KEHAMILAN
10 Juni 2020

7 Manfaat Chia Seed untuk Ibu Hamil, Wajib Tahu!

Mengandung banyak manfaat untuk ibu dan janin
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Biji chia atau chia seeds merupakan salah satu superfood bagi ibu hamil. Mengandung protein, vitamin, dan asam lemak, biji chia bermanfaat terhadap perkembangan janin.

Bagi ibu hamil, biji-bijian kecil ini dapat membantu meningkatkan energi yang dibutuhkan tubuh mempersiapkan untuk persalinan.

Biji chia kaya akan banyak nutrisi termasuk zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, mangan, tembaga, seng, dan kalium. Selain itu, biji chia kaya protein, serat dan lemak sehat. American Pregnancy Association menyarankan selama trimester kedua dan ketiga kehamilan, ibu hamil membutuhkan sekitar 300 kalori ekstra per hari.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), biji chia mengandung 138 kalori per ons atau 2 sendok makan, sehingga dapat berkontribusi untuk kebutuhan energi.

Baca Juga: Resep Blue Chia Seeds Pudding, Lembut Banget!

Manfaat Chia Seed untuk Ibu Hamil

Dengan berbagai kandungan nutrisi dalam biji chia, lalu apa manfaat chia seed untuk ibu hamil? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Mencegah Sembelit

manfaat chia seed untuk ibu hamil

Foto: momjunction.com

Manfaat chia seed untuk ibu hamil yang pertama adalah mencegah sembelit. Sembelit merupakan keluhan yang umum dirasakan ibu hamil, maka serat merupakan komponen kunci penting untuk sistem pencernaan yang sehat.

USDA melaporkan bahwa 1 ons, atau sekitar 2 sendok makan biji chia mengandung 9,8 gram atau 39 persen dari kebutuhan serat harian.

Josh Axe, DC, DNM, CNS, dokter chiropraktik, dokter bersertifikat obat alami dan ahli gizi klinis dalam website-nya draxe.com, menyebutkan, mengonsumsi biji chia selama awal kehamilan sangat membantu mengatasi sembelit.

”Jika dapat menghindari sembelit, kemungkinan besar juga akan terhindar dari rasa sakit dan iritasi yang dikarenakan wasir,” jelasnya.

2. Mengandung Protein untuk Perkembangan Janin

manfaat chia seed untuk ibu hamil

Foto: lifealth.com

Manfaat chia seed untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mengandung protein untuk perkembangan janin. Ibu hamil perlu mengonsumsi sekitar 75 hingga 100 gram protein per hari.

Protein sangat penting untuk perkembangan sel dan organ janin, termasuk otak. Protein juga berperan dalam meningkatkan suplai darah ibu dan membantu pertumbuhan jaringan rahim selama kehamilan.

Protein dalam biji chia membantu ibu hamil merasa kenyang, mengurangi risiko keinginan makanan yang tidak sehat, berlemak, atau bergula. Nutrisi biji chia sebesar 4,7 gram protein per dua sendok makan yang disajikan sesuai dengan USDA.

3. Meredakan Kram Kaki

manfaat chia seed untuk ibu hamil

Foto: parenting.firstcry.com

Manfaat chia seed untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meredakan kram kaki. Kram, terutama di kaki, sering terjadi selama kehamilan dan dapat menyebabkan kontraksi otot tak sadar yang menyakitkan yang biasanya memengaruhi betis dan kaki.

Kram kaki bisa disebabkan oleh kekurangan magnesium. Biji chia adalah sumber magnesium yang sangat baik, menawarkan 95 miligram atau 23 persen dari kebutuhan magnesium harian setiap per 2 sendok makan.

Baca Juga: 6 Manfaat Bunga Saffron untuk Ibu Hamil dan Cara Mengonsumsinya

4. Membangun Tulang yang Kuat

manfaat chia seed untuk ibu hamil

Foto: draxe.com

Manfaat chia seed untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah membangun tulang yang kuat. Jumlah kalsium yang cukup sangat penting untuk perkembangan tulang bayi dan mencegah tubuh menggunakan simpanan kalsium ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan kalsium janin.

Ibu hamil harus mengusahakan sekitar 1.000 miligram kalsium per hari, biji chia bermanfaat memiliki kandungan 179 miligram kalsium per ons.

5. Mencegah Anemia

manfaat chia seed untuk ibu hamil

Foto: babyment.com

Manfaat chia seed untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mencegah anemia. Menambahkan dua sendok makan biji chia pada sereal adalah cara mudah untuk memasukkan 2,2 miligram zat besi ke dalam makanan. Zat besi diperlukan untuk produksi sel darah merah yang sehat yang diperlukan untuk membawa oksigen yang cukup ke seluruh tubuh dan bayi.

Zat besi juga membantu mencukupi kebutuhan energi yang biasanya kurang pada trimester pertama dan ketiga.

National Institutes for Health memperingatkan bahwa asupan zat besi yang tidak cukup selama kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah, kelahiran prematur, zat besi rendah, gangguan perkembangan kognitif dan perilaku, serta kematian bayi.

6. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

manfaat chia seed untuk ibu hamil

Foto: joslin.org

Manfaat chia seed untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah menyeimbangkan kadar gula darah. Jika ibu hamil memiliki diabetes atau diabetes gestasional (diabetes selama kehamilan), maka harus berhati-hati untuk mengontrol kadar gula darah.

Glukosa darah tinggi, terutama selama trimester pertama meningkatkan risiko keguguran. Selain itu, kadar gula darah tinggi meningkatkan risiko cacat lahir, bayi lahir prematur, berat badan bayi berlebih, atau memiliki masalah pernapasan.

Konsumsi biji membantu menjaga keseimbangan gula darah Anda. Serat dalam biji chia membantu memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah dan tidak meningkatkan kadar glukosa darah.

”Gula darah tinggi membuat kehamilan berisiko, komplikasi seperti berat badan lahir tinggi, peningkatan kemungkinan kelahiran cesar, dan preeklampsia. Biji chia yang kaya serat, membantu memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah dan menjaga kadar gula darah stabil,” jelas Dr Josh Axe.

Baca Juga: 6 Manfaat Cuka Apel bagi Ibu Hamil

7. Sumber Omega 3 yang Baik

manfaat chia seed untuk ibu hamil

Foto: nuts.com

Manfaat chia seed untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah sumber omega 3 yang baik. Biji chia adalah salah satu sumber terbaik dari asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 sangat penting untuk perkembangan otak pada bayi.

Current Developments in Nutrition pada pada Oktober 2018 lalu melaporkan bahwa omega-3 dalam makanan dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Nah, banyak banget kan Moms manfaat chia seed untuk ibu hamil. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi biji chia bersamaan dengan konsumsi makanan harian Moms.

(SWN)

Artikel Terkait