamil juga memiliki kandungan silika yang baik, yang memungkinkan tubuh memanfaatkan mineral seperti magnesium dan tembaga.

Bersamaan dengan itu, buah bit juga mengandung kalsium dan magnesium, yang dapat membantu wanita hamil mencegah pengeroposan gigi.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Buah bit menyediakan kalium yang cukup sehingga dapat membantu menyeimbangkan elektrolit di dalam tubuh ibu hamil.

Kalium ini juga kemudian dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah pada ibu hamil. Ini menjadi manfaat buah bit untuk ibu hamil yang tak kalah menarik.

5. Mengatasi Nyeri Sendi dan Bengkak

Selagi hamil, Moms pasti akan jadi lebih mudah mengalami pembengkakan, seperti misalnya kaki akibat terlalu lama berdiri.

Namun kini Moms tak perlu khawatir lagi, karena berkat betalain di dalam buah bit bengkak dan nyeri akan berkurang. Ini karena senyawa tersebut bertindak sebagai agen anti-inflamasi yang kuat.

Alhasil, dengan rutin makan buah bit, Moms bisa merasakan manfaat buah bit untuk ibu hamil dan terhindar dari rasa sakit dan bengkak pada persendian.

6. Membersihkan Darah

Mengutip artikel dari Mom Junction, buah bit juga memiliki kemampuan untuk memurnikan darah, dan buah ini juga dapat membantu mencegah risiko penyakit dan infeksi pada janin.

Manfaat buah bit untuk ibu hamil lainnya adalah, saat mengonsumsi jus bit juga bisa meningkatkan stamina fisik ibu hamil dan menjaga tekanan darah tetap normal.

7. Mencegah Anemia

Selama hamil, wanita akan membutuhkan lebih banyak zat besi untuk mendukung pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Mencegah anemia bisa menjadi salah satu manfaat buah bit untuk ibu hamil selanjutnya.

Untungnya buah bit mengandung zat besi yang dapat meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah. Dengan begini, Moms akan terhindar dari anemia dan bayi di dalam kandungan akan tumbuh dengan sehat.

8. Meningkatkan Fungsi Hati

Meningkatkan fungsi hati merupakan manfaat buah bit untuk ibu hamil lainnya. Dalam buku Neal's Yard Remedies Healing Foods, disebutkan bahwa buat bit juga memiliki sifat membersihkan organ hati.

Ini karena sekelompok antioksidan yang disebut betacyanins di dalam buat bit mampu bertindakan untuk mengeluarkan racun di dalam hati.

9. Menjaga Sistem Pencernaan

Selama hamil, Moms pasti akan merasakan beberapa kali gejala sembelit. Pasalnya selama hamil, pergerakan usus akan melambat. Manfaat buah bit untuk ibu hamil dapat menjaga sistem pencernaan.

Untungnya, kandungan serat makanan yang tinggi dalam bit dapat meningkatkan pencernaan dan kemudian membantu pergerakan usus yang sehat.

Baca Juga: 10 Cemilan Sehat dan Enak untuk Ibu Hamil

Efek Samping Buah Bit untuk Ibu Hamil

efek samping buah bit untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Terlepas dari ragam manfaat buah bit untuk ibu hamil, hal paling pertama, Moms harus mendiskusikan kepada dokter mengenai porsi yang aman makan buah bit dalam sehari selama kehamilan.

Jika dokter memberi tahu untuk tidak makan bit secara berlebihan, mungkin ada beberapa alasannya. Sebab ada juga beberapa efek samping yang akan terjadi jika Moms terlalu banyak konsumsi buat bit selama kehamilan.

Efek samping tersebut, antara lain:

  • Karena buah bit mengandung betaine, maka ia bisa memicu mual, muntah, diare, dan masalah pencernaan lainnya.
  • Karena mengandung oksalat yang tinggi, maka buah bit bisa menyebabkan batu ginjal.
  • Ibu hamil juga bisa merasa kelelahan akibat terlalu banyak asupan nitrat di dalam buah bit.
  • Terlalu banyak makan buah bit juga bisa menyebabkan beeturia, yakni suatu kondisi di mana urin dan tinja menjadi merah.

Oleh karena itu, ikuti saran dokter jika ingin mendapatkan manfaat dari konsumsi buat bit.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Nangka, Amankah?

Waktu Terbaik Konsumsi Buat Bit untuk Ibu Hamil

Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Buat Bit Selama Kehamilan.

Foto: newkidscenter.com

Moms sudah mengetahui apa saja manfaat buah bit untuk ibu hamil, dan mungkin perlu memasukkan buah bit pada trimester pertama karena sayuran ini memiliki asam folat yang diperlukan untuk perkembangan sumsum tulang belakang bayi.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, ibu hamil mungkin membutuhkan sekitar 400 hingga 800 mcg asam folat per hari, dan bit berukuran rata-rata mengandung 100 hingga 150 mcg asam folat.

Mengonsumsi sayuran pada trimester kedua juga dapat memberikan nutrisi penting yang mungkin berguna untuk kehamilan yang sehat.

Ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk memasukkan buah bit ke dalam makanan sehari-hari. Caranya antara lain:

  • Iris dan gabungkan buah bit dengan sayuran lain untuk membuat salad.
  • Panggang bersama sayuran lain.
  • Rebus bit dan bumbui dengan garam dan merica untuk membuat hidangan yang sehat.
  • Jus bit dan wortel adalah menu sarapan atau minuman malam yang enak.
  • Parut bit dan tambahkan ke adonan untuk membuat camilan.

Baca Juga: Lezatnya Sup dari Buah Bit untuk MPASI Si Kecil

Penyajian Buah Bit untuk Ibu Hamil yang Lezat

Beberapa orang mungkin tidak terbiasa mengonsumsi buah bit. Moms dan anggota keluarga lain mungkin merasa aneh jika memakan buah bit secara mentah atau tidak dijadikan minuman atau makanan lain yang lebih familiar rasanya.

Nah, berikut ini ada beberapa cara mengolah buah bit merah nan cantik yang mungkin akan disukai Moms dan anggota keluarga lainnya. Simak resepnya berikut!

1. Jus Buah Bit

Jus Buah Bit.

Foto: momjunction.com

Cara yang paling mudah untuk mengonsumsi buah bit untuk ibu hamil adalah dengan mengolahnya menjadi jus.

Dalam satu cangkir jus bit terdapat sekitar 5g serat dan setengah jumlah gula dibandingkan dengan satu cangkir jus jeruk segar yang hanya mengandung 1 gram serat.

Tak hanya itu, buah bit juga cocok untuk dicampur dengan semua buah atau sayuran. Buah ini juga bisa dimanfaatkan untuk menambah warna pada jus.

Moms bisa mencoba mencampur buah bit dengan apel dan wortel. Untuk cita rasa yang lebih unik dan sedikit pedas, Moms bisa mencampurkannya dengan sedikit jahe. Namun jangan menyaring lagi jus buah bit, karena ini akan memisahkan serat dari jus.

2. Teh Buah Bit

Teh Buah Bit

Foto: indiatimes.com

Tak hanya jus sehat, buah bit juga bisa dijadikan teh dengan cita rasa yang unik dan bebas kafein yang bisa dinikmati di rumah dan memberikan manfaat buah bit untuk ibu hamil. Teh buah bit ini punya khasiat dan pastinya menyegarkan.

Moms hanya perlu merebus satu liter air di dalam panci dan kemudian menambahkan 4 buah bit yang sudah dikupas dan diparut halus, ½ cangkir madu, dan 2 buah lemon peras.

Biarkan air mendidih dan kemudian matikan api dan biarkan campuran terendam hingga sekitar 20 menit. Jika sudah, sajikan dengan hiasan daun mint untuk menambah kesegaran.

Baca Juga: 26 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil, Catat!

3. Buah Bit Panggang

Buah Bit Panggang

Foto: sndimg.com

Cara sederhana lain untuk mengonsumsi buah bit adalah dengan memanggangnya.

Proses pemanggangan ini akan membantu mengeluarkan rasa manis dari buah bit, dan karamelisasi gula alami dari buah ini akan membuat buah bit terasa lebih lezat, dan tentunya memberikan manfaat buah bit untuk ibu hamil.

Untuk membuatnya, Moms bisa bersihkan dahulu buah, lalu pastikan buah bit dibungkus dengan aluminium foil saat dipanggang supaya tidak mengering.

Moms bisa memanggang dengan suhu 400 derajat Celsius selama 1 jam 15 menit. Jika sudah, kupas buah dan bumbui dengan cuka balsamic dan kulit jeruk secukupnya.

4. Keripik Buah Bit

Keripik Buah Bit

Foto: cookinglight.timeinc.net

Untuk Moms yang ingin mengonsumsi camilan ringan yang bisa dimakan sambil bersantai, maka keripik buah bit bisa menjadi pilihan.

Apalagi warnanya yang merah cerah ini membuat buah bit mirip dengan ubi merah. Tak hanya untuk ibu hamil, keripik buah bit juga bisa menjadi camilan sehat sekelurga.

Untuk membuatnya, siapkan 650 gram buah bit dan potong tipis sekitar 1-2 milimeter. Setelah itu, panaskan oven sampai 155 derajat Celsius olesi loyang dengan minyak zaitun atau kertas roti.

Susun buah bit yang sudah diiris dan oven selama 2 jam hingga kering, garing, dan renyah. Biarkan beberapa saat dan masukkan ke dalam wadah kedap udara.

5. Salad Buah Bit

Salad Buah Bit

Foto: Orami Photo Stock

Sudah jelas bahwa salad sangat identik sebagai makanan yang sehat. Moms pun bisa menyampurkan buah bit ke dalam salad untuk memberi warna pada salad.

Selain diiris dengan tipis, Moms bisa memarutnya supaya lebih mudah dimakan, dan rasakan manfaat buah bit untuk ibu hamil untuk Moms dan janin.

Untuk sausnya, Moms bisa menggunakan yogurt tanpa lemak. Setelahnya tambahkan juga dengan cuka balsamic dan rempah segar. Buah bit mentah adalah pelengkap salad sehat yang dapat dibuat dengan mudah di rumah.

6. Acar Buah Bit

Acar Buah Bit

Foto: bbci.co.uk

Acar buah bit adalah olahan lain yang bisa digunakan sebagai camilan, salad, atau sebagai tambahan saat membuat roti isi atau tortilla roll.

Untuk membuatnya, Moms memerlukan sekitar enam hingga tujuh buah yang kecil, setengah cangkir gula, ¼ cangkir cuka putih, ½ sendok teh merica hitam, ¼ sendok teh garam, dan 2 lembar daun salam.

Pertama-tama, buang akar dan batang hijau satu inci dari akar bit dan gosok hingga bersih, untuk menghilangkan kotoran.

Masukkan ke dalam panci berukuran sedang dan tambahkan air untuk merebusnya. Lalu, tutup panci dan didihkan dan biarkan selama 45 menit sampai empuk.

Angkat airnya, dan bilas dengan air dingin dan biarkan buah bit menjadi dingin. Setelah itu, kupas kulitnya dan iris tipis-tipis ke dalam mangkuk besar.

Buat air rendaman dengan mencampurkan cuka, gula, garam, merica, dan daun salam dalam panci terpisah. Tuang campuran tadi di atas irisan bit.

Tutup dan rendam pada suhu kamar selama setengah jam. Jika sudah, buang daun salam dan simpan dalam toples kedap udara untuk digunakan nanti.

Itu dia Moms manfaat buah bit untuk ibu hamil dan beberapa cara pengolahan buah bit yang bisa dilakukan di rumah. Tunggu apa lagi, yuk coba praktikkan resep ini di rumah ya!

Artikel Terkait